Video tutorial sepatu jahit dari Singer

Tutorial tentang penggunaan mesin jahit dan sepatunya memang sering masih membingungkan jika hanya baca manual book. Kadang sudah di demokan penjualnya sampai rumah udah lupa lagi. Bersyukur Singer sewing company membuat tutorial dan demo di Youtube untuk memudahkan pemakai-pemakai mesin jahitnya.

Sayapun waktu terakhir membeli mesin jahit yang kebetulan beli Singer Heavy duty 4423, juga beli 1 set sepatu jahitnya. Dan belum semua saya pakai karena keterbatasan kebutuhannya dan ada juga yang belum tau penggunaannya. Ini penampakan foto sepatu jahit Singer saya.

image by me
Video tutorial berikut yang saya copy dari link Singer di Youtube merupakan tutorial untuk penggunaan sewing foot atau sepatu-sepatu aplikasi yang dimiliki Singer. Semua video credit to Singer sewing company and Youtube. Mohon ijinnya untuk berbagi yah. Selamat menyimak ya.

1. All-Purpose Foot
Sepatu jahit ini secara umum yang dimiliki mesin jahit Singer, diantaranya sepatu All-Purpose foot, Zipper Foot, Blind Hem Foot, Button jahit Foot, penjerumat & Bordir Foot, Open Toe Foot, Ujung-Bergabung Foot, Pintuck Foot dll.


2. Rolled Hem Presser Foot  
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit hem/kelim yang sangat kecil dan memberikan finishing jahitan yang tampak profesional daripada harus di neci. Dikenal juga sebagai krill atau jahit kecil, biasanya untuk finishing rok, baju ataupun jilbab.
3. Gathering Foot  
Sepatu jahit ini digunakan untuk membuat kerutan instan pada kain. Bisa untuk satu lembar kain atau juga 2 lembar kain dijahit kerut secara bersamaan.

4. Darning & freehand embroidery Foot 
Sepatu jahit ini digunakan untuk memperbaiki lubang pada kain (tisik) tapi juga bisa digunakan untuk membordir free motion, stipple (jahitan kecil-kecil/basting) quilting.
5. Cording Foot
Sepatu jahit ini adalah sepatu jahit aplikasi yang fungsinya membuat aplikasi jahit yang bisa timbul (embellishment).
6. Zipper Foot
Sepatu jahit ini kadang disebut sepatu jahit sebelah. Digunakan untuk memasang zippers/risleuting, akan tetapi bisa juga digunakan untuk membuat dan menjahit piping atau juga untuk menjahit tindas permukaan yang bulk (permukaan tidak rata/tebal dipinggir).
7. Invisible zipper Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit risleting jepang (invisible zipper) pada baju maupun aplikasi lain.

8. 1 (one)-Step Mechanical Buttonhole Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut sepatu lubang kancing satu langkah. Gunanya untuk membuat lubang kancing baju dengan satu langkah.


9. Button Sewing Presser Foot
Sepatu jahit untuk memasang kancing baju.  Untuk memakai sepatu ini feed dog mesin harus diturunkan atau bisa ditutup dengan plate bawaan dari mesin jahit.


10. Flower Stitch Presser Foot
Sepatu jahit aplikasi yang digunakan untuk berbagai macam tusuk hias yang berbentuk bunga dll.
11. Side Cutter Presser Foot
Sepatu jahit yang berfungsi sebagai sepatu semi obras yang ada pisau potongnya seperti pada mesin obras (serger).

12. Overcast Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit semi obras pada mesin jahit. Dengan memakai sepatu jahit ini kita bisa menjahit semi obras tanpa membuat sisi kain yang diobras mengeluntung (menggulung). Dengan menggunakan pilihan stitch zig zag, dan membesarkan ukuran "Length" pada mesin jahit maka kita sudah bisa menggunakan sepatu ini sebagai pengganti mesin obras.

13. Edge Joining Presser Foot
Sepatu jahit ini  digunakan untuk menjahit aplikasi pada dua motif kain agar mendapatkan sisi kiri kanan yang sesuai karena batas tengah ada pada sepatu jahit ini.

14. Quarter Inch Presser Foot
Sepatu jahit ini  digunakan untuk memberi batas jahitan kampuh agar lurus dan sama dari ujung hingga pangkal jahitan saat menjahit.

15. Straight Stitch Wide Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut sepatu 1/4", digunakan untuk menjahit bahan yang sangat ringan, tipis atau kain licin dengan batas kampuh lebar.

16. Straight Stitch Narrow Presser Foot
 Sepatu jahit ini juga disebut sepatu 1/4", digunakan untuk menjahit bahan yang sangat ringan, tipis atau kain licin dengan batas kampuh kecil.

17. Pintuck Presser Foot
Sepatu jahit ini biasanya digunakan untuk jarum jahit kembar (twin needle) danbiasanya untuk menjahit aplikasi dan jahitan-jahitan cantik lainnya. Bisa juga ditambahkan pita atau tali kecil didalam jahitan untuk menghasilkan efek bertexture.


