Video tutorial sepatu jahit dari Singer

Tutorial tentang penggunaan mesin jahit dan sepatunya memang sering masih membingungkan jika hanya baca manual book. Kadang sudah di demokan penjualnya sampai rumah udah lupa lagi. Bersyukur Singer sewing company membuat tutorial dan demo di Youtube untuk memudahkan pemakai-pemakai mesin jahitnya.

Sayapun waktu terakhir membeli mesin jahit yang kebetulan beli Singer Heavy duty 4423, juga beli 1 set sepatu jahitnya. Dan belum semua saya pakai karena keterbatasan kebutuhannya dan ada juga yang belum tau penggunaannya. Ini penampakan foto sepatu jahit Singer saya.

image by me
Video tutorial berikut yang saya copy dari link Singer di Youtube merupakan tutorial untuk penggunaan sewing foot atau sepatu-sepatu aplikasi yang dimiliki Singer. Semua video credit to Singer sewing company and Youtube. Mohon ijinnya untuk berbagi yah. Selamat menyimak ya.

1. All-Purpose Foot
Sepatu jahit ini secara umum yang dimiliki mesin jahit Singer, diantaranya sepatu All-Purpose foot, Zipper Foot, Blind Hem Foot, Button jahit Foot, penjerumat & Bordir Foot, Open Toe Foot, Ujung-Bergabung Foot, Pintuck Foot dll.


2. Rolled Hem Presser Foot  
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit hem/kelim yang sangat kecil dan memberikan finishing jahitan yang tampak profesional daripada harus di neci. Dikenal juga sebagai krill atau jahit kecil, biasanya untuk finishing rok, baju ataupun jilbab.
3. Gathering Foot  
Sepatu jahit ini digunakan untuk membuat kerutan instan pada kain. Bisa untuk satu lembar kain atau juga 2 lembar kain dijahit kerut secara bersamaan.

4. Darning & freehand embroidery Foot 
Sepatu jahit ini digunakan untuk memperbaiki lubang pada kain (tisik) tapi juga bisa digunakan untuk membordir free motion, stipple (jahitan kecil-kecil/basting) quilting.
5. Cording Foot
Sepatu jahit ini adalah sepatu jahit aplikasi yang fungsinya membuat aplikasi jahit yang bisa timbul (embellishment).
6. Zipper Foot
Sepatu jahit ini kadang disebut sepatu jahit sebelah. Digunakan untuk memasang zippers/risleuting, akan tetapi bisa juga digunakan untuk membuat dan menjahit piping atau juga untuk menjahit tindas permukaan yang bulk (permukaan tidak rata/tebal dipinggir).
7. Invisible zipper Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit risleting jepang (invisible zipper) pada baju maupun aplikasi lain.

8. 1 (one)-Step Mechanical Buttonhole Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut sepatu lubang kancing satu langkah. Gunanya untuk membuat lubang kancing baju dengan satu langkah.


9. Button Sewing Presser Foot
Sepatu jahit untuk memasang kancing baju.  Untuk memakai sepatu ini feed dog mesin harus diturunkan atau bisa ditutup dengan plate bawaan dari mesin jahit.


10. Flower Stitch Presser Foot
Sepatu jahit aplikasi yang digunakan untuk berbagai macam tusuk hias yang berbentuk bunga dll.
11. Side Cutter Presser Foot
Sepatu jahit yang berfungsi sebagai sepatu semi obras yang ada pisau potongnya seperti pada mesin obras (serger).

12. Overcast Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit semi obras pada mesin jahit. Dengan memakai sepatu jahit ini kita bisa menjahit semi obras tanpa membuat sisi kain yang diobras mengeluntung (menggulung). Dengan menggunakan pilihan stitch zig zag, dan membesarkan ukuran "Length" pada mesin jahit maka kita sudah bisa menggunakan sepatu ini sebagai pengganti mesin obras.

13. Edge Joining Presser Foot
Sepatu jahit ini  digunakan untuk menjahit aplikasi pada dua motif kain agar mendapatkan sisi kiri kanan yang sesuai karena batas tengah ada pada sepatu jahit ini.

