Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Senin, 15 September 2014

DIY PU Leather (kulit imitasi) untuk handle tas

PU Leather adalah salah satu sebutan untuk kulit imitas yang sedikit tebal. Penjelasan lebih lengkap tentang macam-macam kulit sintetis bisa dilihat di postingan INI. Saya kenal sebutan ini pun setelah banyak belajar menjahit tas. Sebelumnya tali-tali tas yang saya buat biasanya saya jahit dari kain lalu dibuat tali, setelah itu bosen karena memakan waktu, saya beralih ke tali webbing yang lebih praktis dan murah seperti ini:

image by Wikipedia

Lalu saya lihat-lihat tas handmade yang ada udah mulai banyak menggunakan handle kulit, akhirnya iman saya goyah juga hihihihihi. Kepingin juga pake handle dari kulit (imitasi), banyak sih yang jual tapi kok mahal (menurut saya sih). Akhirnya suatu saat saya janjian sama temen-temen kursus menjahit saya untuk berburu keperluan tas di pusatnya di Jl. Kramatgantung, Surabaya,

Fyi, saya berhasil 'menulari' temen-temen di tempat kursus untuk belajar menjahit selain baju, yaitu tas handmade. Hihihihi mereka rupanya ada ketertarikan juga, seneng deh jadi banyak temen untuk sharing.

Oke, akhirnya dengan didorong keinginan yang sangat kuat, karena kalo harus beli handle-handle berbahan kulit imitasi ini saya tidak bisa menekan pengeluaran dan harga jual untuk produk tas handmade jahitan saya. Jadilah mau tidak mau kalau saya tetap ingin pake' handle-handle kulit untuk tas saya, saya wajib mau repot dikit dengan membuat handle sendiri.

Daaaaaan, saya menemukan kulit imitasi yang sering disebut PU Leather dikalangan dunia crafter. Harganya murah, dengan lebar 130cm. Dan belinya di Jl. Kramatgantung, Surabaya. Tidak terlalu sulit menemukan toko yang  menjual kulit imitasi disana. Karena hampir tiap toko menjual kulit imitasi dan keperluan sandal sepatu juga tas. Kulit sapi aslipun ada disana.

image by me

Sementara saya hanya membeli 2 warna dan masing-masing saya beli 1 meteran. Soalnya saya kan baru nih main-main kulit imitasi gini jadi masih belajar. Dan dalam 1 meter kulit saya bisa mendapatkan 40-50 helai tali untuk dibuat handle tas dengan ukuran 1cm,2cm,2,5cm dan 3cm. Itupun masih sisa sekitar 20cm yang saya buat untuk plong-plongan bentuk bunga sebagai pemanis tas. Soalnya capek juga motonginnya hihihih.

image by me
Diatas itu alat-alat yang sementara saya gunakan untuk mengolah PU Leather hingga menjadi handle tas yang saya inginkan. Buat yang ingin membuat sendiri tali tas(handle) dari kulit imitasi PU Leather bisa menggunakan alat sederhana  berupa cutter dan penggaris besi, bolpen khusus kulit yang biasanya toko-toko kulit imitasi menjualnya,bolpen ini tinta tapi bisa dihapus dengan kain. Lalu puncher untuk melubangi kulit untuk nantinya dimasukin paku centang/rivet/keling. Selamat berkarya..... ^_^


59 komentar:

  1. Keren ih. Dirimu sudah "open order" di instagram dong ya? Koyoknya belum ada akun instagramnya di blog ini.. Makin sibuk nih ahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda bikin tapi blum upload2 soale gak ada yang ready stock smua masih custom order

      Hapus
  2. mba, mau dong nitip beli kulitnya..... hehehehe.....

    BalasHapus
  3. mba, boleh minta tuto bkin handle tas nya gak? mba jual jugakkah bahan pu leathernya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai mbak.....kalo di Surabaya bisa beli di Jl. Kramatgantung, soale saya enggak jualan. Untuk tutoria; handle tas dari imitasi, gak ada yang neko-neko kok mbak modelnya...paling saya iris panjang aja lalu dipasang pake rivet di tasnya, gitu ajah. :D

      Hapus
  4. mbak, boleh nanya.. beli alat plong nya dmn ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditempat yang jual kulit di kramat gantung juga mbak...jadi satu

      Hapus
  5. Mbak,apa di kramat gantung juga jual bahan kanvas juga?aku pengen vikin tas dari bahan kanvas.thnx yah mbak.q juga di surabaya lg suka menjahit juga :).salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jual kok mbak, tapi disana kebanyakan kanvas motif, yang polos jarang ada. Lirik2 aja toko2 yg disebelah kanan mbak....banyak itu

      Hapus
  6. mbak,,kalo mau pesen tas slempang custom bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mas...bisa email ke saya yah utk info lanjut ;)

      Hapus
    2. email saya kok gak ada respon ya??

