Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Senin, 13 Agustus 2012

Resep Kue & Perhitungan biaya : Kastengel gurih

Resep kue Kastengel ini salah satu kue kering favorit saya sepanjang masa heheheh. Saya suka kastengel karena kue kering yang gurih (tidak manis). Awalnya saya dikenalkan dengan kue kastengel ini dari pemberian salah satu teman suami saya.

Waktu itu teman suami saya itu membawa kastengel merk "Holland", siapa yang tidak kenal dengan brand tersebut. Saya yang baru pertama kali mencoba kastengel by Holland langsung jatuh cinta....enaaaakkkk banget. Sejak itulah standart kue kastengel yang saya nilai enak ya yang mendekati rasa Holland (sedikit manis, renyah dan gurih). Tapi yang pasti saya tidak tahu resep kue kering kastengel mereka (baca:Holland) hheehhehehe. Pasti si Holland pake mentega dan keju yang premium asal Holland (Belanda) langsung deh ya.

Akhirnya saya dapat resep kue kering kastengel ini dan lagi-lagi saya modifikasi atas masukan dari tante saya. Saya duetkan gitu 2 resep yang saya dapat, dan hasilnya waaaaoooowwww not baddddddddd. Seperti yang saya mau rasanya, padahal saya buatnya waktu siang sedang puasa.

image by me

Dan seperti resep kue kering saya sebelumnya lidah kucing keju rainbow, saya juga sertakan perhitungan biayanya biar bisa ancang-ancang budget yang akan kita keluarkan untuk membuat kue kastengel ini.

Bahan Kastengel :
- 70 gr Mentega/blueband (Rp. 1300)
- 70 gr Roombutter (Rp.1600)
- 1/2 sdt Garam
- 2 bh Kuning telur (Rp. 3000)
- 1 sachet (30gr) susu bubuk/Dancow sachet (Rp. 2500)
- 25 gr Tepung maizena (Rp. 300)
- 150 gr Terigu kunci biru (Rp. 1200)
- 1/4 sdt Baking powder (Rp. 500)
- 100 gr Keju edam/keju bola, parut (Rp. 16.000)

Olesan & Taburan:

- 50 gr Keju kraft cheddar (secukupnya), parut (Rp. 1000)
- 1 buah Kuning telur untuk polesan
- Pewarna kuning telur 5-7 tetes

Cara Membuat Kastengel:
- Kocok mentega, roombutter, garam dan kuning telur hingga rata
- Lalu masukkan susu dan keju edam, mixer hingga halus dan rata
- Masukkan tepung maizena, terigu dan baking powder ke atas adonan, aduk rata dengan sendok kayu atau dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja (asal tercampur)
- Setelah adonan selesai di mixer, taruh di plastik lebar lalu gilas dengan penggilas kue hingga mencapai ketebalan yang diinginkan
- Lalu potong-potong dengan pisau dengan ukuran 3x1 cm atau bisa menggunakan cetakan kastengel, kalo saya sih pake cetakan kastengel karena lebih cepat dan rapi
- Susun pada loyang (tanpa olesan mentega)
- Oles bagian atas dengan kuning telur yang sudah dicampur pewarna kuning telur lalu taburkan keju diatasnya (bagian ini bisa juga dilakukan setelah setengah kastengel matang baru dioles lalu di masukkan oven lagi)
- Masukkan ke oven yang sebelumnya sudah dipanaskan
- Panggang selama 15-20 menit dengan api sedang
- Setelah tercium bau harum, cek dan pastikan matang lalu angkat
- Angin-anginkan sebentar lalu tiriskan lalu masukan kastengel kedalam toples

image by me

Note: Untuk wilayah Surabaya, bisa mencari bahan-bahan kue secara lengkap dan sesuai kebutuhan di Toko Delapan Jl.pucang anom timur no. 8 Surabaya ya, disitu murah dan bisa beli uk.minimal juga.

15 komentar:

  1. bisa disalin nih buat kasih ke ibu saya :)

    BalasHapus
  2. wahh yummy nihh.. yuuk mampir juga ke http://www.kreasimarie.com/ untuk melihat resep kreasi lainnya ^^

    BalasHapus
  3. wah, harus dicoba neh resepnya,
    belum terlambat kannnn....

    BalasHapus
  4. okesip.. romadlon taun ngarep siap siap tak grebeg.. haha..

    BalasHapus
  5. @Triando (Rian) silakan mas...monggo dicoba lhoooo :)

    @Kreasi Marie yummy banget....siap2 ke TKP intip resep lain

    @siti nurjanah yuk mari mbak, selama ramadan saya udah buat 2x dimakan sendiri heheheh....

    @ndop ayukkkk...monggo mampirrrr

    BalasHapus
  6. lebaran kemaren dapet berapa pesanan ya?

    BalasHapus
  7. @obat asam lambung enak kok coba deh

    @soewoeng hahahahh bikin dan dimakan dewe mas xixiix...apa mau pesan? :P

    BalasHapus
  8. gan ,ane coba praktekin di rumah dengan modah se-adanya, dan alhamdulilah jadi...

    jadi hancur,, wkwkkw

    ane kurang pengalaman kayak-nya

    BalasHapus
  9. Thank u jeng.... Ini untuk brapa banyak yaa? :-)

    BalasHapus
  10. thanks ya resepnya. aku pengen coba bikin.
    oia, aku udh follow blog kamu, follow back ya

    BalasHapus
  11. @Lytha Pijoh Ini kira bisa untuk toples 1/2kg mbak.

    @Ida Theresia Silakan di coba mbak, iyah langsung saya folback, terima kasih atas kunjungannya :).

    BalasHapus
  12. fresh cream bs diganti gak?mis dg susu uht atau susu cair?

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>