Jangan ada ulat bulu diantara kita

Pokoknya Jangan ada ulat bulu diantara kita deh, seperti yang terjadi di 3 kecamatan di Probolinggo, Jatim. Saya ya kalo lihat di TV ikutan geli, masa ulat bisa jadi 'hiasan' di dinding rumah. Belum lagi ketidaknyamanan yang di rasa warga karena takut kejatuhan si ulat bulu, sampai - sampai keluar rumah harus pake payung meski gak hujan, istilahnya sekarang berubah kayaknya "Sedia payung sebelum kejatuhan ulat bulu" hehehe.

image by: image-vector.com

Bisa begitu banyak yah populasi ulat bulu yang menyerang rumah terutama pepohonan, apalagi Probolinggo kan sentra penghasil mangga terbesar di Jatim. Tentunya para petani mangga rugi besar karena daun pohon mangganya habis dibabat si ulat bulu sampai kering.Ulat bulu yang menyerang beberapa desa di kabupaten Probolinggo adalah jenis Dasychira Inclusa,sejenis ulat berbulu yang tidak gatal dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Tapi tetap saja mengganggu menurut saya :) .

Sebenarnya seberapa cepat sih populasi ulat bulu ini? seperti hujan ulat deh saya lihatnya. Penyebab terjadinya serangan jutaan ulat bulu di Probolinggo adalah akibat pengaruh anomali cuaca, ulat bulu yang harusnya sudah menjadi kupu - kupu, terhambat pertumbuhannya karena cuaca yang tidak menentu dan cenderung sering hujan. Hmmm...semoga jangan ada lagi ulat bulu diantara kita, saya dan anda ya :).

47 komentar:

  1. waduh si mbak , memang bener juga tuh mbak liatnya jadi geli dan takut, makasih infonya

    BalasHapus
  2. @penyakit asam urat geliii banget, apalagi kalo smp kejatuhan yaa...:)

    BalasHapus
  3. Anak-anak disana "ulat bulunya" di jadikan mainan baru mereka loh mbak...

    BalasHapus
  4. @lowongan kerja medan 2011 iya tuh saya lihat juga di TV, kalo saya udah ngungsi deh ke kota lain

    BalasHapus
  5. haha..wah analisisnya tajam banget,gue aja gk tau klu ulat bulu bisa terhambat jd kupu2 krn cuaca (baca=bodoh bgt)

    BalasHapus
  6. @i-one kan baca dr beberapa sumber dan berita di TV braderrr :)

    BalasHapus
  7. oh ternyata bukan ulat bulu yg bikin gatal ya...tp biar gimanapun tetep bikin geli kan hhhh..

    pasti ada hikmah di balikkejadian tersebut...
    semoga si ulat cepat berubah jadi kupu2 biar warga jadi tenang

    BalasHapus
  8. jadi gimana tu nasib ulat²nya skrng? ampe masuk ke rumah² ya?

    BalasHapus
  9. sebenernya aku juga enggan berbulu jeng :ngakak:

    BalasHapus
  10. Ya ampun,,, serem banget ya jeng sampe masuk ke rumah2 gitu.. klo gak salah aku ada pernah lihat beritanya deh ini.. >.<

    BalasHapus
  11. Betul Mbakk, jangan pernah ada ulat bl diantara sesama blogger, hahaha. Salam kenal Mbak

    BalasHapus
  12. @Zan Insurgent ada yang bikin gatal juga kayaknya, tapi saya tidak tau jenisnya hahaha. Padahal kalo jadi kupu² kan cantik....:)

    @wahyu kalo lihay di berita TV sih masih ada nempel didinding dan pohon bro

    @paank Fachrezi pasti karena bikin geli yaaa..#kagaknyambung xixi :)

    @niee iya beritanya tiap hari di TV dan koran sis :)

    @belajar dan berbagi informasi hahahhaa..entar kalo ada ulat bulunya jadi gelii...salam knal juga bro ^__^

    BalasHapus
  13. Kalo lihat ditipi aku jadi geli sendiri.
    semoga wabah ulat bulu cepat ngilang dan ngga sampe meluas ke daerah lainnya ya mbak..

    BalasHapus
  14. Ihh, aku merinding kalau lihat ulat bulu.

