Tips dan cara mengempeskan kapas dakron/silicon

Saat menerima orderan bikin pet bed beberapa waktu yang lalu, bingung banget dengan packagingnya. Karena volume dakron yang mengembang sempurna tapi massanya enteng, jadinya waktu di ekspedisi kena tarif volume deeeh. Sungguh enggak sumbut berat dengan biayanya, tapi ya begitulah kebijakannya.

Mulai stress deh, ini mau buka orderan untuk kasur hewan apa enggak kalo pengirimannya model seperti ini. Akhirnya nanya sana sini ke temen, soale kan saya lihat kalo lagi beli bantal tuh belinya ceper gitu kemasannya, begitu dibuka kemasan langsung deh mlendung. Saya berfikir masa iya saya harus beli alat untuk ngempesin kapas supaya bisa menerima orderan kasur hewan??!!.

Akhirnya obrolan sama temen mendapatkan solusi, obrolan yang ngalor ngidul berujung solusi hehehhe. Akhirnya seorang temen menyarankan untuk nyoba pakai vaccum cleaner untuk menyedot udara dalam dakron untuk pengiriman. Dikasih tips-tipsnya seperti ini:
- Pertama masukkan dakron dalam kemasan plastik(kedap udara)
- Tutup kemasan lalu sisakan sedikit lubang untuk masuknya selang vaccum cleaner
- Setelah semua udara dalam kemasan berkurang dan dakron menjadi kempes, cepet-cepet tutup kemasannya karena udara cepet banget mengembangkan dakron ini kalo gak ditutup

image by me
 Dan well done!! Masalah saya punya solusi deh sekarang, dan akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka order untuk menjahit kasur hewan/pet bed lagi. Ayo siapa yang mau jahitkan kasur untuk hewan kesayangannya dengan model sesuai selera, boleh hubungi saya DISINI yak #edisipromosi ^_^.

DIY Tutorial membuat kasur kucing/anjing

Kasur untuk hewan seperti kucing dan anjing memang lucu-lucu kalo beli, tapi kebanyakan ada mahal. Gimana kalau kita bikin sendiri saja hehhehhe. Menjahit kasur/pet bed/pet cushion untuk hewan peliharaan kita yang sudah menjadi anggota keluarga memang menyenangkan. Karena mereka memang setengah hidupnya untuk tidur, jadi model apapun yang kita bikin pasti kepake deh sama kucing atau anjingnya tidur.

Saya pun pernah membuat kasur untuk kucing saya sendiri dan juga melayani custom order untuk di jahitkan, bisa dilihat DISINI, DISINI , dan DISINI.

Saya tuh memang gak pinter nulis tutorial, jadi kadang saya comotin saja dari artikel-artikel temuan dari Google. Yang penting saya bisa berbagi dan teman-teman pembaca yang memerlukannya bisa mendapat ilmunya. Jadi maaf kalo kadang mumetisasi tulisan tutorial di blog ini hhehehehehe.

Tutorial membuat kasur hewan ini saya comot dari beberapa website, semoga berguna dan membantu kegalauan teman-teman yang ingin membuat kasur untuk anjing dan kucingnya masing-masing ya.

Bahan yang biasa digunakan untuk kasur hewan:
- Kain cotton, Kain Bulu, Kain handuk
- Kapas Dakron, Kapas Silicon
- Busa / Spons

Ukuran pet bed


DIY Tutorial membuat kasur kucing/anjing 




Sumber gambar: Pinterest

Selamat mencoba dan semoga berhasil yak ^_^.

Pola baju kucing (anjing) free download

Baju kucing sebenarnya mudah dibuat, cuma kadang beberapa orang tidak bisa membayangkan bentuk polanya. Soalnya hampir mirip dengan baju bayi cuma bagian depan lebih tinggi, fungsinya biar gak terinjak atau menghalangi langkah sang kucing saat berjalan.

Beberapa kali saya pernah bikin baju kucing, cuma ada beberapa komenter yang mengemail menanyakan pola baju kucing (dan bisa untuk anjing juga). Postingan tentang membuat baju kucing bisa di cek DISINI dan DISINI.

File pola baju kucing (anjing) dalam bentuk PDF yak, bisa langsung didownload dan di print di kertas A4 dan langsung dijiplak di kain. Kalo ukurannya kurang besar bisa di besarin sendiri dengan menambah ukuran (dilebarkan). Pola baju kucing (anjing) yang saya bagi ini merupakan ukuran standart kucing, kalo kucing temen-temen ukurannya tidak biasa (gemuk atau besar mungkin) bisa di besarkan dengan memodifikasinya. Pola baju kucing ini merupakan pola dasar, model apapun bisa masuk kok, asal pinter-pinter berkreasi saja kitanya.

Cara mengukur badan kucing dan anjing:


Oke, selamat mencoba yak!!

Pola baju kucing (anjing) bisa di DOWNLOAD DISINI.

Bakmi Jogja di Surabaya

Surabaya sekarang lagi dingin bingits, sepanjang hari nayris mendung dan gerimis. Suasana yang kayak gini nih yang bikin gagal kurus, bawaannya pingin ngunyah dan gampang banget bobok dijam berapapun. Penghujan = rasa malas datang hahahahhah.

Sudah sebulan ini saya anti nasi, Alhamdulillah tidak terjadi apapun tuh hehhe. Apa saya berusaha diet?? Oh tidaaaaakkk!! Susah sekali untuk menurunkan berat badan dan bentuk badan buat saya. Olahraga ajur-ajuran sudah, diet mengurangi makanan sudah. Ya sudahlah...sudah waktunya menerima keadaan seperti ini, besar dan  melebar. Hehehehhehe

Mendung dan hujan sepanjang hari bikin saya memikirkan bakmi Jogja langganan saya. Kebayang irisan ayamnya, irisan cabenyaaa......wuiiihhhhhh langsung ngeceessssss!! Apalagi kalo ditambah tengklengnya....syedaaaaaaphhh!!