      Hapus
    3. sudah kok tadi heheheheh...maaf ya. silakan di cek

      Hapus
  7. Mbak aku tinggal di luar jawa, sangat butuh kulit imitasi, bisa beli di mbak ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak/mas silakan hubungi ke email saya ann.dwirakhmawati@gmail.com yak ;)

      Hapus
  8. Terimakasih infonya... sangat membantu bingit...

    BalasHapus
  9. salam kenal jeng anna... blognya bagus dan membantu sekali.... rivet itu apa yah mbak??

    BalasHapus
  10. kalau di jabodetabek dimana ya cari kulit imitasi seperti itu? tq

    BalasHapus
  11. Hallo mbak, ini custom dhitung perlusin atau gmna? Berapa harganyaa?

    BalasHapus
  12. saya butuh bgt handle untuk tas rajut kalo mau order gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak jual handlenya mbak, hanya bahannya ajah. Silahkan kontak saya di email utk info lebih.

      Hapus
  13. Gan mau beli tali kulit, ada nomor atau bbm pin yang bisa dihubungi ? Bbm pin saya 22577BB6. Serious. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan email ke saya nti sy kasih detailnya mbak/mas.

      Hapus
  14. Slm kenal mbak.... Kalo menjahit kulit imitasi ato kulit asli selayaknya pakek mesin jahit apa mbak? Dan skitar brp harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai mesin jahit hitam bisa kok mbak...kalo saya sih sekarang suka pakai mesin portabel singer heavy duty 4423.

      Hapus
  15. makasih mb, tutonya sangat berguna, sy juga lg bingung beli tali tas handmade saya. Semoga usahanya mb Anna makin sukses ya, aamiin

    BalasHapus
  16. mf mbk,sy jg pengen belajar bikin handle tas,tlg ksh pin nya mbk,
    swun

    BalasHapus
  17. Mbak anna, aku kirim email. Mohon d cek, terimakasih mbak anna ^^

    BalasHapus
  18. Mbak mau tanya, toko di jlan kramatgantung itu jual handle2 tas sama tali tas polyester gtu ga'? Kalo kesana dari terminal bungurasih rutenya naik apa ya mbak? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak. cari aja di sepanjang jl.kramatgantung banyak yg jual. Biasanya per 1 rol belinya. Kalau dr terminal bungurasih naek bus kota jurusan JMP mbak, turun di perempatan tugu pahlawan lalu jalan kaki aja ke arah jl.kramatgantung. Bisa nanya orang2 disitu kok.

      Hapus
  19. Kak kira kira kisaran harga kulit imitasi di kramat gantung berapa ya? Biasanya beli di toko apa kak? Kemaren kebetulan lewat kramat gantung aku kira itu terpal hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai harga dibawah 20rb ada kok...diatas 100 juga ada. Kalau saya biasanya beli 58rb/m itupun cuma beli 0,5m biasanya hehhe.

      Maaf baru sempet membalas komentar mbak Iftitah.

      Hapus
  20. Mbak anna, sy send email. Tlg di cek ya. Trims

    BalasHapus
  21. Mbak kalo hari minggu buka?? Soalnya saya bisanya meluncur ke srby hari minggu mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari minggu semua toko alat jahit di jl kramatgantung tutup mbak Nur Izahra. Bukanya senin-sabtu jam 9.00 - 16.30 wib.

      Hapus
  22. Dimana mbak kursus mnjait tas2 handmade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditempat saya di Surabaya mbak Myma...monggo jika berminat bisa WA saya 081.33333.7975

      Hapus
  23. kl kulit sintetis motif karakter kartun ada ga ya

    BalasHapus
  24. mbak, maaf nih kalo saya mau nitip beli kulitnya bisa ngga ? didaerah saya udah coba muter muter ngga ada untuk pu leather ini..

    Btw, sukses selalu mbak anna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak....saya sudah ndak terima jastip. Coba mbak ubeg2 Tokopedia banyak kok yang jual. Pakai clue "kulsin" "kulit sintetis"

      Hapus
  25. Klw bhn2 tas sprt frame/behel tas/dompet di jl. Kramat gantung ada jg ndk ya mb? Sy lg cri toko yg jual aksesoris tas. Mhon infonya ya mb, makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak Nana. Semuanya bisa dibeli di toko Mekar Jaya Jl. Kramatgantung 54 sby. Kalau semisal gak nemu ukuran frame utk doctor bag yg cocok bisa beli di saya.

      Hapus
  26. Halo mbak bisa minta contact nya ? boleh sharing2 kah mbak ?

    BalasHapus
  27. hallo mbak, mau nanya itu yg warna ijo, apa namanya mbak..yg ada ukuran2nya itu? kayaknya sebagai alas motong ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya cutting mat atau alas potong mas/mbak. Di Gramedia atau Artland ada dijual kok

      Hapus
  28. Mba ana kalau mau pesen tas custom tapi modelnya dari saya bisa kah ?

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>