    BalasHapus
  15. @Itik Bali apalagi ql sampai mewabah ke Surabaya juga...ohhh nooooo

    @Zahra hehehe....merinding disko ya mbak...xixixi ^__^

    BalasHapus
  16. doh! saya juga geli. sempet liat di tivi. pake close-up pula! Brr

    semoga sodara2 kita disana segera keluar dari musibah deh..

    BalasHapus
  17. @TUKANG CoLoNG kalo saya geli kalo liyat orang kejatuhan ulat bulunya...liyat doang bisa ikutan gelinya xixixixi, termasuk saat nulis tentang ulat bulu ini .

    BalasHapus
  18. Ih, ulat...!
    Sy laki2 setua ini juga paling takut ma ulat!

    BalasHapus
  19. Wah iya, jangan sampe tuh. Bisa garuk2 terus setiap hari :p

    BalasHapus
  20. Ternyata tidak gatal ya? Kalau lihat bentuknya dg bulu2 spt itu kan biasanya gatal. Tapi untung deh kalau gak gatal. Pasti menyiksa banget jika menyebabkan gatal2... gak bakalan brenti gatalnya dengan ulat bulu sebanyak itu (yg bisa berkeliaran di dalam rumah juga).

    BalasHapus
  21. Aku punya teman kantor, yg geli banget sama ulat. Ngeliat ulat 1 aja dia bisa jerit2 histeris... apalagi kalau ulat bulu sebanyak itu, pasti deh dia gak bakalan mau pergi kemana-mana.

    BalasHapus
  22. Semoga ulat bulunya gak sampai ke daerah lain deh...

    BalasHapus
  23. Itu sih namanya manusia diserbu ulat bulu... :D

    BalasHapus
  24. Tetep wae gilo aku mbak, ojok o ulat bulu, ulet yg nempel di kangkung aja aku njerit.

    BalasHapus
  25. Aku dijamin girap2 nek neng kono jeng.

    BalasHapus
  26. wahaha iya tuh ngeri juga kalo kejadian. Katanya sih gara-gara anomali air trus peredator alami telur kupu-kupu itu pada mati jadi ulatnya netes trus kemana-mana.

    biar kata nggak gatel, tetep aja geli. hih.. *jangan sampe kejadian di kamar

    BalasHapus
  27. menggelikan. kalo ngeliat yang menggelikan gitu, otak tak sadar kita bereaksi cepat, jantung berdegup kencang. gitu kali ya kalo respon tubuh kita

    BalasHapus
  28. Paling geli deh ama ulet bulu. Palagia yg bulunya kasar2 gitu, liatnya aja udah gatel rasanya. Jd inget masa kecil kalau mainke rumah tanteku yg punya pohon alpukat di halaman mukanya, aku selalu lari dan merunduk2 sebab seringkali liat banyak ulat bulu bergelantungan dari pohon alpukat tsb.

    BalasHapus
  29. kayaknya diprobolinggo mbak ada ulat bulu....hehehehe maaf mbak baru bisa bewe

    BalasHapus
  30. @M Mursyid PW takut? hahhaha...ql saya cuma geli, blm smp ketakutan xiix

    @iam bisa mandi garam deh ql kena gatalnya ulat ^__^

    @catatan kecilku ql banyak yah bisa2 jadi penyakit ya..lha wong dimana-mana ada ulat

    @the others.... hahahha temennya pasti langsung pingsan ql tiba2 nempel sm ratusan ulat hihiihihi

    @place to study wow..stay away deh...jauh2 dr hidupku #halah hehehee..berdoa saja biar ulatnya gak punya keinginan jalan2 :P

    @jejak langkahku 'perang' ulat vz manusia donk....:)

    @BrenciA KerenS gilo sm geli beda ya mbak? huwahahahaha

    @bre pasti sama kayak aq deh, lebih baik ngungsi ke kota lain ajah yaaa

    @Insan koq bisa jadi keadilan Tuhan toh? kan smuanya makhluk Tuhan tp kan ttp punya tempat idup sendiri² harusnya

    @Gaphe ya gitu deh prosesnya kira2...*sambil bayangin ql pas tidur tiba2 ada segenk ulat jatuh*...hahahhaha ngeriiiiii

