Kursus menjahit di Arva school of fashion Surabaya

Mulai tanggal 26 Juni 2013 kemarin saya ikut kursus menjahit di Arva school of fashion lhoo. Memang bukan kursus untuk menjadi fashion designer, saya cuma kursus easy sewing aja kok. Nah program yang saya ikuti ini cuma semacam short course aja, bukan sekolah (fyi: Arva ada sekolah designernya ^_^).

image by me

Saya memang dari dulu pingin bisa menjahit, saya juga sudah punya mesin jahit sejak setahun yang lalu. Saya punya 2 mesin jahit dan satu mesin obras yang tutorialnya bisa dilihat disini. Saya sempet googling cari tempat kursus menjahit, dan akhirnya saya memutuskan kursus di Arva school of fashion. Kenapa??

Pertimbangan saya adalah jaraknya paling deket dari rumah saya hahahahaha, plusnya lagi dia sudah cukup punya nama di dunia perfashionan. Meski biaya kursusnya diatas rata-rata (baca:mahal). Tapi yah sudlah....yang penting itu tempat terjangkau, karena jarak ini sering jadi masalah dikemudian hari karena alasan jauh dan males hehehe.

image by me

Program yang saya ikutin adalah Easy Sewing, seminggu sekali selama 7 bulan, sekali pertemuan 3 jam. Memang sih disana siswanya banyak yang chinese, apa dunia fashion memang lebih banyak diminati mereka ya. Eh tapi ada juga kok mbak-mbak jawa kayak saya disana beberapa hahahahahha. Dan ada cowoknya juga lhooo....tapi yaaa gitu deh...hihihihi mas-mas kalem nan mendayu-dayu tapi mereka biasanya karyanya lebih top markotop.

Kursus-kursus macam beginian ini menyenangkan suasananya, karena tidak formal. Harusnya pas sekolah dulu suasananya kayak begini ya, biar saya gampang nyantol xixixixi. Ayo sapa yang ingin gabung kursus di Arva....?? yukkkk langsung aja daptar, nti temennya banyak lhoooo...asikkk lagi.

Masalah pada mesin obras : Jahitan tidak menganyam, lompat-lompat dan jarang

Hobi menjahit?? pasti akrab dengan masalah mesin jahit dan obras. Tapi kali ini saya tetep bahas tutorial mesin obras ya hehehheeheh.Dulu sih saya sempet bertanya tentang memasang benang pada mesin obras tapi akhirnya saya trial and error dan sampai akhirnya saya sukses memasang benang pada mesin obras merk butterfly. Bagi yang ingin tahu step by step cara memasang benang pada mesin obras bisa di cek di postingan saya berlabel belajar menjahit.


Kemarin tuh saya ada kejadian mesin obras saya berubah suara dan suka lompat-lompat jahitannya. Biasanya dikencengin pengatur ketegangan benang udah beres, eh ternyata berlanjut terus. Akhirnya saya nyeraahhhhhh, dan panggil tukang servis mesin jahit deh. Tapi kebetulan saya juga punya mesin jahit portable merk Yamata yang sedang bermasalah karena jarum natap-natap terus dan segala trial and error tidak berhasil, nyerahhh!! hehehheheh. Jadi sekalian aja deh saya minta servis mesin-mesin jahit saya juga mesin obrasnya.

Saya jelasin sekalian disini deh ya tentang masalah pada mesin jahit. Kalau kejadian mesin jahit portable natap-natap itu salah satunya jarum kurang pas posisinya, bisa kurang naik dikit atau juga salah tata letaknya. Nah kalau dua alasan diatas tidak ada maka masalahnya sama seperti mesin jahit portable saya, mesin jahit saya tidak bermasalah pada tata letak jarumnya, ternyata part-partnya pada aus mungkin karena belum pernah disetel ulang waktu pembelian, jadi masih made in pabrik gituuuhh. Jadinya sama tukang servisnya di bongkar dan diurutin satu-satu dan di atur posisinya dan juga tidak lupa diminyakin. Dannnnn....done! masalah berbulan-bulan selesai hehehhehe.

