Grading pola busana

Grading pola itu adalah menjiplak design pola baju dengan menyesuaikan ukurannya ataupun merubah ukurannya. Emmmm saya tidak paham juga maksudnya, pokoknya tuh kita di kasih pola baju trus kita blat (contek) setelah itu kita sesuaikan ukurannya dengan yang kita mau. Jadi kalo kekecilan yah di besarkan begitupun sebaliknya.

Nah pertengahan januari 2014 yang lalu kan kursus level pertama saya berakhir, dan akhir januari saya mendaftarkan kembali di Arva school of fashion untuk mengikuti kursus level kedua. Saya sudah kadung kerasan kursus di Arva karena cocok dengan tempat dan stafnya yang sangat ramah juga temen-temen yang mengasikkan, yah meski ditiap kelasnya saya selalu jadi pribumi sendirian hihiihhi #noproblem.

Dan di awal kursus level kedua itu deh berasa juga levelnya naik dengan masalah-masalah jahit menjahitpun pada naik level ...beneran deh baru berasa kalo lagi belajar hal baru yang bener-bener baru. Grading ini menurut saya malah menyita waktu dibanding bikin pola sendiri. Karena yah itu deh pola jadi kita ukur per bagian dan kita hitung hitungin juga tiap centi tergantung pola mau di gedein ataupun dikecilkan. Stress beneran sayaaa!! Bikin pola sederhana paling satu kali pertemuan kursus selesai, nah ini saya hinggan 2x pertemuan kursus masih bingung dan berasa kurang sreg nge-grading polanya.

Grading sebenernya lebih sering diperlukan untuk keperluan produksi massal (konveksi), untuk usaha konveksi teknik grading pola ini mempercepat pekerjaan. Karena satu pola dan satu model baju bisa untuk banyak size. Yah semoga bisa memahami apa yang saya maksud dengan penjelasan tentang grading ini. Saya kalo kurang suka dengan sesuatu susah mengingatnya hahahahaha #alesaaannnn.

Ada juga pengertian grading yang saya kutip dari beberapa sumber :

►Grading Pola

Dalam produksi masal juga dikenal grading pola.

Grading pola memungkinkan anda membuat baju dengan desain sama dengan ukuran berbeda.

Grading pola hanya diterapkan pada pola standar.

Keterampilan dan keterampilan menggrading pola jarang dimiliki kecuali oleh mereka yang berkecimpung di bidang pattern making untuk industry. (mignonesiaboutique.blogspot.com)

Grading dalam Industri Busana

       Ada yang tau Grading dalam busana itu apa..?? sebenernya saya juga mesih kurang tau pengertian yang sebenarnya itu apa :D. Kata Grading berasal dari bahasa Inggris yaitu Grade yang artinya tingkatan. Dari kata itu dapat saya simpulkan bahwa grading dalam busana itu artinya membuat tingkatan ukuran pola busana yaitu ukuran S, M, L dan XL baik secara manual ataupun dengan komputer dan yang dapat di Grading yaitu rok, celana, blus dan sebagainya. Grading ini sering digunakan dalam industri garmen atau konfeksi yang membutuhkan waktu yang singkat untuk mendapat hasil yang banyak.
        Adapun manfaat dari Grading bagi industri busana yaitu:
  1. Menyingkat waktu pembuatan pola.
  2. Dapat mendapatkan ukuran yang sesuai dengan keinginan dari pola baku yang ada.
  3. Dapat memproduksi busana minimal 3 ukur (nurlailafitriana.blogspot.com)
Yah begitulah kira-kira pengertian dari grading pola busana. Saat itu saya tugasnya sih nge-grading pola jaket/blazer untuk keperluan industri konveksi (jika diperlukan). Pola yang akan di grading adalah size M, dan harus saya sesuaikan dengan size badan saya yang kira-kira XXL gitu deh....kebayang kan yah seberapa banyak saya menambahkan centimeter di sekeliling pola hhhihiihih. Beda dengan temen-temen sekelas saya yang rata-rata ukuran badannya S dan M, maklum deh asia banget (baca:chinesse) #noRasis. Kadang saya suka senyum sendiri kalo membandingkan pola dan baju saya dengan temen-temen kursus saat sudah selesai dijahit, alaaamaaaaak bisa separo baju saya ukuran mereka ...ceking bangettttttt!! hahahahah

Begini deh kira-kira pelajaran grading menurut yang diajarkan ditempat kursus saya :).

grading pola (membesarkan)

layout kain

tulisan bu guru hihihiih

6 komentar:

  1. membuat pola ternyata sulit banget ya kak?
    tak semudah kelihatannya, harus belajar banyak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit banget mbak....practice makes perfect, meskipun saya sendiri belum apal2 juga rumusnya, sampe skrg masih ttp buka buku pola hihiihi

      Hapus
  2. Terimakasih sharing ilmunya.. Bagi anda yang ingin belajar menjahit dengan pola siap pakai, bisa memperoleh polanya di Fitinline..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tambahan sharing ilmunya mbak Dwi ...salam kenal ^_^

      Hapus
    2. sama-sama mba.. salam kenal balik..

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>