Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Senin, 10 Juni 2013

Masalah pada mesin obras : Jahitan tidak menganyam, lompat-lompat dan jarang

Hobi menjahit?? pasti akrab dengan masalah mesin jahit dan obras. Tapi kali ini saya tetep bahas tutorial mesin obras ya hehehheeheh.Dulu sih saya sempet bertanya tentang memasang benang pada mesin obras tapi akhirnya saya trial and error dan sampai akhirnya saya sukses memasang benang pada mesin obras merk butterfly. Bagi yang ingin tahu step by step cara memasang benang pada mesin obras bisa di cek di postingan saya berlabel belajar menjahit.


Kemarin tuh saya ada kejadian mesin obras saya berubah suara dan suka lompat-lompat jahitannya. Biasanya dikencengin pengatur ketegangan benang udah beres, eh ternyata berlanjut terus. Akhirnya saya nyeraahhhhhh, dan panggil tukang servis mesin jahit deh. Tapi kebetulan saya juga punya mesin jahit portable merk Yamata yang sedang bermasalah karena jarum natap-natap terus dan segala trial and error tidak berhasil, nyerahhh!! hehehheheh. Jadi sekalian aja deh saya minta servis mesin-mesin jahit saya juga mesin obrasnya.

Saya jelasin sekalian disini deh ya tentang masalah pada mesin jahit. Kalau kejadian mesin jahit portable natap-natap itu salah satunya jarum kurang pas posisinya, bisa kurang naik dikit atau juga salah tata letaknya. Nah kalau dua alasan diatas tidak ada maka masalahnya sama seperti mesin jahit portable saya, mesin jahit saya tidak bermasalah pada tata letak jarumnya, ternyata part-partnya pada aus mungkin karena belum pernah disetel ulang waktu pembelian, jadi masih made in pabrik gituuuhh. Jadinya sama tukang servisnya di bongkar dan diurutin satu-satu dan di atur posisinya dan juga tidak lupa diminyakin. Dannnnn....done! masalah berbulan-bulan selesai hehehhehe.

Nah sekarang lanjut cerita mesin obrasnya ya. Pertama saya tidak menyadari kalau mesin obras saya bermasalah dengan part-part didalamnya. Saya minta tolong awalnya pada tukang servis itu karena benang mesin obras saya sering putus dan lompat-lompat. Seperti digambar ini:

image by me
 Setelah ditelusuri, benang dan tata benang saya sudah bener. Trus dibuka bagian tutup sebelah kiri itu ternyata ada bagian besi yang suka anjlok dan berubah posisi kalau dipakai. Seperti di bagian ini :
image by me

image by me


Nah solusinya adalah itu semua baut yang ada dibagian itu harus dikencengin, karena mesin obras yang 'normal' adalah harus dalam kondisi kenceng disemua bagian besi-besinya. Karena jika ada salah satu saja yang kendur bisa berefek di hasil jahitan obrasnya. Tapi yang paling terlihat dulu sih suara dari mesin obras tersebut, terdengar keras dan menghantam-hantam seperti tidak pada tempatnya. Jadi para penghobi menjahit kupingnya harus peka ya, jangan kayak saya hahahahha. Karena diawalnya saya anggap biasa dan bukan masalah.

Bukan masalah yang besar jika jahitan tidak menganyam ataupun lompat-lompat, jadi jangan panik duluan ya. Setelah semua bagian yang saya ceritakan diatas udah di cek pasti langsung bisa kok mesin obrasnya. Jangan buru-buru panggil tukang servis ya...sayang duitnya heheheh. Dan sekarang mesin obras saya hasilnya seperti semula lagi anyamannya, rapi, bagusss....dan suara mesinnya juga halus dan tidak menghentak-hentak hehehhhee.
image by me


 
'/>