Dideket rumah ada penjual bakmi Jogja, kayak warung makan gitu dengan suasana Jogja dan juga pelayannya berbahasa jawa alus. Maknyesss gitu kalo di Surabaya ada suasanan kayak gitu hehehhe. Nama tempatnya Bakmi Jogja dan Sate Klathak, letaknya di Jl. Adityawarman Surabaya. Per porsinya lumayan mahal menurut saya, tapi kok ya sering banget njajan disitu ya udah tau mahal hahahaha. Kalo gak salah inget Rp. 20.000/porsi. Menunya banyak dan serba Jogja, minumannya juga khas Jogja banget.

image by me
Duh makin dibayangin perut saya makin meronta-ronta.....minum susu aja deh biar kenyang xixixixix. #sambilngilerdipojokanmbayanginbakmi ^_^

Sepeda Polygon Sierra Lite orange

Polygon sierra lite orange ini sudah saya pingin dari sebulan ini. Sebelumnya saya googling banyak brand dan warna juga ketangguhan. Dan sempat berkonsultasi dengan teman yang lebih ngerti tentang sepeda, lalu saya menjatuhkan pilihan ke 2 brand yaitu Polygon Sierra dan United bike Pattago. Saya diskusikan deh 2 pilihan saya itu ke temen saya. Setelah mendapat banyak info akhirnya sayapun menjatuhkan pilihan ke Polygon Sierra Lite dengan warna yang ra umum, orange! Yess! hahahahah

Akhirnya saya kunci deh pilihan yang sudah saya tetapkan tadi dan berusaha stop googling lagi. Selanjutnya memikirkan harganya dan bagaimana membelinya. Karena pingin banget tapi enggak punya cukup uang, ada sih sebenarnya tapi lebih berat untuk kebutuhan jahit menjahit hehehhe. Akhirnya saya putuskan menjual salah satu smartphone saya yang aslinya saya sudah bosan karena lagi kegandrungan android. Padahal cantik lho smartphonenya warna soft pink dengan brand Blackberry Bold Bellagio 9790. Pemakaianpun tidak lama dan masih bergaransi. Alhamdulillah setelah saya iklankan sana sini, dan meladeni penawar yang pada sadis. Dengan jualan santai saya jadi lebih bijak memilih pembeli, dan Alhamdulillah smartphone saya ada yang beli dengan harga yang tertera persis di iklan saya, dan gak mau menawar karena dia sudah nyari smartphone ini katanya agak limited edition.

Ya ya ya!! Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sesuai yang saya mau. Kalau semua tidak grusah grusuh akan berakhir dengan yang kita harapkan lho, Trust in God always pokoknya!!. Sebelumnya sih saya berusaha menjual kembali di tempat saat saya beli yang kebetulan teman suami sendiri, tapi alangkah shocknya harganya setengahnya dari harga yang saya iklan kan. Sempet shock,mrengut dan nesu-nesu sendiri. Akhirnya dijual santai sajalah sesuai dengan perintah suami, dan well done!! hehehhe

Kembali ke Polygon Sierra ya! Setelah beberapa hari dari menjual smartphone saya tadi masih iseng mau survey-survey ke Roda Link Jl. HR Muhammad Surabaya yang kebetulan dekat dari rumah. Niatan hati cuma iseng ke toko eh malah bertransaksi, ya udah deh jadilah saya beli sekalian. Eh tepatnya dibelikan suami ding, gak jadi pake duit hasil penjualan tadi, malah di gesekkanlah si debit suami. Makasih ya honey!!! Dan duit penjualan smartphone tadi saya buat modal jahit-menjahit lagi deh jadinya hehehhe.

Setelah beli saya gak mau bawa sendiri kerumah dengan menggowesnya, plisss deh Jl.HR Muhammad hingga rumah itu kawasan lalu lintas padat dan super  ngebut, ngepirrr duluan saya hehehhhe. Ditambah sepeda baru, belum ngeblend dan belum ada chemistrynya dengan badan saya. Ternyata dari pihak Roda Link bisa mengantar hingga alamat rumah dan menggratiskan biayanya pula,suweeeeeneeeeng pwol saya. Besoknya sepeda saya sudah tenguk-tenguk dirumah, dan langsung di coba suami. Setelah itu saya minta ditempelin stiker dulu sepeda saya, soale saya suka dengan stiker-stiker. Mesin jahit dan laptoppun saya tempelin stiker-stiker, biar norak tapi semua bikin saya semangat dan happy lho :).
image by me
Inilah sepeda keren saya Polygon Sierra Lite warna Orange, belinya di Roda Link Jl. HR Muhammad Surabaya, Harganya Rp. 1.745.000,- trus free ongkir, bisa beli online juga. Trus saya juga menambahkan rantai pengunci, tidak include sih, beli sendiri. Okay!! sekarang siap dibuat gowes gowes sama kucing saya si Tobby heheheheh. Dan juga pingin tiap minggunya ke Car Free Day di Jl. Raya Darmo Surabaya biar ada alasan bangun pagi gitu deh.

Oh ya si Tobby sukabanget lho dimasukin keranjangnya, dia tenang dan cuek dan gak nampak ketakutan sama sekali. Enjoy ya Tobby!! Saya memilih sepeda berkeranjang dikarenakan biar bisa buat belanja-belanja juga selain buat jalan-jalan sama Tobby juga heheheh. Seneng deeeeh punya sepeda baru, yessss!!
image by me



Yaaaay!! Finally.....Arva Annual Show 2014

Arva annual show 2014 memang sudah sangat saya tunggu-tunggu, soalnya disitu ada baju saya yang diperagakan. Yap!! baju tersebut merupakan final project saya selama kursus short course di Arva School of fashion yang berakhir sejak Agustus 2014 yang lalu.

Meski tidak seperti program Arva yang lain seperti program fashion designer dan pattern making sewing, tapi sudah sangat bangga baju saya bisa dilihat orang di suatu peragaan busana. Sumpaaaah deh saya sangat bangga.Seneng banget Arva sudah memberi kesempatan siswa short coursenya untuk ikutan annual show. Meski cuma satu baju yang saya buat tapi seneng dehhhhh sumpaaaaahhhh!!

Sayang karena happy menyaksikan baju saya di peragakan, saya lupa memfoto tapi hanya memvideokannya ixiixixixi. Jadinya ini saya setel berulang-ulang saking bangganya. Nih saya kasih lihat screenshotnya jika penasaran *lho* hahahhaha. Gak ding...ini sekedar menshare kebanggaan atas prestasi sendiri saja kok. Seneng udah bisa bikin baju yang cantik :).

image by me
Hihihihi itu baju saya yang saya lingkarin, iyah beneran!! Ini judulnya coctail dress temanya midas touch dan modelnya one shoulder. Baju ini saya buat dengan kain roberto cavalli dengan aplikasi manis dari lace chantilly. Seneng deh sama guru saya selama kursus, orangnya cekatan, dan mau menjawab semua pertanyaan bahkan diluar materi kursus. Makanya setelah ini saya masih pingin ambil program lagi di Arva School of Fashion biar bisa bikin baju yang cantik-cantik. Tapi nunggu tahun depan saja, karena masih banyak kesibukan yang dikerjakan hehehhe.