    @guru rusydi ql terlalu kencang kita bisa jadi collaps kali yah pak

    @BabyBeluga saya juga suka gak nyaman ql berada di bawah pohon apalagi setelah kjadian yg terjadi di Probolinggo...takut tiba2 nemplok aja di kepala

    @lowongan kerja medan 2011 ql saya mah di Surabaya saja :)

    BalasHapus
  31. @Arief Bayoe Sapoetra pasti ndak baca deh, tulisan diatas kan saya cerita ttg ulat bulu yang ada di Probolinggo ;)

    BalasHapus
  32. aku nonton ditipi..
    ulat bulunya keliatan ganas
    tapi ternyata bukan ulat yang gatelan ya?

    syukur deh, ga kebayang gimana kalo yang
    muncul disana tu ulat yang bikin gatel..
    kasian kan warganya..

    semoga mereka cepat bertobat.
    jadi kepompong, lalu pergi sebagai kupu2
    HayYah!

    BalasHapus
  33. Cuma melihat berita di TV aja serem banget yah

    BalasHapus
  34. @Geafry Necolsen huwahahhha kalo jadi kupu2 pasti gak ada yg mau nyemprot2 pk pestisida deh, yg ada malah di koleksi kali ^__^


    @ajengkol yg kecil dan berbulu aja bisa serem ya mbak, gimana kalo besar dan bertanduk....udah pada lariii mungkin xixixi

    BalasHapus
  35. g udah liat tuh videonya hahaha.. klo ga gatel sih gpp~ masalahnya dulu di komplek g suka ada ulet bulu yang segede telunjuk yang kalo kena dikit langsung gantal na amit2 kulit jadi merah bintik2 juga, yah sakit, perih, gatal ^^
    tapi itu dulu pas komplek rumah g disebrang na masih lom ada rumah, sekarang sih duah ga ada.. cuma ni kok parah banget yah?! ga ada yang semprotin gitu biar pada mati ?!

    BalasHapus
  36. @Pitshu kek nya udah disemprotin deh sis, tapi populasinya jutaan dan permenit, jadinya yah ada lagi ada lagi deh. Busetttt bayangin ulet yg kecil ajah gelinya minta ampun, ql segede gitu bisa lari terbirit2 euy ^_^

    BalasHapus
  37. @Jeng AnnaWew.. Jangan sampai terbirit birit dong mbak... Malu ah :D

    BalasHapus
  38. ngeri pas liat beritanya di tipi ..^^

    BalasHapus
  39. wah, enggak deh kalau ulat, gelii ....

    BalasHapus
  40. Jujur emang geli mbak kalo liatnya.. tapi alhamdulillah di kota tercinta Surabaya terhindar dari ulat bulu.. so, tidak ada ulat bulu di antara kita.. hehe.. :P

    BalasHapus
  41. @lowongan kerja medan 2011, @annosmile, @joe baru liyat ulat bulu di TV yah, gimana kalo tiba2 nongol didepan muka kita.....geliiiiiii ngeriiii lariiiiii

    @Frenavit Ojo sampe kesini mas, kan disini gak banyak persawahan moso yoh di uber2 ulat bulu, tapi sekarang meluas sampai ke Banyuwangi loh...*kata berita sih*

    BalasHapus
  42. fenomena ulat bulu bisa jadi disebabkan gangguan rantai makanan menurut saya.. predator alami ulat bulu sedang bermigrasi atau memang jumlahnya semakin sedikit..
    itu analisis saya Mba..

    BalasHapus
  43. @chelonia Mydas: oh jadi seperti itu yah, koq bisa nyebar sampai ke kota2 lain yah...apa ulat punya sayap yah hehehe..thanks dah berkunjung ke blogku sob :)

    BalasHapus
  44. Di beberapa kawasan di pulau Jawa, terutama Probolinggo, memang banyak diserang ulat bulu. Malah menurut info terakhir ulat bulunya sekarang besar-besar. Kok bisa ya? Apakah mereka bermutasi? Hehe..

    Btw, dari blog Mbak ini, saya baru tau kalau ternyata tipe ulat bulu ini tidak menimbulkan gatal. Saya pikir setiap ulat bulu itu pasti bikin gatal-gatal. :)

    BalasHapus
  45. @Kawasan Industri nambah wawasan yaaa...saya juga taunya dari googling hehehhe

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>