New gear : Mesin high speed "Typical"

Mesin high speed merk Typical atau mesin dengan dinamo sangat cepat ini sebetulnya sudah saya pengenin sejak mulai bikin bedcover. Beberapa waktu yang lalu kan saya sempet berburu tempat membeli dakron lembaran di Surabaya, nah disitu dakronnya saya buat menjadi bedcover. Setelah dijahit, ternyata mesin jahit saya enggak mampu rupanya. Untuk membuat jahitan quilting free motion pun enggak bisa.

Mesin jahit saya ngadat dan tidak bisa jalan karena bahan terlalu tebal, dan sepertinya hanya bisa dilakukan menggunakan mesin  jahit high speed. Mesin high speed ini memang punya banyak kelebihan selain dinamonya yang besar dan speednya yang cepat. Yaitu bisa untuk menjahit bahan tebal seperti terpal, kulit, selimut dll. Untuk pemula dalam hal jahit menjahit sangat tidak disarankan, karena memang speednya sangat cepat sekali.

Mesin jahit ini biasanya digunakan untuk industri konveksi, karena memang rata-rata konveksi bergerak pada mass product yang membutuhkan waktu sangat cepat guna memenuhi kebutuhan pasar. Saat awal saya kursus di Arva pun disana hanya tersedia mesin jahit high speed, untuk pemula ini sangat menyulitkan karena boro-boro bisa jahit, mungkin juga baru pertama kali megang mesin jahit. Boro-boro bisa jahit lurus, nginjek dinamo aja bisa meluncur bebas dengan cepatnya hihihii *pengalaman pribadi*.

Sebelum saya membeli mesin jahit high speed merk Typical ini saya googling di internet dan juga browsing di pasar. Pertama saya sih sebar status kegalauan di FB, dan seperti biasa deh saya selalu punya solusi dan mendatangi tempat-tempat yang disarankan beberapa teman FB saya. Salah satunya ke pusat mesin jahit bekas di dalam pasar turi lama yang dulu kebakaran itulhoo. Nah di depan pas kantor Damkar (pemadam kebakaran) disitu ada los mesin jahit bekas, mulai mesin jahit klasik, portable dan juga highspeed lengkap, tentunya juga harganya sangat miring sekaleeeeeee. Kondisi mesin jahitnya pun masih bagus, soalnya mereka rata-rata mereka tidak hanya jualan tapi juga para teknisi mesin jahit.

Selain mengecek barang dan harga di pasar turi, saya juga ke toko mesin jahit  di Jl, bubutan, namanya New Patinda. Disitu saya sempet 2x berkunjung dan akhirnya memutuskan membelinya. Saat di toko mesin jahit bekas di pasar turi saya mendapat harga antara Rp. 1.800.000 - Rp. 1.500.000 , nah di New Patinda untuk harga baru mesin dengan brand yang sama "Typical" harganya Rp. 2.250.000. Yah, saya kan enggak terlalu ngerti soal mesin, saya hanya tau soal pemakaian dan fungsi, so daripada saya bermasalah dengan mesin jahit bekas, saya memilih beli baru saja. Kebetulan first impressionnya bagus ini toko dan juga pegawainya, so makin menguatkan hati untuk beli.



Sebenernya pilihan saya adalah antara 1 brand: Juki dan Typical., dan saya lebih menyukai merk Juki, tapi Juki harganya ajegile untuk pemula dalam hal menjahit menggunakan mesin jahit high speed ini. Soalnya saya sering llihat penjahit-penjahit memakai merk Juki sih ya. Saya pun disarankan oleh pegawai tokonya memilih brand "Typical" saja dengan kualitas yang sama. Setelah saya beli dan coba di rumah memang alus banget dinamonya meski besar gitu, plus saya saat perakitan di toko pun mengganti poli dinamonya dengan ukuran yang lebih kecil agar speednya agak turun dikit, maklum deh saya pemula heheheh.

Dan akhirnya ini deh hasil perburuan saya yang mikirnya berpuluh-puluh kali dan Alhamdulillah di support sangat oleh suami untuk pendanaan......thanks a lot my hubby *muaaaacchhhh* !!. Seneng deh, nanti bisa jahit-jahit selimut dan pet bed yang bisa dijual :D.

14 komentar:

  1. assalamualaikum..... saya mau tanya untuk mesin jahit yg bisa buat jahit bahan jersey n spandek itu
    pake mesin apa ya, soalnya mesin janome
    kecil benangnya gak nyangkut, makasih info-
    nya Bu….

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Ariani...setau saya kalo bahan2 melar dan kaos itu kalo jahit tensionnya di gedein...misal biasanya 2...nah ini diset ke 3. Tapi ada juga caranya yaitu menyetel sesuatu yg tau biasanya teknisi mesin jahit. jadi mesin jahit kita di ganti spare part seperti besi L gitu agar mesin jahit biasapun bisa dibuat jahit bahan kaos/stretc. Cuma saya belum pernah melakukannya sih utk mesin jahit saya. Tapi biasanya kalo saya jahit kaos2 gitu saya obras dulu baru saya jahit dengan setelan tension 3. Semoga membantu yah mbak penjelasan saya :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah, makasih banyak ya mba udah jawab pertanyaan ku.... :-)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum...mb aku juga mo beli highspeed.brp hrgany yg baru n pa nama tokony

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalikumsalam mbak Agsha, nama tokonya New Patinda Jl.bubutan Surabaya (deket dengan lampu merah jl pahlawan). Waktu saya beli mesin jahit ini harganya 2.250.000...mungkin bisa lebih murah kalo pinter nawarnya heheheh.

      Hapus
  4. Haiii.Mbak Ann...akhirnya ketemu juga blogmu..😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihii...mbak Jeanny......jadi malu ^_^

      Hapus
  5. pulli standartnya ukuran berapa mba?terus sekarang di ganti yg ukuran diameter berapa?punya saya diameter 90..kenceng banget pengen di turunin jg biar ga nyelonong trs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. poli dinamo standart bawaan mesin jahitnya 80mm mas/mbak...nah aku ganti ke ukuran 2 step kebawahnya...kecil banget. Tapi gak ada tulisannya brp mm jadi aku gak bs bilang deh ukurannya. pokoknya 2 ukuran di bawah 80mm..sepertinya 50mm *kayaknya sih*

      Hapus
  6. Hai mbak Anna. Kalo pake singer 8280 bisa nggak ya buat jahit bed cover? Masih ragu mau pake itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi gak maksimal mbak hasilnya, kalau jahit bedcover harus didukung dengan sepatu walking foot. Itu buat bahan bervolume dan tebal biar saat njahit bisa tetep jalan jarumnya.

      Hapus
  7. Hai mba anna...mesin jahit saya juga typical..permasalahan dimesin jahit saya..kok tegangan benang atas dan bawahnya ga selaras ya? Tension yang biasa mba pakai dan berapakah nomer tegangan benang diatas yang biasa mba pakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tension saya pakai angka 2 mbak trus jarak jahitan di angka 3

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>