Ini ada foto-foto lain dari kemeriahan acara annual shownya Arva school of fashion tanggal 22 November 2014 Pukul 18.00 - 22.00 wib bertempat di Dyandra convention center Gramedia Expo Jl. Basuki Rahmad Surabaya. Dan saya membeli dengan tiket reguler seharga Rp. 100.000,- jadinya duduknya di row 7 kebelakang deeeh....gak papa sih masih kelihatan banget kok :).

image by me

Orderan pet bed/pet cuddle/pet cushion/kasur anjing/kasur kucing

Alhamdulillah wa syukurilah!! Setelah beberapa kali trial error, dateng juga custom order menjahit kasur hewan dalam jumlah lumayan banyak. Seneng??pasti donk!!. Trial error terus deh saya kalo nerima orderan, soale...tau sendiri jam terbang saya belum banyak di dunia jahit menjahit. Meski kursus jahit tapi saya belum maksimal banget dibidang jahit menjahit. Masih perlu diasah terus.

Seneng juga nerima orderan yang sekaligus tantangan buat saya. Jadi kadang saya gak terfikir mau bikin apa gitu, dari permintaan dari customer, saat itulah saya mulai belajar hal baru. Thanks a alot customer.

image by me

image by me

Menjahit tas dengan aplikasi flanel menggunakan bordir mesin jahit portabel

Menjahit tas sendiri menyenangkan lho! Sejak saya bisa jahit tas, saya pingin bikin model ini itu an, selalu saya upgrade terus tas saya dengan asesoris tambahan yang menurut saya menarik. Meskipun saya belum punya ciri khas untuk tas buatan saya, tapi saya happy kalo lagi jahit tas.

Menjahit bajupun bikin saya hepi, lebih hepi jahit baju sih sebenarnya, karena keperluan dan alatnya tidak sebanyak jahit tas.Tapi secara hasil saya lebih puas jahit tas, karena kalo baju kan memang selain harus bagus juga nyaman di badan. Nah itu yang saya belum sreg, meskipun udah punya customer setia :D.

Akhir-akhir ini saya mendapat pesanan tas tote menggunakan gambar hewan. Sebelumnya sih saya udah menjahit tas dengan aplikasi gambar hewan, tapi saya bikinnya pake kain katun sisa perca. Nah yang barusan ini saya bikin dari kain flanel biar tidak bertiras (mbrudul). Sebenarnya dari kain katun biasa juga gak mbrudul sih, asal nge-guntingnya dengan arah menyerong.

Pertama saya akan berbagi tentang cara membuat aplikasi hewan di kain flanel CARA SAYA SENDIRI ^_^. Caranya, pertama googling dulu gambar siluet hewan di internet. Abaikan saja soal watermark karena kita butuh bentuknya saja. Biasanya gambar di internet yang di watermark desainnya unik-unik heheheheheh *seeeee.....Im so cheating*.  Buka ms word untuk mengatur ukuran yang kita mau, kenapa ms word?karena kita ukurannya printnya mengikuti kertas. Silakan di tarik-tarik. di resize (apapun namanya deh) sampai ketemu ukuran yang kita mau...misal gambar yang kita  mau itu seukuran kertas A4 atau separonya ya tinggal di sesuaikan saja. Kalau ukurannya melebihi A4 ya nanti waktu selesai diprint, kita tinggal gabungkan dengan selotip (it's so easy)....gak usah ragu-ragu dengan ukuran. Setelah sudah mengedit-edit ukuran yang kita mau, silakan di print.

Setelah gambar selesai di print, gunting sesuai bentuknya. Lalu blat dikain flanel atau kain yang ingin di buat aplikasinya. Tempel lalu gambar mengikuti bentuk kertas dengan menggunakan spidol. Saya lebih suka menggunakan spidol karena ujungnya lancip dan gampang menempel dikain, jadi bisa mempercepat kerja saya. Tips: kadang kalo menggunakan spidol akan membekas tintanya, gampang!! balik gambar pada kertas tadi saat di blat dikain, jadi nanti kain yg kena spidol akan jadi bagian belakang yang tertindas jahitan, jadi bentuk hewannya akan sesuai dengan yang kita mau. Logikanya seperti kalo kita akan menyablon gitu, kan pasti pake me-mirrorkan object. Jadi yang terlihat nanti adalah bagian yang bagus(bagian depannya). Oke,mengerti?? Semoga paham deh maksud saya xixixixixixix. Ada sih spidol khusus kain kalo mau ribet dikit untuk membelinya, dia akan hilang saat kena angin ataupun air.

Setelah gambar selesai di blat dikain, kain yang sudah bergambar siap di gunting sesuai bentuk, selanjutnya saya sebut aplikasi flanel. Nah aplikasi flanel yang sudah digunting, selanjutnya di tempel dengan viselin dengan cara di pressing dengan setrika panas, viselin berperekat ini fungsinya sebagai stabilizer. Saya lebih suka viselin yang agak tebel (bukan yang tebal) sih karena aplikasinya jadi bagus dan datar. Kenapa saya menggunakan viselin, padahal tanpa viselin juga bisa. Itu karena saya jahit bordirnya dengan mesin jahit, bukan dengan jahitan feston dengan tangan, jadi jika tidak ada stabilizernya (viselin dan semacamnya), aplikasinya jadi berkerut dan jelek pake BINGIIIIIITTTTTSSSSS.

aplikasi flanel yang sedang saya tempel di viselin
Jadi ya, intinya kalo mau jahitan rapat (spasi 0-0,5) harus di kasih stabilizer (pelapis/interlining), jika tidak akan berkerut tidak karu-karuan. Letaknya sih terserah, mau di bawah aplikasi ataupun dibawah kain. Tukang bordir profesional biasanya stabilizernya di bawah kain dan mereka pakai yg tidak berperekat.