14. Quarter Inch Presser Foot
Sepatu jahit ini  digunakan untuk memberi batas jahitan kampuh agar lurus dan sama dari ujung hingga pangkal jahitan saat menjahit.

15. Straight Stitch Wide Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut sepatu 1/4", digunakan untuk menjahit bahan yang sangat ringan, tipis atau kain licin dengan batas kampuh lebar.

16. Straight Stitch Narrow Presser Foot
 Sepatu jahit ini juga disebut sepatu 1/4", digunakan untuk menjahit bahan yang sangat ringan, tipis atau kain licin dengan batas kampuh kecil.

17. Pintuck Presser Foot
Sepatu jahit ini biasanya digunakan untuk jarum jahit kembar (twin needle) danbiasanya untuk menjahit aplikasi dan jahitan-jahitan cantik lainnya. Bisa juga ditambahkan pita atau tali kecil didalam jahitan untuk menghasilkan efek bertexture.


18. Roller Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit bahan-bahan tebal dan bahan bertexture seperti kulit dan vynil.

19. Ruffler Attachment Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit kerut dan lipit (pleat) dengan jarak sama dan sempurna.


20. Even Feed Presser Foot
Sepatu jahit ini juga disebut walking foot, sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit bahan bervolume dan berlapis seperti menjahit selimut, menjahit quilting dll.

21. Fringe Presser Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk membuat jahitan aplikasi dengan menambah texture dan permukaan seperti ditempel bulu-bulu.

22. Parallel Stitch Presser Foot
Sepatu jahit ini termasuk sepatu untuk membuat aplikasi cantik pada kain dan memberi jarak secara presisi pada kiri dan kanan jahitan karena terdapat grid pada sepatunya.

23. Satin Stitch Presser Foot
Sepatu jahit untuk menjahit applique dan special purpose, digunakan untuk menjahit dengan stikan tebal dan padat.

24. Circular Stitch Foot
Sepatu jahit ini digunakan untuk menjahit jahitan dalam bentuk melingkar hingga diameter 4 inci. 

25. Blind Hem Presser Foot
Sepatu jahit ini untuk menjahit kelim dengan mengambil satu serat dengan tusuk feston, biasanya untuk kelim bawah rok/celana. 

26. All Purpose Clear Lock Presser Foot 
Sepatu jahit dengan permukaan transparant untuk menjahit berbagai jenis kain dan kebutuhan. 
 

6 komentar:

  1. dari setahun yang lalu saya sukaaaa banget visit blog ini, mungkin karena kasih informasinya selalu lengkap dan detil, termasuk detil curhatan sing duwe blog yg bikin ketawa-ketawa sendiri pas bacanya...i think this blog so original and really represent your completely signature (halah kemelipen bosone...wkwkwk) saya baru belajar ngeblog mb (selama ini kemana aja ya), jujur blog speyn jd jujukan saya for start, very appreciate kalau jeng anna bs kasih tips2 nya bikin blog yg eye cathing tanpa kelihatan berlebihan. thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Baity...seneng ada yang suka baca2 blogku.

      Hapus
  2. Aku baru beli sepatu mesin jahit Singer 15 set, bagaimana cara menggunakan sepatu itu dimesin jahit janome? Bingung sepatunya nga ada lubang bautnya.. tolong bimbingannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Nani, biasanya untuk mengganti sepatu mesin jahit cukup di tempelkan saja di snap on (leher sepatu jahit)nya. Tidak perlu buka tutup baut kok.

      Ayok dicoba lagi pasangnya.

      Hapus
  3. Mau tanya, misalnya aju mau jahir nrokat ngaret bagusnya pake sepatu apa yah sis dan settingannya ke nomor berapa? Soalnya tadi ga bisa" jahit brokat. Tq sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai jarum ukuran 9 dan sepatu apapun bisa sih...atau kalo kurang yakin bs pakai sepatu plastik/teflon.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>