Baksos steril kucing pertama di Surabaya by Surabaya Pro Steril

Setelah melepas 'jabatan' sebagai salah satu pengurus Surabaya Animal Care Community(SACC), dikarenakan kesibukan dan ketidakadanya ijin dari suami, saya dan teman-teman sesama cat lover membentuk komunitas baru Surabaya Pro Steril (SPS). Disini kami lebih bergerak untuk mensosialisasikan tentang program steril hewan peliharaan. Dimana saya pribadi sangat concern dengan hal ini sejak masih tergabung di komunitas SACC.

Mencari teman yang pro steril itu lebih mudah dibanding mencari tenaga medis/dokter hewan yang pro steril dan mau diajak baksos dengan harga terjangkau. Padahal imbasnya ke pekerjaan mereka sangat banyak, salah satunya bisa mendatangkan banyak pasien. Meski disisi lain pengadaan baksos steril hewan ini untuk dokter hewan adalah hal yang melelahkan karena memegang banyak pasien dalam satu hari dan dengan bayaran yang seoerti tarif umumnya. Ya itulah namanya kegiatan sosial, dan tidak banyak yang mau diajak bekerja sedikit sosial, tidak benar-benar sosial 100%.

Namun awal Desember yang lalu kami teman-teman SPS Alhamdulillah bisa bekerja sama dengan dinas pertanian Surabaya untuk mengadakan bakti sosial steril kucing dengan quota 30 ekor dengan biaya yang sangat murah, yakni Rp. 65.000/jantan dan Rp. 85.000/betina. Dan quotanya penuh bahkan lebih dari 30 ekor dikarenakan tingginya minat warga Surabaya dan baru pertama diadakan. Disini SPS dibantu obat-obatan dan tenaga dokter hewan sebanyak 9 orang oleh Dinas Pertanian. Acara kami bisa dikatakan sangat sukses sekali, sukses diselenggarakan dan juga sukses karena semua peserta steril tidak ada yang bermasalah dengan operasinya.

Kami Surabaya Pro Steril berharap ada pihak-pihak yang bersedia bekerja sama dengan kami untuk mengadakan bakti sosial rutinan di Surabaya ini untuk menjembatani para pemilik hewan khususnya kucing dan anjing yang pro steril namun terbatas dipembiayaan. Jika ada temen-temen yang mempunyai info dokter hewan yang berkenan mengadakan baksos steil dengan harga terjangkau bisa menghubungi saya yah :). Atau bisa menginfokan di fanpages Surabaya Pro Steril Disini. Makasih :)

image by Surabaya Pro Steril

10 komentar:

  1. Wah ini gunanya biar para kucing gak beranak pinak dengan liarnya begitu ya?

    Wah kalau ini diterapkan sampe ke desa2 yg tingkat "ngingoni"nya rendah, koyoke asyik banget.

    Aku miris kalau lihat kucing sing konangan nyolong gerih trus dibandem watu kenek sikile sampe dingklang.

    Mungkin bisa dikurangi jumlah kucing yg menderita dengan program steril ini kali yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap,thats right!! awal muasalnya kan karena over populasi makanya sampe ada kucing2 kleleran dijalanan, makanya steril is a must. cegah overpopulasi....steril gak bikin populasi kucing anjing habis didunia ini kok, kita sebagai manusia yang sudah mendomestikasi kucing sebagai binatang peliharaan sebaiknya juga memperhatikan kebutuhan dan kesehatannya. Kalo berfikir punya banyak kucing itu membebani, mbok yah mulai sadar steril biar gak buang2 kucing di pasar dan jalanan yang nasibnya tidak selalu berakhir indah.

      Hapus
  2. Halo surabaya pro steril bulan september apakah ada baksos?

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. steril itu seperti apa ya?
    Apakah mencegah kucing agar tidak birahi & kawin ? atau kucing masih bisa birahi & kawin tapi tidak akan hamil?

    klo ada baksos lagi infonya bisa dilihat dimana ? mungkin aja laen kali bisa daftar

    BalasHapus
  4. mencegah kucing beranak pinak, masih bisa kawin kok tapi tidak bisa membuahi, jadi tidak ada naluri biologisnya yang hilang. Info bisa dilihat di fanpages SPS https://www.facebook.com/SProsteril

    BalasHapus
  5. Aku mau nanya lokasinya di mana ya, soalnya kucingku banya
    K mau di buang sayang jd mau di steril brp biayanya ya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Surabaya bisa saya rekomendasikan ke klinik hewan univ. wijaya kusuma dgn drh. Desty steril betina Rp. 300.000,- per ekor.

      Hapus
  6. Mau nanya steril yg murah di mana ya dan kena biaya brp soalnya kucing sy banyak jd mau di steril biar ngak nambah terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari universitas yg ada kedokteran hewannya mas biasanya harganya jauh lbh murah drpd di klinik dokter hewan.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>