Nah setelah aplikasi flanel sudah di tempel dengan viselin, selanjutnya rapikan sesuai bentuknya. Setelah itu siap ditempel ke bahan yang ingin diberi aplikasi, semisal tas dan bantal sofa dll. DAN LAGI-LAGI ini CARA SAYA SENDIRI ya.....saat menempel ke kainnya saya paka lem latex (bisa lem kain/perekat textil/double tape), tujuan saya sih agar tidak bergerak sama sekali dan tata letaknya presisi seperti yang sudah saya tentukan. Tapi step pengeleman ini bisa di skip kok, hanya disemat pake jarum pentul aja juga bisa, biar lebih  hemat waktu dan tenaga. Silakan dipilih saja 2 cara ini tergantung enaknya yang mana, saya sih udah nyoba keduanya dan untuk saya pribadi saya seneng cara yang ribet, karena selanjutnya kegiatan membordirnya saya jadi gampang dan bisa dikebut :).

Nah jika beberapa step diatas sudah di lakukan, udah deh siap aja untuk di bordir. Nah istilah bordir ini hanya istilah saya sendiri lho ya. Karena sebenarnya hasilnya beda dengan bordir sebenarnya. Menjahit rapat pada sisi pinggir aplikasi flanel ke bahan ini yang suka saya bilang BORDIR APLIKASI. Miriip miriiip kok hasilnya, tapi kalo dipelototin ya tetep beda ahahahahahahahah #gajelasdeh.

Saat membordir (lihat penjelasan diatas) stel dahulu mesin jahitnya : Pilih jenis stitchnya  zig zag, lalu jarak jahitan 0,5 agar jahitan tetap rapat dan bisa berjalan(gerak). Jarak 0 juga bisa sama-sama rapat tapi dia tidak bergerak, kain akan diam ditempat jadi tangan harus narik kainnya. Dan aplikasi siap dijahit pada sisi-sisinya....jika mahir bisa juga garis-garis dalamnya jika diperlukan (sesuai desain gambarnya sih). Untuk pemula pelan-pelan saja nginjek dinamo mesinnya, apalagi kalo bentuknya melingkar-lingkar, tapi kalo udah sering jahit bisa deh gaspol biar cepet selesai hehehehhehe. 

Kalo jahit satu biji sih oke di elus-elus aja ngejahitnya...lha kalo kayak project terbaru saya ya gempor kalo pelan-pelan, gak selesai-selesai, udah ditunggu customer #eceiyeeeeeee :P. Dan taraaaaaaaaaaaaa!! ini dia jahitan tas tote saya dengan aplikasi flanel dan dijahit bordir dengan mesin jahit portabel. Gak kalah dengan bordir beneran kaaaaaan *iya in aja deh* hihiih
image by me
Sebelum saya menemukan cara ini saya seringnya lari ke pihak ketiga untuk sekedar menjahit aplikasinya, yaitu ke tukang bordir. Lumayan deh jahit doang per aplikasi 10-15rb dididididididihhhh. Makanya saya googling dan melototin serta trial error juga, akhirnya saya putusin untuk membordirnya sendiri. Udah gitu kalo dibawa ke tukang bordir itu suka gak tepat waktu, bisa seminggu...sebulan lalu lupaaaaaaaaaaaa *sering banget ngalamin ini*. Keburu dimarahin customer kalo terus-terusan kerjanya seperti itu.

Buat yang udah profesional....forget deh pernah baca postingan ini. Postingan ini hanya untuk pemula...kayak SAYA hehehehe ^_^. Selamat mencoba  dan selamat berkarya yaaaaa, Ganbattee!!



Pet bed atau kasur hewan atau sofa hewan

Saya beberapa waktu yang lalu bikin pet bed atau kasur hewan atau sofa hewan lagi lho, sebelumnya saya udah pernah bikin sih tapi modelnya sangat sederhana dan mudah dibuat, bisa dibuka di postingan saya yang judulnya Membuat kasur kucing/anjing sendiri.

Pet bed yang sekarang saya bikin ini hasil pegang-pegang tiap ke Ace hardware hahahahaha. Jadi kadang saya suka ngeliatin dan  megang-megang  barang yang ingin saya jahit sendiri kalau lagi window shopping di mall hahahaha. baru deh kalo udah paham saya googling gambar-gambarnya dan juga step-stepnya *kalau ada*, setelah itu baru pede jahitnya.

Dan taraaaaaaaa!! inilah kasur untuk kucing saya dan untuk anjing punya temen, lucuuuu  kaaaaaan???!!.


image by me
Dan saya open order untuk pembuatan pet bed ini jika ada teman-teman yang membutuhkan. Kasur ini berbahan kain katun, sisi-sisinya lapis dengan busa spons dan alasnya pakai dakron yang terpisah. Saya membuat mulai diameter 40cm,50cm,60cm. Harga mulai dari Rp.160.000,-. Saya tidak berani membuat diatas diameter diatas karena alasan ekspedisi pengiriman. Pernah saya dapat orderan pet bed diatas diameter 60cm dengan dakron 1,5kg ongkosnya bisa 4x lipat dari beratnya karena kena harga volume. Dan itu biayanya bisa setengah harga kasur yang saya buat jadi kasihan pembelinya.
*** SEMENTARA CLOSED ORDER YAK ***

Resep sate enak manis dan lezat

Sate ayam, sapi dan kambing sebenarnya saya tidak begitu suka karena ya itu judulnya cemilan bukan makanan, tidak mengenyangkan jadi jarang banget jajan ixixixi. Saya lebih suka penyetan-penyetan ikan gitu deh....lebih ngabisin nasi banget. Tapi beberapa waktu yang lalu jadi suka banget sama sate lho saya. Itu berawal ketika idul adha,di rumah mertua dapat pembagian daging dan karena terlalu banyak, jadi dibagi kerumah kami juga.

