Tutorial menjahit bisban pada tas/dompet

Bisban atau bias tape adalah kain yang dipotong serong dengan lebar 4-5cm dan digunakan untuk menutup tepi jahitan yang mempunyai kesan manis dan rapi. Bisban bisa dibeli instan di toko jahit dan biasanya sudah dalam keadaan terlipat menjadi 4 bagian. Ada juga jenis bisban isi atau sering disebut bias piping, biasa digunakan diluar bahan sebagai aksen pemanis dan mampu membentuk tas atau jahitan lain.

Bisban memang seharusnya lebarnya dilipat menjadi 4 bagian dan disterika, lipatan pertama dijahit kebahan lalu 3 lipatan lainnya untuk membungkus tepi jahitan dengan pinggiran rapi karena bisbannya dilipat. Jahit tindas atau blindstich bisa untuk finishing bisban,

Nah cara lain yang saya ceritakan disini adalah diluar cara-cara yang biasa digunakan penjahit, tips ini saya dapat dari teman jahit saya. Berikut tutorial menjahit bisban dengan cara lain yang bisa coba di aplikasikan ke jahitan kita.

image by me
Keterangan gambar:
- Gambar kiri atas: Bisban tidak perlu disetrika dengan 4 lipatan, biarkan saja lalu dilipat dua bagian saja.
- Bagian pinggir (tepi) yang harus dijahit dengan mesin jahit, sedangkan bagian lipatan menghadap kedalam yang nantinya dijahit tangan.
- Jahit dengan mesin jahit
- Gambar kanan atas: tepi yang sudah dijahit dengan mesin jahit
- Lalu lipat bagian yang merupakan lipatan kain kesisi lain yang selanjutnya kit ajahit dengan tangan dengan tusuk sembunyi (blindstitches). Seperti gambar dibawah ini.

- Gambar yang lebih detail untuk melipatnya
- Gambar tengah : hasil jadinya setelah di finishing dengan jahit tangan

Selamat mencoba ya teman-teman, terserah sregnya pakai cara yang mana, cara biasa atau yang tidak biasa seperti yang saya jelaskan diatas. Jika penjelasan saya kurang jelas bisa menghubungi saya yak. Maklum nulisnya sambil agak ngantuk-ngantuk xixiix. Selamat berkarya ^_^.

2 komentar:

  1. mba..selain tutorialnya.. aku juga tertarik ama penjepitnya.. beli dimana to? apa namanya?...soale kalo liat tutorial2 di you tube DIY luar, peralatan mereka unik2 dan bagus2.. termasuk penjepit yang mba pakai itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di smartyhands.com mbak. banyak barang2 jepang lucu disitu.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>