Tips : Ngebor tembok itu mudah

Ngebor tembok itu mudah!. Beberapa hari yang lalu saya nyoba belajar ngebor tembok. Eh lebih tepatnya terpaksa belajar ngebor ding. Jadi ceritanya saya pengen pasang gantungan baju stainless di kamar mandi. Nah tembok kamar mandi saya kan full keramik sampai atas, mau tidak mau harus ngebor tembok. Karena dipaku pun tidak bisa.

Saya minta tolong suamipun cuma dijanjikan tar sok tar sok (baca: bentar, besok). Sampai hari ke-3 pun tidak juga dipasang gantungan bajunya stress pengen bunuh diri #lebay. Padahal memang suami saya lagi sibuk anter sepupu daftar kuliah di sana sini hingga berhari-hari. Akhirnya saat suami saya tidak ada dirumah, saya beranikan diri memegang alat bor. Dari pada nunggu suami saya kelamaan. Kesan pertama: Kok berat?? Kok serem amat ada jarum diujungnya?? Kok pake listrik?? haduhhh. Segala macam perasaan lebay muncul, karena pada dasarnya saya takut banget dengan hal yang berhubungan dengan listrik.

Tips juga nih buat temen-temen yang pengen belajar ngebor tembok sendiri seperti saya.*sok bikin tips*.

1. Pertama kenali alat bor nya dulu, bisa di perhatikan, dipegang-pegang, pokoknya bikin chemistry dulu sama alat bornya biar kita merasa bisa mengendalilkan alat tersebut.

2. Coba mencet tombol power tanpa aliran listrik biar gak kaget sama suaranya. Bayangkan saja sedang main tembak-tembak an, karena alat bor tidak berbeda bentuk dengan pistol mainan hehehhehe.

3. Mencoba ngebor pada kayu, karena menurut saya kayu jauh lebih lunak dibanding tembok / dinding.

4. Mulailah mengembor tembok / dinding beneran. Caranya buat titik dengan pensil pada bagian dinding yang ingin di bor.

5. Setelah itu tandai dengan membuat titik (sedikit lubang) dengan paku, karena menurut saya mata bor akan terus menggelinding jika dia tidak menemukan titik pusat bertumpu (khusus newbie yah), kalo sudah ahli hal ini mungkin tidak seberapa perlu.

image by me


6. Mengeborlah dengan rileks, arah tangan lurus dan agak sedikit menekan mesin bor. Karena saat saya hanya sebatas menempelkan mata bor pada dinding, yang saya dapat lubang tidak bertambah dalam hanya segitu-gitunya.

7. Ukuran dalamnya lubang biasanya berdasarkan ukuran fishernya (fisher itu biasanya terbuat dari bahan plastik dan gunanya untuk 'memegang' sekrup yang menempel ke dinding) *sok tau banget saya* xixixixixi.

8. Kalau saya kemarin pas ngebor sih hampir setengah dari mata bor saya masuk ketembok. Setelah selesai ngebor dinding masukan fisher lalu tempel gantungan baju lalu sekrup dan kencangkan dengan obeng yang sesuai.

Dan inilah hasil ngebor saya hehehhe. Rapih bukan????
image by me



Tips ngebor tembok diatas berguna gak yah kira-kira ??? Oh ya jangan lupa mata bor, fisher dan sekrup harap disesuaikan ya ukurannya. Kalau tidak, nanti biasa kekecilan atau juga kebesaran lubangnya.

Setelah baca tips ngebor tembok ala saya, ngebor itu tidak susah lagi bukan??? *ke-PD-an*. Padahal kemarin saya sampai berkeringat waktu ngebor, antara takut listrik dan juga takut ambrol dindingnya hahahhahaha.

15 komentar:

  1. wah super woman nih.....nambahin donk..kalo ngebor jangan pake sarung tangan katun/kain ya, bahaya kalo sarung tangannya kesangkut mata bor tangannya ntar malah kepelintir.
    ya sapa tau aja ada yang maksud biar tangan ga kotor gitu..#safetyfirst

    BalasHapus
  2. klo tembok na ga ada beton emang enak sih! alamat lancar jaya, klo ada beton itu yang ngeri, takut mata bor na patah ^^, soalnya pakai paku biasa yang paku beton aja bisa patah atau bengkok ~

    BalasHapus
  3. @aprie ehhhh kok bisa yah? baru tau...thanks masukannya mas Apriee

    @Pitshu nah iya, ituh juga salah satunya yang aku takutin, kalo patah bisa bisa lompat ke mata, karena sejajar sih, untungnya gak kenapa² heheehheheh

    BalasHapus
  4. dikhawatirkan benangnya nyangkut di mata bor trus kelilit, akibatnya tangan malah keplintir. Kalo pake bor tangan sih mending bisa lepas. Nah kalo pake bor stand yang udah paten posisinya kaya di bengkel2 itu..tangan bisa patah..
    SOP-nya sih begitu...

    BalasHapus
  5. hahaha, ambrol temboke, iso tambah larang kuwi.. tapi alhamdulillaah sukses ya, syukurlah, aku jik gung mudeng fisher.. *bukan penggemar pertukangan, kecuali terpaksa, haha*

    BalasHapus
  6. @aprie waaaaaaaaaaa seremmmm ya, dulu ada sih sodara yg jarinya putus karena pake sarung tangan di mesin bubut *gak mau bayangin*

    @ndop jo sampe ambrol wkwkwkwk, fisher itu wadahe (ada ulir didalamnya) sekrup ketembok biar makjleb gak goyah gitu

    BalasHapus
  7. Thanks banget cantik....usefull banget share infonya

    BalasHapus
  8. Saya ngebor tembok yang pertama berhasil
    pas ngebor yang ke 2 ganti mata bor dengan ayng lebih besar, eh mata bor nya bengkok jadi siku", di lurusin lagi pake tangan gampang..

    bornya masih baru, baru sekali pake, matanya yang bawaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan kondisi temboknya beda dan mata bornya tidak sesuai mas. Bisa jadi temboknya pas bagian full betok cor kan lbh keras tuh dibanding tembok biasa, dan kemungkinan mata bornya bukan yang khusus bisa nembus beton. #cmiiw

      Hapus
  9. point 5 kayaknya membantu banget buat sya yg baru mau mencoba ...#doain berhasil, moga gak pakai gemeteran...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good Luck Kakak....jangan geter2 nti temboknya banyak "luka2" hahahha

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>