Saking banyaknya, itu daging bingung mau dimasak apa lagi. Sampai akhirnya dibikin sate saja tiap hari. Nah karena tiap hari ini jadinya seperti bereksperiment bikin resep. Oh kalo begini gak enak ,kalo dibeginiin kok enak yah. Akhirnya saya pede deh bikin resep sate daging disini hasil trial error dengan suami. Saya yang potong dan masukin ke tusuk sate dan suami yang membakarnya, jadi ini project kolaborasi gitu deh :).

image by me

Resep membuat sate enak manis dan lezat:
1. Daging jangan sampai terkena air (jangan dicuci), karena kalau terkena air daging untuk sate bisa jadi agak bau dan amis
2. Kalau membuat sate harus ada gajih, karena gajih diperlukan untuk melumeri daging saat di bakar, jadi semacam jadi pelumas yang bisa membantu mematangkan daging gitu deh. Kalau tidak pakai gajih, sate jadi keset dan kadang tidak terlalu empuk.
3. Potong daging searah serat, karena kalo serat melintang akan mengunci daging jadinya saat dibakar antar serat jadi mengikat dan hasilnya ngaret/keras saat dimakan. Jadi saat memotong sebaiknya searah serat (jangan melawan serat) dan memanjang tipis-tipis saja.
4. Susun daging dalam tusuk sate dengan urutan daging-gajih-daging, atau kalo ditambah hati ya silakan, asal gajih berada ditengah agar saat dibakar bisa lumer ke daging bagian bawah dan atas.
5. Setelah daging selesai disusun, tambahkan kecap asin sedikit aja, kalo kebanyakan asli gak wheeenaaaakkk...kira-kira sesendok, nah ini saya pake kecap Raja Rasa. Trus juga tambahkan kecap manis seperlunya, kalo saya sih suka banyak, kira-kira 4 sdm atau sesuai selera, untuk kecap manis saya setia dengan kecap Bango karena kental dan manis.
6. Setelah selesai dilumerin kecap, siap dibakar, bakar setengah matang lalu olesin kecap yang nyisa di piring sebelumnya lalu panggang kembali hingga matang
7. Matang bisa langsung dimakan tanpa ditambah seasoning lagi sudah enak, kalo mau ya di tambah irisan cabe dan bawang juga kecap. Tapi begini saja menurut saya sudah enak dan manis dagingnya dan gak keras meski udah dalam keadaan dingin memakannya.

Tips membuat sate enak manis dan lezat:
- Pakai arang batok ya biar cepet jadi baranya dan asepnya bagus, ditempat saya satu kresek sekitar 1kg harganya Rp. 5000,-
- Cemplungin seiris gajih kedalam bara arang untuk membuat asap dan aroma harum daging
- Kalo nusukin daging ujungnya sisakan ya, jangan tertutup daging biar saat memanggangnya dagingnya gak jatuh kedalam pemanggang

Selamat mencoba :)

Kursus sablon di Tristar Surabaya

Kursus sablon memang salah satu keinginan saya dari lama. Baru terlaksana karena baru mendapat info tempat kursus di Surabaya dan juga baru dapat ijin dari suami *untuk mendanai* heheheheh. Kenapa sih saya perempuan ini kok berminat dengan kursus sablon?? Alasannya karena saya pingin bikin tas dengan sablon dengan design suka-suka sayaaaa :p.

Akhirnya tanggal 8 Oktober kemarin saya ikutan kursus sablon di Tristar Surabaya, yang tempatnya di TEC (Tunjungan Elektronik Center) dulu namanya Siola. Untuk bisa ikutan kursus ini kita perlu membooking duluan dengan mentransfer sejumlah uang sebagai biaya kursus (tidak boleh bayar on the spot) Rp.500.00,-. Dapat makan , minum dan sertifikat lhoooo. Kursusnya sendiri berlangsung seharian (11.00 - 16.30) lumayan lama tapi tidak terasa, bahkan menurut saya masih kurang waktunya :) #maruk.

Waktu itu yang kursus cuma 2 orang, saya dan mas2 gitu + ada 2 anak SMU yang lagi magang. Lumayan jelas sih penjelasannya, dipraktekin juga oleh mentornya. Sayang hanya sablon satu warna saja yang di praktekin, yang dua warna dan pecah warna banyak gak dipraktekin.

Berikutnya adalah saya pingin bikin dua meja (atau beberapa meja yah??!!) untuk mempraktekkan hasil kursus saya, nti kalo kelamaan keburu lupaaaa. Tapi ya gitu deh belum dapat ijin dari suami. Pertama waktu minta ijin ikutan kursus aja, blionya takut aku minta peralatanya, ternyata beneran, abis ikut kursus makin menggebu-gebu ingin punya semua perlengkapannya hhihihihii.

Doain saya dapet ijin lagi ya kali ini...plisss plisss!!

image by me

Tas handmade pesenan untuk Surabaya Animal Care Community

Tas handmade sebenernya bagus lho....limited edition gitu. Karena saat kita memilih produk handmade, disitu kita telah menghargai kerja manusia (bukan mesin apalagi robot). Jadi didalam produk handmade itu selalu ada 'cacat' yang tidak ditemukan diproduk massal, ada pemikiran dan karya disitu serta ada kepuasaan saat di apresiasi. Produk handmade nilainya lebih dari sekedar proses jual beli, tapi disitu ada diskusi, ada pertemanan #menurutsaya sih.

Alhamdulilla saya mendapatkan orderan yang lumayan banyak dari teman dan semua hasilnya dijadikan merchandise untuk serahkan sebagai donasi ke Surabaya Animal Care Community (SACC). Ada tas, petbed, baju dll.  Saya sangat bersyukur sekali meski jahitan masih gak rapi, tapi masih aja punya customer yang repeat order2,3,4 kali.....Alhamdulillah.














Pesanan-pesanan ini sebenarnya dari salah satu donatur dari Surabaya Animal Care Community (SACC) untuk dijual sebagai merchandise dan selanjutnya 100% hasil penjualan untuk SACC. Mulia sekali yah ^_^. Jadi beliu mengdrop banyak kain ke saya untuk semua dijadikan sesuatu yang bisa dijual, Alhamdulillah laku!!...semoga bisa membantu teman-teman kaki 4 yang membutuhkan dana untuk kelangsungan hidup selama di shelter.

Makasih untuk repeat ordernya :)...maaf menunggu sangat lama, maklum masih amatiran dan dikerjakan sendiri ^_^. Teman-teman yang ingin bikin tas kayak begini bisa lho kontak saya :). #bukanmodus ^_^

DIY PU Leather (kulit imitasi) untuk handle tas

PU Leather adalah salah satu sebutan untuk kulit imitas yang sedikit tebal. Penjelasan lebih lengkap tentang macam-macam kulit sintetis bisa dilihat di postingan INI. Saya kenal sebutan ini pun setelah banyak belajar menjahit tas. Sebelumnya tali-tali tas yang saya buat biasanya saya jahit dari kain lalu dibuat tali, setelah itu bosen karena memakan waktu, saya beralih ke tali webbing yang lebih praktis dan murah seperti ini:
image by Wikipedia

Lalu saya lihat-lihat tas handmade yang ada udah mulai banyak menggunakan handle kulit, akhirnya iman saya goyah juga hihihihihi. Kepingin juga pake handle dari kulit (imitasi), banyak sih yang jual tapi kok mahal (menurut saya sih). Akhirnya suatu saat saya janjian sama temen-temen kursus menjahit saya untuk berburu keperluan tas di pusatnya di Jl. Kramatgantung, Surabaya,

Fyi, saya berhasil 'menulari' temen-temen di tempat kursus untuk belajar menjahit selain baju, yaitu tas handmade. Hihihihi mereka rupanya ada ketertarikan juga, seneng deh jadi banyak temen untuk sharing.

