New Gear : Mesin jahit "Singer Heavy Duty 4423" dan set sepatu jahit singer

Singer Heavy Duty 4423 adalah salah satu tipe mesin jahit heavy duty dari singer. Kenapa saya memilih tipe ini? Pertama sih karena tipe ini bisa menjahit tebal dan berlapis seperti kanvas dan semacamnya, kedua atas saran guru kursus jahit saya, ketiga karena dinamonya speednya lebih cepat dari mesin jahit portabel biasa tapi tetap lebih lambat jika dibanding dengan mesin jahit highspeed saya yang merk Typical.

Karena ketiga alasan tersebutlah akhirnya saya memilih tipe ini untuk melengkapi 4 mesin jahit saya yang sudah ada hihii #maruk yak. Keinginan sih makin menggebu karena didukung pula dengan pas rewelnya semua mesin jahit yang ada (mungkin karena jarang dipakai saat itu) #halahalibi hihihi.

Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan TARAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!

image by me
Mesin jahit Singer Heavy duty 4423 ini kelebihannya adalah : bisa menjahit bahan tebal (bukan kulit yah), speed dinamonya kalo diinjek pol bisa sangat kenceng dibanding mesin jahit portabel biasanya, lampu mesin putih (biasanya kuning) lalu untuk membuat lubang kancing cukup satu langkah (biasanya 4 langkah). Yang terpenting HARGANYA .... Saya pas beli awal Agustus 2014 sekitar Rp. 2.800.000,-. Saat beli mesin jahit inipun saya sekalian membeli sepatu setnya singer plus jarum dan spool.
image by me
Satu set sepatu jahit singer ini saya beli dengan harga Rp. 250.000 berisi sekitar 15 sepatu terdiri dari : All purpose foot (5mm), Quilting foot , Zipper foot , Hemmer foot , Overcostin foot , Cording foot , All purpose foot (7mm) , Button sewing foot , Darning foot , Blind Hem foot , Buttonhole foot , Gathering foot , Low Shank Adapter , High shank adapter , Walking foot . Dan juga disertakan DVD pengoperasiannya.

Ada juga jarum emas singer isi 10 harga Rp. 35.000,-, jarum ini ajaib! bisa menembus bahan-bahan yang susah macam spandek, kaos dll yang tidak bisa ditembus jarum jahit biasa. Jarum ini biasanya dijual hanya di penjual mesin jahit, atau bisa ke Singer terdekat. Karena tidak dijual di toko-toko jahit biasa. Lalu saya pun membeli twin needle (jarum kembar) tapi entahlah dibuat menjahit apaan, yamg penting dapet duluan hahahahha #pemborosan.

Ya udah deh, semua gear jahit menjahit saya sudah nyaris lengkap sekarang, sudah saatnya balikin modal yang sudah dikeluarkan untuk hobby ini. Alhamdulillah mulai terbuka jalannya sekarang ....teman-teman juga jangan lupa berkarya yah...Happy sewing!! ^_^

48 komentar:

  1. mupeng liat sepatu jait singernya.. beli dimana mbak? plis info bundanearya@gmail.com , tengkiuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ku email ya mbak...silakan di cek ;)

      Hapus
  2. Mbak, mo nanya. Saya py mesin jahit biasa jadul merk standar dan singer brilliance 6180 portable, tp ga bisa tuk jahit spandek. Gmn ya caranya mbak. Mohon sarannya. Apa yang hruz diganti ato ditambah. Apakah pake jarum khusus, ato pake sepatu khusus utk mjahit bahan spandek?
    Ditunggu jawabannya mbak n thx b4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk jahit kaos/spandek ato bahan-bahan stretch(melar)...pengatur benangnya jangan terlalu kencang mbak agar tidak berkerut, pakai jarum biasa ukuran 11 - 13 jangan ukuran besar yak, karena jarum ukuran besar biasanya ujungnya tumpul, tidak cocok untuk menjahit bahan melar. Bisa juga pakai jarum kepala emas(tidak terlalu penting), tapi agak susah nyarinya...karena tidak dijual bebas di toko jahit cuma di counter2 penjual mesin jahit biasanya yang jual. Kelebihannya jarum emas itu bisa menembus beberapa bahan yang tidak bisa ditembus jarum biasa.

