Tutorial membuat tali tas dari kulit imitasi

Tali tas atau istilah kerennya bag handle adalah point of interest dari sebuah tas. Tali untuk tas biasanya bisa berbahan kulit hewan, tali katun, Webbing, dan imitasi pu leather. Tas dengan model biasa aja bisa jadi tampak manis dari pemilihan talinya. Gak percaya?? coba ajah kombinasi tas berbahan linen dan tali berbahan kulit...hmmmmm manis dan tampak elegan.

Karena saya menjahit tas, kadang saya sangat membutuhkan tali temali ini. Saya menggunakan dua bahan saja, kalo tidak webbing katun ya imitasi dengan nama jual "pelangi". Untuk mempermanis tas saya yang berbahan dasar kain (katun, kanvas dan linen) kadang saya menggunakan tali dari kulit imitasi. Tapi untuk membeli satu pasang tali tas dengan bahan ini sangatlah mahal jika tasnya tidak didukung dengan model 'sederajat' akan tidak ada pembeli yang tertarik dengan harganya.

Untuk itulah saya mulai belajar membuat tali ini sendiri berdasar coba dan gagal (trial error) dan sambil melihat-lihat contoh tali yang saya beli. Sudah pernah sih saya tulis tentang tali tas berbahan kulit imitasi ini dan segala keresahan saya di blog ini, contohnya di postingan ini.

Dan saya nih tipe orang yang pingin segera berbagi ilmu jika mendapat ilmu baru, soale pengalaman saya ilmu yang disimpan sendiri tidak akan membuat kita tambah pintar karena kita tidak tahu pendapat orang akan ilmu yang sedang kita share. Komentar dan pengalaman lain yang kita dapatkan dari orang lain juga bisa jadi tambahan pelajaran buat kita.

Dan akhirnya saya mem-pede-kan diri untuk berbagi tutorial membuat tali tas (bag handle) sendiri dari bahan kulit imitasi. Berikut step by stepnya yang disertai keterangan di bawah foto yah teman.

Bahan:
- Imitasi pelangi (rainbow) tebal 2mm
- Lem Fox/Aica Aibon atau sejenisnya

Alat:
- Cutter kenko
- Penggaris omnigrid atau sejenisnya
- Solder panas

Settingan jahitan:
- Benang jahit astra atau benang nilon Coat atau benang denim Astra
- Jarum organ (HA) no. 14 (no 11 juga bisa)
- Length : 3
- Width : 3
- Needle position : 0
- Tension : 3,5 - 4

gambar dari koleksi pribadi
Keterangan tutorial membuat tali tas (bag handle):
1. Lipat kulit imitasi menjadi dua bagian dan beri lem di satu sisi, rekatkan lalu tunggu kering.
2. Rapikan pinggir lipatan agar potongan selanjutnya bisa lurus dan presisi.
3. Hasil potongan pinggiran yang sudah dirapikan.
4. Mulai iris bahan yang sudah rapi dan rekat dengan lebar sesuai keinginan dan kebutuhan, disini saya membuat lebar 1,5cm untuk tas tote dan tas slempang.
5. Iris bahan dengan tetap menggunakan penggaris dan cutter hingga akhir irisan. Disini saya tidak menggunakan pena kulit untuk membuat garis sebelum diiris tapi menggantinya dengan menggunakan penggaris dengan grid(garis) banyak. Pen kain kadang susah dihapusnya meskipun bisa saja. Penggunaan penggaris bisa mempersingkat waktu karena pegang penggaris langsung iris dengan pisau cutter. Dibanding harus membuat marka dengan pena, waktu jadi lama.
6. Ini hasil irisan dengan cutter, rapikan??! meski hanya memakai cutter murah.
7. Seringlah memotong ujung cutter jika dirasa ujungnya cutter sudah tumpul atau tidak tajam. Tandanya sekali dibuat ngiris, kulit tidak langsung terpotong. Untuk mengiris kulit imitasi dibutuhkan ujung cutter yang tajam (hanya ujungnya yah)
8. Hasil potongan-potongan kulit imitasi yang siap di jahit.
9. Coba dulu di perca kulit imitasinya ya. Sebelumnya jangan lupa set dulu settingan mesin jahitnya seperti yang saya tuliskan diatas atau dipas2in sendiri aja. Karena kadang usia mesin jahit dan merk mesin jahit bisa berbeda settingan yang sudah saya tuliskan diatas. Intinya di tension yah...kalo masih narik di bahan coba dilonggarkan ke angka yang lebih besar.
10. Jika hasil jahitan seperti ini bisa langsung dilanjutkan untuk menjahit ke bahan utama.
11. Menjahit bahan utama tali tas berbahan kulit imitasi. Disini saya menggunakan bantuan magnet tempel agar jahitan saya bisa lurus terus, karena kadang kurang konsentrasi di bahan tebal bisa mencong-mencong jahitan saya, karena kan sepatu jahitnya agak terangkat dibanding saat jahit bahan yang lebih tipis.
12. Jika dirasa ada brudul-brudul atau berserabut bisa di rapikan dengan menggunakan solder yah, tapi jangan sampai kena bahan utama karena gampang nyunyut, hanya pada serabut-serabut yang mungkin muncul di pinggir.

Poto terakhir adalah bahan tali tas yang sudah saya jahit lalu saya beri cantolan ukuran 1,5cm warna atg dengan pengunci rivet ukuran 9mm bagus depan belakang dengan warna atg juga, cantikkan jadinya. Seneng deh bisa bikin handle tas sendiri dan ukuran sesuai keinginan sendiri. Jadi teman-teman yang berminat bisa bikin sendiri lho tali tasnya, tidak perlu beli jika terdesak waktu bisa buat sendiri. Kalau saya sih bikin dikit-dikit saja 5-10 helai karena tangan sudah enggak kuat untuk nyiletin banyak-banyak. Soale tangan sering dipakai handstitch pas finishing tas. Jadi kadang saya masih sering beli handle tas jadi kok.

Jika teman-teman kurang jelas dengan penjelasan saya, monggo lho kalo mau menghubungi saya. Bisa hubungi saya disini...dont be sungkan yak ^_^. Sharing is caring others.

10 komentar:

  1. Inspiring banget mbak...lagi pengen belajar buat bikin handle sendiri, tapi masih dalam tahap bermimpi, ini mbak Anna Dwi R yang di fb kan ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak Umi silahkan search Anna Dwi R.

      Hapus
  2. Lox beli bahan imitasinya itu didaerah jogja dmn ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Fitria...bahan imitasi di Jogja bisa dibeli di Toko Aneka Kulit Jl.Parang Tritis atau di Toko Liman Jl. Malioboro Jogja.

      Semoga membantu dan selamat berbelanja ^_^

      Hapus
  3. Untuk mesin jahit yg dipakai mbak ini tipe apa yah? Ada rekomendasi mj utk kulit dan kulit sintetis mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya pakai saat bikin handle ini Mesin Singer HD 4423 portabel mbak. Kalau sebener2nya untuk kulit ada mesin walking foot tapi biasanya mahal dan tipe2 industrial gitu deh.

      Hapus
  4. bisa minta info beli cantolan tas di toko mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko Mekar Jaya jl. kramatgantung ada....atau di sebelahnya juga ada toko Johny. Atau bisa juga ke toko Petra jl.kapasan.

      Hapus
  5. Hai mb Anna,
    Mau tanya, klo ngilsngin bagian yg mbrudul pake cara dibakar recomended ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak, kalo aku biasanya aku soderin

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>