Oke, akhirnya dengan didorong keinginan yang sangat kuat, karena kalo harus beli handle-handle berbahan kulit imitasi ini saya tidak bisa menekan pengeluaran dan harga jual untuk produk tas handmade jahitan saya. Jadilah mau tidak mau kalau saya tetap ingin pake' handle-handle kulit untuk tas saya, saya wajib mau repot dikit dengan membuat handle sendiri.

Daaaaaan, saya menemukan kulit imitasi yang sering disebut PU Leather dikalangan dunia crafter. Harganya murah, dengan lebar 130cm. Dan belinya di Jl. Kramatgantung, Surabaya. Tidak terlalu sulit menemukan toko yang  menjual kulit imitasi disana. Karena hampir tiap toko menjual kulit imitasi dan keperluan sandal sepatu juga tas. Kulit sapi aslipun ada disana.

image by me

Sementara saya hanya membeli 2 warna dan masing-masing saya beli 1 meteran. Soalnya saya kan baru nih main-main kulit imitasi gini jadi masih belajar. Dan dalam 1 meter kulit saya bisa mendapatkan 40-50 helai tali untuk dibuat handle tas dengan ukuran 1cm,2cm,2,5cm dan 3cm. Itupun masih sisa sekitar 20cm yang saya buat untuk plong-plongan bentuk bunga sebagai pemanis tas. Soalnya capek juga motonginnya hihihih.

image by me
Diatas itu alat-alat yang sementara saya gunakan untuk mengolah PU Leather hingga menjadi handle tas yang saya inginkan. Buat yang ingin membuat sendiri tali tas(handle) dari kulit imitasi PU Leather bisa menggunakan alat sederhana  berupa cutter dan penggaris besi, bolpen khusus kulit yang biasanya toko-toko kulit imitasi menjualnya,bolpen ini tinta tapi bisa dihapus dengan kain. Lalu puncher untuk melubangi kulit untuk nantinya dimasukin paku centang/rivet/keling. Selamat berkarya..... ^_^


New Gear : Mesin jahit "Singer Heavy Duty 4423" dan set sepatu jahit singer

Singer Heavy Duty 4423 adalah salah satu tipe mesin jahit heavy duty dari singer. Kenapa saya memilih tipe ini? Pertama sih karena tipe ini bisa menjahit tebal dan berlapis seperti kanvas dan semacamnya, kedua atas saran guru kursus jahit saya, ketiga karena dinamonya speednya lebih cepat dari mesin jahit portabel biasa tapi tetap lebih lambat jika dibanding dengan mesin jahit highspeed saya yang merk Typical.

Karena ketiga alasan tersebutlah akhirnya saya memilih tipe ini untuk melengkapi 4 mesin jahit saya yang sudah ada hihii #maruk yak. Keinginan sih makin menggebu karena didukung pula dengan pas rewelnya semua mesin jahit yang ada (mungkin karena jarang dipakai saat itu) #halahalibi hihihi.

Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan TARAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!

image by me
Mesin jahit Singer Heavy duty 4423 ini kelebihannya adalah : bisa menjahit bahan tebal (bukan kulit yah), speed dinamonya kalo diinjek pol bisa sangat kenceng dibanding mesin jahit portabel biasanya, lampu mesin putih (biasanya kuning) lalu untuk membuat lubang kancing cukup satu langkah (biasanya 4 langkah). Yang terpenting HARGANYA .... Saya pas beli awal Agustus 2014 sekitar Rp. 2.800.000,-. Saat beli mesin jahit inipun saya sekalian membeli sepatu setnya singer plus jarum dan spool.
image by me
Satu set sepatu jahit singer ini saya beli dengan harga Rp. 250.000 berisi sekitar 15 sepatu terdiri dari : All purpose foot (5mm), Quilting foot , Zipper foot , Hemmer foot , Overcostin foot , Cording foot , All purpose foot (7mm) , Button sewing foot , Darning foot , Blind Hem foot , Buttonhole foot , Gathering foot , Low Shank Adapter , High shank adapter , Walking foot . Dan juga disertakan DVD pengoperasiannya.

Ada juga jarum emas singer isi 10 harga Rp. 35.000,-, jarum ini ajaib! bisa menembus bahan-bahan yang susah macam spandek, kaos dll yang tidak bisa ditembus jarum jahit biasa. Jarum ini biasanya dijual hanya di penjual mesin jahit, atau bisa ke Singer terdekat. Karena tidak dijual di toko-toko jahit biasa. Lalu saya pun membeli twin needle (jarum kembar) tapi entahlah dibuat menjahit apaan, yamg penting dapet duluan hahahahha #pemborosan.

Ya udah deh, semua gear jahit menjahit saya sudah nyaris lengkap sekarang, sudah saatnya balikin modal yang sudah dikeluarkan untuk hobby ini. Alhamdulillah mulai terbuka jalannya sekarang ....teman-teman juga jangan lupa berkarya yah...Happy sewing!! ^_^

Pikaco Hilang!!

Teman-teman....kucing saya si ndut ginuk-ginuk Pikaco hilang. Padahal pagi sebelumnya masih bobok berempat sama saya dan suami. Lha kok siangnya udah gak kelihatan. Dia memang biasa keluar masuk pagar tapi pasti pulang. Dan ini gak pulang sampai saat ini.

Pikaco hilang sejak 4 Agustus 2014 di sekitarna daerah rumah saya di JL.Dukuh kupang timur Gang 18-19 Surabaya. Bagi teman-teman yang melihat ataupun menemukan, bisa menghubungi saya. Ada imbalannya kok.....thanks before.

https://www.facebook.com/pikaco.pikaco/photos_albums



Ide kreatif untuk merapikan ruang jahit kita

Memiliki ruang menjahit yang rapi mungkin idaman semua crafter, tapi sayangnya seiring sibuknya pekerjaan nge-craft kadang barang dan alat jahit kita lupa untuk dirapikan. Padahal kalo ruang jahit rapi mood kita juga akan selalu baik, kalo pemandangan rungsep, mood kita bisa-bisa layu sebelum berkembang hahahahaahha.