      Trus bisa di alasin kertas tipis/koran/bekas kalender sobek...apa aja lah pokoknya kertas. Kalo mau ribet dikit sih di stel mesin jahitnya tapi itu hanya bisa dilakukan oleh teknisi mesin jahit dan mengganti beberapa alat (ribet intinya :))

      Hapus
  3. lagi mikir perlu ga beli mesin jahit yg heavy duty sekalian?saya pemula, harga ga beda jauh ama yg mesin jahit biasa. Minta sarannya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin jahit biasa itu maksudnya yg mesin jahit hitam berpedal yah mbak? pemula sih kalo kepentok harga mesin jahit yang hitam itu sudah cukup kok. Tapi kalo enggak pake mikirin harga, beli aja yg portabel mbak, gak perlu yg heavy duty krn ini injekan dinamonya agak lbh cepet dr portabel biasanya. Merk2 portabel yang terjangkau bisa Butterflu ato Messina udah bagus banget kok mbak

      Hapus
  4. Makasih reviewnya, mbak. Saya lagi galau mau beli mesin jahit merk singer atau janome. Baca di bbrp milis, janome lebih awet dr singer krn dalemannya banyakan besi daripd fiber. Yg sy mau tanyakan, bgmn dengan singer heavy duty, apakah dalemannya lbh banyak besi atau fiber? Sy masih pemula, jd bingung mau milih2 mesin jahit. Ke depannya, sy ingin mesin jahitnya jg bs buat jahit kanvas dan buat ngejahit tas rajut nilon. Pilihan pertama jatuh pada singer heavy duty 4423, tp baca2 milis, lbh banyak recomend merk Janome. Sy jg lg nyari seri janome yg heavy duty jg. Ada rekomendasi, mb? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal bahan, kalo mesin portabel rata2 bahannya sama mbak. Merk itu selera masing2 orang mbak. Sebelum memutuskan beli mesin jahit ini saya juga galau diantara 2 brand yang mbak sebutkan diatas hehehehe. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh ke singer 4423 setelah banyak googling dan berkotanya sana sini, karena dibanding janome, dia lebih bisa untuk menjahit bahan tebal. Ini sih karena pengalaman pribadi dari teman saya, dia punya 2 merk ini trus waktu njait bahan tebal dia memilih 4423. Begitu kira2 mbak, kembali ke selera dan kebutuhannya mbak. :)

      Hapus
  5. Halooo mbak.. Mau juga dong infonya beli set sepatu singernya dimana yaaa? Makasi sebelumnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di surabaya bisa ke Singer di jl bung tomo dan ada gerainya di maspion square jl a yani surabaya mbak Angel ;)

      Hapus
  6. mbakk aku ada email nanya tentang pu leather bags di cek it dot ya mbak :d makasi

    BalasHapus
  7. maaf baru aku bales barusan mbak, cek yaaaah ;)

    BalasHapus
  8. Jeng anna mau tau juga donkk beli dimana.. mau yah info nya teaqa_1009@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek email yak...udah saya emailkan infonya ;).