Nah sekarang lanjut cerita mesin obrasnya ya. Pertama saya tidak menyadari kalau mesin obras saya bermasalah dengan part-part didalamnya. Saya minta tolong awalnya pada tukang servis itu karena benang mesin obras saya sering putus dan lompat-lompat. Seperti digambar ini:
image by me
 Setelah ditelusuri, benang dan tata benang saya sudah bener. Trus dibuka bagian tutup sebelah kiri itu ternyata ada bagian besi yang suka anjlok dan berubah posisi kalau dipakai. Seperti di bagian ini :
image by me

image by me


Nah solusinya adalah itu semua baut yang ada dibagian itu harus dikencengin, karena mesin obras yang 'normal' adalah harus dalam kondisi kenceng disemua bagian besi-besinya. Karena jika ada salah satu saja yang kendur bisa berefek di hasil jahitan obrasnya. Tapi yang paling terlihat dulu sih suara dari mesin obras tersebut, terdengar keras dan menghantam-hantam seperti tidak pada tempatnya. Jadi para penghobi menjahit kupingnya harus peka ya, jangan kayak saya hahahahha. Karena diawalnya saya anggap biasa dan bukan masalah.

Bukan masalah yang besar jika jahitan tidak menganyam ataupun lompat-lompat, jadi jangan panik duluan ya. Setelah semua bagian yang saya ceritakan diatas udah di cek pasti langsung bisa kok mesin obrasnya. Jangan buru-buru panggil tukang servis ya...sayang duitnya heheheh. Dan sekarang mesin obras saya hasilnya seperti semula lagi anyamannya, rapi, bagusss....dan suara mesinnya juga halus dan tidak menghentak-hentak hehehhhee.
image by me


Kursus knitting di Double crochet

Saya mulai ikut kursus-kursus lho....sebelumnya juga  pernah ikut kursus bikin kue di Tristar juga, saat ini saya lagi ikut kursus knitting yang memakai jarum breien itu lho. Yap!! Saya mulai 24 mei 2013 kemarin ikut kursus ini di Double crochet yang berada di Plaza Surabaya (Delta Plaza). Karena saya dari dulu memang suka dengan kerajinan tangan dan sering banget lihat perempuan-perempuan kursus knitting dll kalo lagi ngemall di plaza ini. Kenapa saya memilih kursus ini? kenapa gak belajar lewat google dan youtube saja?. Jawabannya adalah karena saya seneng kalau punya teman sehobi, jadinya gak angin-anginan kayak biasanya hehehhehe.

image by me

Saya ambil kursus breien paket 20 jam, hari dan waktu terserah kita asal pas 20jam saja kata mbaknya. Asik kok kursus disana, selain tempatnya di mall, kita juga dikelilingi benang-benang dan pola-pola kerajinan benang lainnya. Jadinya atmosfir dan suasananya dapet dan mendukung banget.

Seneng juga karena diajarin secara private sama mbak-mbak  penjaga toko benang double crochet yang ramah dan rame. Di double crochet ini juga koleksi benangnya lengkap, benang sembu juga ada, dmc, alat-alat knitting dan juga pola-pola sulam dll buanyakkkkk. Selain itu karena di mall, jadinya super dingin hahahahhahahha. Saya biasanya gak tahan kalau dirumah menjahit tanpa AC. Sampai-sampai mesin jahit saya semua yang 3 buah itu masuk ke dalam kamar saya, untung kamar saya ukurannya gede buanget jadi makblenggg masuk semua. hehehheheh

image by  me


Apa ada temen-temen di Surabaya yang ingin kursus di Double crochet plaza surabaya?. Nih saya kasih bocoran biayanya (Harga per Mei 2013):

Kursus dasar:
- 1x3 jam Rp. 48.000,- (1 gulung benang katun bali polos, 1 hook tulip steanlis 3/4)
- 1x3 jam Rp. 30.000,- (dasar)
- 1x3 jam Rp. 40.000,- (lanjutan)

Kursus dasar Tatting dan Makrame:
Rp. 110.000,- ( paket 5 x3 jam, max 3 bulan, bonus 1x3 jam  belajar crochet/knitting)

Kursus Knitting/Crochet:
 1x3 jam Rp. 20.000,- ( khusus hari minggu pkl. 13.00 - 16.00)

Paket komplit Crochet/Haken
Rp. 205.000,- (10x 2 jam , 2 gulung benang katun polos, 1 hook tulip 3/0 4/0, buku copy crochet)

Paket komplit Knitting/Breien
Rp. 225.000,= ( 10x2 jam, 2 gulung benang knitting, 1 pasang jarum breien bambu)




 
'/>