Tidak sengaja lagi ceklik-ceklik mouse nyari tutorial membuat tas,eeeeh nemu ide kreatif untuk merapikan ruang jahit. Sumbernya saya ambil dari sini andreasnotebook.com. Boleh dicoba dan diaplikasikan keruang jahit kita kalo sekarang masih berantakan hehehhe. Khususnya yang punya ruangan kecil, ide kreatif ini bisa sangat berguna banget. Cekidot!!








A new comer : Prince Tobby

Tobby, kucing putih dengan totol hitam dibeberapa spot dan uniknya di kepalanya juga ada warna hitam yang sekilas seperti rambut poni. Dan di dagunyapun ada totol hitam mirip jenggot hahahahha. Temen-temen saya sering bilang seperti Ahmad dhani versi kucing wkwkkw #PissmasDhani :P.

Kenapa saya menambah anggota keluarga dirumah?? Setelah sesenggukan saat nulis postingan ini beberapa waktu lalu, kenapa menambah hewan lagi dirumah??

Jadi ceritanya, si Pikaco kucing bahenol saya nan unyu-unyu bin bohay ini menunjukkan perilaku tidak lazim sebagai seekor kucing yang telah disteril. Jadi Pikaco ini tiba-tiba re-heat...alias mengalami gejala birahi lagi yang seharusnya sudah tidak muncul lagi pada kucing yang telah disteril.

Saya banyak berkonsultasi dan bertanya kepada beberapa dokter hewan yang saya kenal dan juga dokter yang melakukan steril padanya. Kondisi tersebut bisa saja terjadi jika kucing disteril saat usia dewasa dan pernah bunting, jadi memory birahinya masih ada. Nah untuk kasus Pikaco ini tidak seperti itu, belum pernah bunting dan punya anak, dan ada lendir di *maaf* v*g*nanya.

Diagnosa dari dokter sih kemungkinan ada sedikit kesalahan dalam proses operasi sterilnya. Jadi ada sedikit ovarium yang tidak terangkat (bukan sengaja ditinggalkan), solusinya ada dua minum suntik kb untuk hewan dan yang kedua mengoperasi ulang Pikaco.

Sambil mikir lamaaaa saya memutuskan tidak mengambil kedua solusi tersebut. Saya malah inisiatif memberi teman pejantan untuk Pikaco, minimal ada yang dia kecengin lah saat masa-masa heat dan tentunya pejantannya harus sudah disteril pula.

Jadilah saya pas main-main ke shelter hewan di Surabaya, ketemu kucing ganteng nan manja tapi masih nak kanak children alias masih ABG, tidak seumuran dengan si Pikaco yang sedikit menarik hati. Tidak bermaksud untuk mengadopsinya tapi hanya meminjam untuk teman Pikaco biar tidak gelisah terus saat masa heat.

Jadilah deh si kucing pinjeman bernama Tobby sekarang jadi new comer dirumah sejak 10 Mei 2014. Belum jelas akan saya permanen adopsi atau enggak, semua tergantung suami saya. Sejak kedatangan Tobby dirumah semua hepi termasuk suami dan Pikaco. Pikaco yang awalnya kebiasaan tidur dan makan tanpa ada sesi bermain selayaknya kucing, sekarang sudah balik seperti  kucing normal. Bergelut gulat antara Pikaco dan Tobby jadi pemandangan sehari-hari. Jadinya Pikaco lupa akan masa heatnya,yesss sukses!! hehehehehhe.

Kedatangan Tobby dirumah merubah suasana jadi rame, karena sebelumnya kan saya punyanya si Pikaco,kucing priyayi nan malas dan cuma jadi teman tidur dan pajangan, sekarang mau jumpalitan berdua. Tobby juga suka menjilat-jilat kepala dan  muka suami saya kalo ada maunya ataupun sekedar membangunkan. Pokoknya suami seneng banget punya real kucing hahahhahaha. Suami saya pun jadi hobi beli mainan kucing untuk Tobby....jadinya sekarang

Foto narsisnya pun banyak saya publish di facebooknya...cekidot DISINI deh kalo pingin tau konyol dan gantengnya si Prince Tobby :).

Bias tape maker

Bias tape maker ini sudah lama pingin saya punya. Berawal dari membuat dompet wanita yang selalu memakai bias tape/bisban sebagai finishingnya. Dan mulai berfikir untuk nyari alat yang bisa mempercepat kinerja saya. Jadinya saya kembali berburu alat-alat jahit seperti biasanya heheehheh.

Sempet browsing di smartyhands, tapi masih mikir sama harganya,kok???? :P Akhirnya saya liat postingan teman crafter di facebook yang sedang melego 2 set bias tape makernya. Karena stok terbatas, akhirnya saya grabbing cepet-cepetan deh. Ternyata saya kurang beruntung satu sudah terjual, dan satu sudah terbooking, haduuuuhhhh!!. Gagal deh saya. Tapi besoknya saya dikabarin kalo dicancel yang sudah terbooking tersebut. Yes!! langsung deh saya transfer dan besoknya langsung dikirim.

Horeeeeee.....akhirnya saya punya bias tape maker ini. Jadi satu set ini isinya 4 ukuran , dan ada alat untuk membantu mengeluarkan kain untuk pertama kalinya, dan juga sepatu untuk menjahit bias tape/bisban. Lengkap banget kan yah....saya seneng banget meski sampai sekarang belum juga saya pakai. Yah, karena belum ada pekerjaan untuk membuat dompet maupun baju yang memakai bias tape.

Kenapa alat ini begitu penting?? Ini karena dalam pembuatan bias tape kita harus melalui proses yang lumayan panjang. Mulai dari memotong serong kain (kira-kira 45 derajat), lalu melipat menjadi 4 bagian, lalu disetrika dan finishing ke bahanpun kadang perlu jahitan tangan untuk hasil yang lebih rapi. Ribet kan yah kalo dibayangin step by stepnya

Step by step membuat bias tape dengan bias tape maker impian semua orang (saya aja kayanya sih hahahaha) bisa dilihat divideo  ini. Dan bias tape maker merk Simplicity ini keren sodaraaaaa!! Watch this :)



Kursus menjahit celana di Mike school of fashion Surabaya

Menjahit celana sendiri adalah salah satu keinginan terbesar saya. Apalagi setelah tubuh saya makin besar ajah sekarang heheheheheh. Karena kursus Easy Sewing di Arva school of fashion sampai level 2 pun tidak ada pelajaran membuat celana wanita, akhirnya saya mencari kursus khusus celana di tempat lain. Sebenernya program custom coursenya sih ada di Arva tapi semacam private gitu dan biayanya mahal sekali buat saya.