      Hapus
  9. Mbak beli mesin jahitnya diamana? Kebetulan aku juga kursus jahit di arva, baru 2x pertemuan hehe email ke ciptanormalisa2@gmail.com yaa mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak sudah aku emailkan yak...sila dicek emailnya ;)

      Hapus
  10. Hai Mba Anna,
    seneng deh bisa menemukan blog ini
    thank you for sharing ya mba :)
    Mau tanya nih mba anna, kalo saya ingin membuat tas dengan bahan canvas dan PU leather, apakah bisa menggunakan mesin jahit Portable ?
    kalo ada yang bisa, merk apa dan tipe nya ?
    terima kasih mba sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai mbak/mas...makasih sudah berkunjung di blog ini...Saam kenal yak. Untuk bahan tersebut diatas bisa kok dengan mesin jahit portabel tapi pilih yang tipe heavy duty mbak/mas. Karena tipe tsb biasanya dikhususkan utk menjahit agak tebal seperti kanvas. Pu leather itu empuk kok kalo dijahit. Untuk beberapa merk mesin jahit biasanya mereka punya kok tipe2 heavy duty...kalo nanya saya yah, saya cenderung pilih tipe Singer 4423 mbak ^_^.

      Hapus
  11. Hallo, Mba Anna,
    mohon share pengalamannya dengan HD 4423-nya dong
    saya dah googling sana-sini dan dah membaca banyak sekali review ttg mesin ini
    dari review yg oke2 hingga review negatif, reviewernya org bule semua, reviewer dari dalam negeri blm ada (atau saya yg belum nemu ?). kebetulan mba sudah memiliki mesin ini sejak beberapa bln lalu, saya jadi penasaran saja tentang komentar negatifnya yg menagatakan suara mesin ini katanya kasar/berisik, yg berikut Auto Needle Threader (pemasang benang otomat) suka rewel, berikut benang dari dalam bobbin suka tidak terangkat oleh needle-nya, dan masih banyak lagi. Dari sejak pandangan pertama pilihan saya jatuh pada type mesin ini tetapi saya masih ragu karena masalah itu, mohon kiranya Mba mau berbagi pengalamannya, terima kasih.

    Hormat Saya Mr. B

    BalasHapus
    Balasan
    1. pls email saya ke : bravo_u@yahoo.com, tks.

      Hapus
    2. Karena saya baru menggunakan Singer tipe ini saya belum pernah merasakan yang mas tulis diatas. Hanya saja kadang sepatu kurang menjepit meski tension ketebalan kain sudah saya stel. Selebihnya saya belum pernah ngalamin jadi enggak bisa banyak review mas ^_^.

      Hapus
    3. Halo mbak, beli sepatunya dimana ya bisa diinfokan..

      Hapus
    4. di showroom resmi singer ada kok mbak :)

      Hapus
  12. Halo Mbak Anna, bisa minta tolong diinfokan juga dimana beli mesin jahitnya?
    ini email saya bintisiswadi@gmail.com
    terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli di Singer waru mbak tapi mesin jahit diantar kerumah sama bapak yang jualan

      Hapus
  13. Ouhh mbak beli nya dimana????dan bisa on line gak...soalnya di tempat lain harga nya di atas 3 jtaan....thankkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang mungkin ada kenaikan harga mbak soalnya kan dollar lagi naik juga. Beli online bisa di malika mesin jahit mbak via FB.

      Hapus
  14. Assalamu alaikum Mbak,

    Mbak saya mau tanya, mbak pernah mengalami skipped stitches selama pakai mesin ini terutama saat menjahit dengan material yg tebal?

    saya baru beli mesin ini, dan mengalami skipped stitches ketika menjahit pada kain blacu 4 lapis + katun rayon. kira2 kenapa ya mbak? apa settingan saya kurang tepat? bisa tolong share settingan yang tepat? saya menggunakan jarum singer 2020 ukuran 16 dan benang polyester untuk jeans.
    saya lihat di beberapa video review orang-orang bisa menjahit kain jeans berlapis lapis dengan mesin ini tanpa masalah. lol. nohon arahannya mbak.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ku jawab via email yak mbak Shanum...cekidot ^_^

      Hapus
  15. mba tanya dong...beli mesin jahitnya dimana ya???
    boleh info gak ke email fithryliddieni@gmail.com
    makasih mba sbelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di surabaya bisa di sepanjang jl. bubutan surabaya mbak. disana banyak penjual mesin jahit.

      Hapus
  16. Mba harga mesinya berapa sekarang ?

