Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Sabtu, 25 Januari 2014

Resep pastel tutup

Pastel tutup pertama kali saya makan saat diberi oleh ibu mertua saya beberapa tahun yang lalu dan langsung suka dan ketagihan. Mungkin karena pertama kali nyobanya pastel tutup merk Bon Ami kali yah hahahahaha. Jadi kadang saya berburu ke Bon Ami yang kebetulan dekat rumah, tapi kalo agak siang dikit selalu habis dan mereka enggak ngebaking lagi #doh.

Setelah itu saya kalau lagi jalan-jalan ke Pasar Atum kan disana banyak sekali stand makanan ringan yang disamping Pasar Atum lama tuh. Nah saya selalu beli disitu tapi entah kenapa rasanya beda banget, kurang sreg di lidah...msg sangat menyolok. Pernah juga saya beli online via bb, tapi salah kurirnya pastup saya pada ancur berbaur dengan kemasannya #doh.

Akhirnya saya nyari-nyari resep dan kemarin mempraktekkannya dirumah. Trial pertama saya rasanya pas namun kurang berkuah selebihnya makanable hehehhehheheh. Pokoknya gak failed-failed banget deh, cuma saya lupa membeli krim susu untuk kuahnya seperti pastel tutup buatan Bon Ami  :).

Berikut resep pastel tutup yang saya googling dan udah saya coba sendiri resepnya dan sedikit modifikasi:

Bahan kulit:
- Kentang, kukus dan hancurkan
- Susu bubuk 2 sdm
- Garam 1 sdt
- Pala bubuk 1 sdt

Bahan isian:
- Wortel, iris kotak-kotak kecil
- Suun secukupnya (jangan terlalu banyak), rendam dengan air panas
- Kacang polong kalengan
- Dada ayam, rebus lalu potong kotak kecil-kecil
- Brokoli
- Telur puyuh, rebus dan belah 2

Bumbu isian:
- Bawang putih, cincang kasar
- Merica bubuk 1 sdt
- Garam 1 sdt
- Kaldu ayam 300ml
- Bawang pre, iris halus
- Bawang bombay, iris halus

Cara membuat:
- Campur semua bahan kulit, lalu sisihkan
- Tumis semua bumbu hingga harum lalu masukkan semua bahan isian, aetelah agak layu tambahkan air kaldu, masak hingga air berkurang
- Setelah air berkurang bisa ditambahkan krim susu masak hingga mendidih, lalu angkat

Persiapan memanggang:
- Siapan wadah tahan panas atau juga bisa cup berlapis aluminium foil yang bisa didapatkan di toko bahan kue
- Susun isian hingga 1/3 cup setelah itu tambahkan irisan telur puyuh, lalu tambahkan adonan kentang diatasnya untuk menutupnya
- Lalu panggang dengan oven panas 5 menit lalu keluarkan,, setelah itu oles permukaan atas dengan kuning telur
- Panggang kembali kurang lebiih 15 menit, setelah matang dan warna agak kecoklatan, pastel tutup bisa diangkat dan siap dimakan

image by me : ini yang kegosongan hahahhha


Selamat mencoba yah....  kurang jelas?bisa kontak saya yah ;)

0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>