Akhirnya saya googling deh tempat kursus menjahit celana di Surabaya. Setelah nemu beberapa alamat, saya datangi deh satu per satu tempatnya. Setelah mendatangi tempat-tempat tersebut akhirnya saya memutuskan untuk kursus di Mike school of fashion yang terletak di Panjang jiwo Surabaya.

Memang sih tempatnya jauh sekali dari rumah dan sepanjang perjalanan kesana adalah jalan yang trafiknya sangat macet sekaleeeee......tapi saya sreg untuk kursus disini. Tempat kursusnya jadi satu dengan rumah pemiliknya gitu, tapi suasananya homey banget, saya kerasan juga akhirnya kursus disana. Ahhhhh....saya selalu hepi tiap kursus jahit-menjahit dan ketrampilan lainnya. Hihihih mungkin karena saya baru sadar kalo ini yang saya mau dari dulu kali yah.

Di Mike school of fashion ini yang mengajar hanya satu orang ibu yang sudah berumur tapi sangat teliti sekali, pintar dan ramah dalam menjelaskan dan tentunya suasananya kekeluargaan sekali kalo kursus disini. Temen-temennyapun asik, mungkin karena semua satu hobi yah jadinya nyambung :D.

Kursus menjahit disini bayarnya kayak sekolah, ada spp bulanan, nah selesainya tergantung pribadi masing-masing kayaknya. Jadi tidak bisa di prediksi kursus disini akan selesai berapa bulan atau berapa tahun. Karena tergantung masing-masing, rajin apa enggak hehehehhe. Di Mike ini sppnya Rp. 450.000 per bulan, nah perbulan ini dihitung 8x pertemuan @2jam. Nah kalo kayak saya gini saya kursusnya ambil 2x dalam seminggu (selasa dan sabtu) tiap dateng saya ambil 4 jam karena jarak rumah saya yang jauh kalo cuma ambil 2 jam rasanya cuma capek dijalan. Jadinya dalam seminggu saya sudah langsung terhitung ambil 4x pertemuan. Nah dalam 2 minggu quota saya sudah nutup deh 8x pertemuan yang sama dengan pertemuan sebulan, meski diambil 2 minggu.

Jadi semisal kita rajin banget yah, ikut kursus setia hari dari senin - sabtu bisa dibayangkan sebulan bisa bayar spp berapa kali tuh hahahahahah. Jadi kursus disini point itu saja sih yang perlu diperhatikan bener-bener. Karena di Mike macam kursusnya banyak ada corsage, baju anak, makrame,hakken,knitting,baju dewasa dll jadi kadang bikin kita pingin ambil banyak kursus, saran saya sih selesaikan satu persatu kursusnya. Jangan mengikuti kursus campur aduk dalam satu waktu, karena sppnya pun berlipat.

Trus kursus disini wajib sabar ngantri dalam bertanya, karena pengajarnya satu siswanya banyak. Jadi kalo lagi banyak yang nanya yah, sabar-sabar lah dan jangan menggerutu. Pintar-pintar mengatur waktu dan menyerap pelajaran karena penjelasannya kebanyakan secara lisan tidak ada tulis menulis, hanya bikin pola/patrun istilahnya. Tapi pengajarnya dalam menjelasjan sangat jelas banget dan khas pengajar jadul, super lengkap dan tertata rapih.

Point lain saya kursus di sini adalah saya bisa mencoba masakan menu vegetarian, karena pengajarnya pun menjual makanan siap makan untuk orang vegetarian, Kadang saya pun ngobrol dengan pengajarnya diluar urusan menjahit tapi tentang vegetarian. Gimanapun menjadi vegetarian lebih baik untuk kesehatan kok, meski proses transformasinya sulit sekali hehehehhe.

Jadi yang ingin mencari tempat kursus menjahit di Surabaya, Mike school of fashion recomended juga kok. Silakan memilih, bisa juga baca tulisan saya tentang kursus menjahit saya yang lain di SINI.

Ikut lomba doll costume "Archipelago goddess"

Archipelago goddess adalah salah satu tema yang diambil dalam kompetisi lomba yang diadakan oleh toko boneka Toys Kingdom yang bekerja sama dengan sekolah dimana saya mengikuti kursus jahit yaitu Arva school of fashion. Selain dengan Arva juga dengan lembaga-lembaga lain dan juga dari Toys kingdomnya sendiri juga mengadakan dengan tema berbeda.

Archipelago goddess itu temanya tentang dewi-dewi legenda/cerita rakyat di Indonesia, jadi ada dewi sri,roro jograng,klenting kuning,nyi blorong,ratu laut kidul dll. Disini design saya mengambil tema Roro jongrang dengan simbol crown seribu candi (prambanan) di kepala, meski bentuknya jauh dari mirip candi prambanan sih ahhahahah...yang penting dah usaha bikin sendiri deeeh.

Di internal sekolah Arva saya mah bersaing dengan teman-teman yang kursus fashion designer , nah saya kan hanya ambil short course dengan kemampuan dan pengetahuan minim. Tapi saya pede ajah, yang penting eksistensi dan dalam rangka men-challenge diri sendiri sampai mana sih kemampuan saya.

Dan inilah hasil karya saya di boneka yang super kecil milik Toys Kingdom, yang tentunya saya beli sendiri dengan harga yang enggak murah hahahhha. Tapi gak papalah ini tantangan dan pengalaman untuk diri sendiri dan kalo ada lagi saya mau ikutan deh, sayang kalo bonekanya cuma kepake sekali.




Lihat deh karya-karya temen yang lain pada bagus-bagus  yah, dan tentunya bukan saya pemenangnya dari kompetisi ini tapi cukup jadi penggembira dan seneng aja boneka saya di pajang didepan dan keliatan dari depan gitu hihihiih. Thanks Arva school of fashion dan Toys Kingdom for this competition andsoooo  challenging!! Roooockkkkkkkksssss!!!

 
'/>