    BalasHapus
  17. Mba cara ganti jarumnya gmna ya? Sma sperti mesin tradisional tdk? Saya mematahkannya ketika saya salah menggunakan sepatu sampe akhirnya jarumnya patah.
    Minta bantuannya ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah saja kok mbak. Jangan lupa pilih jarumnya kode HA atau bilang saja ke penjualnya utk mesin jahit rumahan/portable. Soale ada juga jarum utk mesin industrial...takutnya salah jarum.

      Lalu sesuaikan posisi jarumnya dgn besi di mesin jahitnya mbak..biasanya jarum utk portable ada sisi gepengnya (bukan bulat sempurna). Tinggal di pas in deh itu posisi jarum yg gepeng ngadep ke gepeng, masukin smp mentok keatas br deh di kencengin bautnya.

      Semoga membantu ya sarannya.

      Hapus
  18. Haloo mbak saya baru beli tapi ini habis pasang benang (sesuai buku petunjuk) kenapa jalan ditempat gt ya? Gamau maju jahitnya duhh, yg salah dimananya ya kirakira? Nuhun nyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senasib dengan saya, sudah diputar ke gambar lubang kancing, dan jahitan diarahkan antara 0 dan 1 pun, serta ukuran lubang kancing di alatnya pun ga maju2.. Kira2 apa yg salah?

      Hapus
    2. Halo mbak nurul dan mb Anonymous....maaf ya baru bisa balas.

      Banyak kemungkinan kenapa tidak bisa jalan. Bisa jadi jarak stichnya diangka 0 yang seharusnya diangka 2,5 (settingan umum). Bisa juga fitur ketebalan kain yg berada diatas sepatu yg bentuknya bulat dan diputar minus itu kurag dilonggarin. Bisa juga jarumnya tidak sesuai.

      Coba diutak atik itu dulu kalau tidak bisa, bisa WA saya di 081.33333.7975 mbak.

      Hapus
  19. sekarang harganya berapa ya mbak dan belinya dimana? yokie.agungmalian@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Yokie..maaf baru sempet membalas komentar. Harga Singer HD 4423 per Desember 2016 Rp. 2,5jt.Saya beli di toko New patinda jl.bubutan surabaya

      Hapus
  20. Mau tanya mbak... Apakah jarum kembar bs dipakai untuk mesin jahit jenis HD ini? Mesin punya mbak sudah pernah dicoba menggunakan jarum kembar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarum kembar bisa dipakai di mesin jahit ini mbak tapi sy pribadi belum pernah ada keperluan utk menggunakan jarum kembar. Caranya pasang kedua tiang benang, masukan benang pada tiang masing2, kemudian masukkan kelubang alur benang kedua helai benangnya, nti misah benangnya saat di jarum kembarnya.

      Selamat mencoba dan semoga membantu ya infonya.

      Hapus
  21. Salam kenal! Aku Lintang,, mesin jahit lama singer portable juga lagi suka rewel dan lagi nyari2 referensi buat beli mesin baru. Reviewnya membantu meskipun kegalauan akan mesin jahit baru belum terpecahkan. Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan aja mbak mau digunakan utk jahit apa, biasa atau tebal dan sangat tebal. Nanti beli mesin jahitnya disesuaikan kebutuhan. Curhat aja sebelum beli sm pembelinya.

      "sy sering jahit bahan2 ini dgn budget segini mesin jahit yang sesuai dengan saya yang mana??"

      Saran saya begitu aja mbak.

      Hapus
  22. haloo mba anna salam kenal,,,bagaimana mesin jahitnya masih awetkah? saya pemula ingin belajar menjahit lg bingung mau beli mesin jahit ,saya tertarik dgn singer 4432 ini cm ragu sama ketahanannya awet apa ngak ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo mbak Nia...maaf late reply yak. Sampai sekarang Agustus 2017 masih belum pernah ada problem dan masih oke oke saja mesin jahitku.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>