18. Roller Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit bahan-bahan tebal dan bahan bertexture seperti kulit dan vynil.

19. Ruffler Attachment Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit kerut dan lipit (pleat) dengan jarak sama dan sempurna.


20. Even Feed Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut walking foot, sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit bahan bervolume dan berlapis seperti menjahit selimut, menjahit quilting dll.

21. Fringe Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk membuat jahitan aplikasi dengan menambah texture dan permukaan seperti ditempel bulu-bulu.

22. Parallel Stitch Presser Foot
Sepatu jahit ini termasuk sepatu untuk membuat aplikasi cantik pada kain dan memberi jarak secara presisi pada kiri dan kanan jahitan karena terdapat grid pada sepatunya.

23. Satin Stitch Presser Foot
Sepatu jahit untuk menjahit applique dan special purpose, digunakan untuk menjahit dengan stikan tebal dan padat.

24. Circular Stitch Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit jahitan dalam bentuk melingkar hingga diameter 4 inci. 

25. Blind Hem Presser Foot
Sepatu jahit ini untuk menjahit kelim dengan mengambil satu serat dengan tusuk feston, biasanya untuk kelim bawah rok/celana. 

26. All Purpose Clear Lock Presser Foot 
Sepatu jahit dengan permukaan transparant untuk menjahit berbagai jenis kain dan kebutuhan. 
 

Tutorial membuat handle tali hobo bag

 Handle untuk tas-tas saya hampir tidak pernah beli jadi, saya lebih seneng bikin tali sendiri meskipun jauh dari sempurna hasilnya. Dan itulah yang dibilang DIY dan true handmade #halahkePDan hehehheh. Berikut saya sok-sokan bikin tutorial membuat tali untuk tas, sebelumnya sih saya sudah bikin postingan tentang Tutorial membuat tali tas dari kulit imitasi juga di blog ini. Semoga menginspirasi para pembaca dan penggiat handmade bag.

Semoga teman-teman bisa terinspirasi buat tali untuk tas jahitannya sendiri kayak saya. Kalo gak mau repot beli saja tali siap pakai di online shop tapi minimal sedikit tau cara bikinnya. Heheheehehehe.

Saya tidak jelaskan lagi mengenai menempelkan 2 lapis bahan dan menjahitnya ya teman-teman,karena sudah pernah saya share diblog ini caranya. Bisa intip dipostingan "Tutorial membuat tali tas dari kulit imitasi"
Bisa juga bisa buka fanpages saya "Pikaco Story" kalau kesulitan scrolling.

Jadi ini langsung to the point ajah cara-caranya membuat handle tali hobo bag. Cekidot.....



Keterangan Gambar:
1. Alat dan kebutuhan bahan keseluruhan.
2. Ambil rantai dan 2 tang,jepit kiri kanan dan dengan sedikit tenaga buka(renggangkan).
3. Masukan ring bulat (ring D juga bisa) kedalam rantai lalu jepit rantai yang sudah dibuka tadi.
4. Buat seperti ini smp selesai. Saya bikin satu sisi masing2 saya isi 2 helai rantai.
5.Sudah saya rangkai antara ring dan rantainya. Tinggal dipasang ke tali bahan pelanginya yg sudah saya tumpuk dan jahit sisinya.
6.Saya beri masing2 2 bh rivet (keling/paku centang/jamur) uk 9mm(kode 810).
7.Lubangi dahulu handle yg akan dipasangi rivet.
8.Samakan sisi lainnya dengan yg sudaj jadi.
9.Terengteeeeng.....begini hasil jadinya.
10.Ini opsi lain,menggunakan 1 helai rantai dan ring D 1,5cm.

Tips membersihkan litterbox kucing

Tips untuk catlover pemula yang ingin selalu sehat berdampingan dengan para makhluk berbulu. Jika ada dana lebih pilih pasir gumpal beraroma utk poop pee kucing kita. Karena bs meminimalisir bau dalam rumah dan kedatangan para insekta.

Dan ini penampakan kotak pasir tempat BAB 8 kucing saya. 10L pasir dlm 3 kotak untuk 8 ekor kucing toddler dan adult. 2x sehari dibersihkan...pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. Gumpalan2 poop dan pee saya buang dikloset. Setelah bersih angin-anginkan / jemur si kotak2 pasir. Dan bisa digunakan kembali.


Dan Fyi:  ini penampakan pasir yang udah 6 hari digunakan. Tetep bersih bukan?? Kalo manusianya rajin ya kucingnya bersih dan diharapkan keduanya bisa hidup sehat secara berdampingan.

Selamat mencoba. Jangan jadi catlover abal-abal yang jijikan dan cuma bisanya nyuruh-nyuruh pembokat. Your pets is your own responsibility bukan dilimpahkan ke orang lain termasuk embak-embak ART kita dirumah. Jadilah catlover yang bertanggungjawab, Salah satunya bisa menjaga kebersihan litterbox. Faktor lainnya banyak nek tak njlentrehno hihihihi.

 
'/>