Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Rabu, 05 Februari 2014

Membuat label baju sendiri

Label baju itu sesuatu yang biasanya ditempelin dibawah kerah dan biasanya untuk promosi tempat jahit kita dengan brand sendiri. Nah kenapa saya tertarik dengan label baju sendiri??kok kepedean??hhahahhaha.

Awalnya sih saya karena saya mulai mendapatkan perhatian dari temen-temen dan ada yang memesan jahitan sama saya, nah saya kepikir untuk mempunyai brand sendiri sebagai sarana promosi jasa menjahit saya. Yah meski orderan yang masuk bukan jahitan baju melainkan jahitan-jahitan asesoris seperti cushion, pencil case, dan apron tapi saya semangat banget dengan kepercayaan yang temen saya percayakan pada saya.

Googgling tempat membuat label baju, nanya satu-satu eh ternyata tidak bisa order dengan min 100 pieces. Mereka rata-rata minimun order 500 lusin......boooookkk berapa pieces ituh ixixiixxiix. Yang banyak malah minimun order 1000 pieces. Saya yakin yang pesen kayak gitu pasti jasa-jasa konveksi deh hihihihiihi.

Saya akhirnya nemu sebuah artikel cara membuat label baju yang bisa dilakukan sendiri dirumah, salah satunya yah yang sudah saya praktekan sendiri. Jadi cara yang saya pake adalah menggunakan paper transfer dan mesin setrika.

Cara membuat label baju sendiri
Alat yang diperlukan:
- Paper transfer
- Setrika
- Printer inkjet (tinta)
- Pita satin / veterban

Cara membuat label baju:
- Pertama bikin design label, lalu atur di ms word, tata dengan sedemikian rupa hingga pas menjadi satu halaman kertas A4 (disesuaikan dengan ukuran paper transfer)
- Design harus di mirror kan karena akan ditempel ke pita
- Setelah itu silakan di print di kertas paper transfer
- Siapkan setrika dengan suhu panas dan pita rol
- Gunting-gunting design lalu tempelkan ke pita dan press dengan setrika hingga menempel sempurna,  kira-kira 3 menit (cukup lama)
- Setelah terlihat menempel, lepaskan paper transfer selagi masih panas
- Dan selesai...label siap dijahitkan ke produk jahitan kita sebagai sarana promosi :)


image by me

Taraaaaaa......lucu kan design buatan saya sendiri...hemat dan cepat hihihih. Satu lembar paper transfer A4 ini jadi sekitar 30 pieces label dengan ukuran 3x4cm. Selamat mencoba bikin label baju sendiri yah :)

21 komentar:

  1. 3 menit menempel ndik kaisn kuwi kainne gak gosong mbak?

    wow lucu designe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak e...mbuh ini kalo gak lama gak nempel e, mungkin karena pake setrika biasa, haruse kan transfer paper pasangane setrika pres yang lebar dan tinggal di jepit.

      Hapus
  2. bisa pake printer n tinta biasa ya?apa gak luntur tuh waktu dicuci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah nyuci mbak hihihh, soalnya utk label tas sih jadi kemungkinan jarang tercuci

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalo di Surabaya saya kemarin beli di hitech mall mbak. Mungkin di toko2 buku dan stationary juga menjualnya

      Hapus
    2. di hitech mall toko apa mba kalo boleh tau?

      Hapus
  4. Wah.. Informasi menarik. Nice tutorial.. ^^

    Oh... ini adminnya orang surabaya y? :)

    BalasHapus
  5. Boleh dicoba buat pelatihan anak-anak Rumah Baca Asma Nadia

    BalasHapus
  6. Artikel yang sangat membantu. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  7. mbak printernya pake printer apa? kalo pake tinta biasa yg buat ngeprint kertas hvs gt bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pakai printer biasa kok mbak fella...biasa aku pake ngeprint kertas juga.

      Hapus
  8. Mba anna ini terima jahitan bahan kaos apa ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak mbak...soale gak punya mesin jahitnya heheheh

      Hapus
  9. harganya berapa mb kertasnya itu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak salah sekarang 50rb mbak. isi 5 lembar.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>