Menjahit bantal leher

Bantal leher itu perlu lho jika kita sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum seperti bus,kereta dan pesawat. Soalnya pernah nih saya pas umroh yang lalu tidak menyiapkan bantal leher, wal hasil tidur saya selama 14 jam dipesawat cuma bisa tidur-tiduran ayam dan berakhir kepala pusing.

Akhirnya saya berfikir meski beberapa fasilitas kendaraan umum melengkapi dengan bantal tapi tidak senyaman bantal leher deh ya menurut saya :). Dan saya tiap lihat toko boneka yang menjual bantal leher kok hati rasanya berat untuk beli, karena saya berfikir saya bisa menjahitnya sendiri dirumah. Toh modelnya cuma setengah lingkaran saja.

Nanti malam nih saya ada perjalanan naik kereta selama kurang lebih 11 jam menuju Bali, siang tadi saya sudah menyiapkan satu bantal leher untuk saya pakai sendiri di kereta, Secara perjalanan jauh dan malam hari, paling tar di kereta saya masih sewa selimut kayak biasanya hahahahah. Pokoknya mah saya pengen tidur aja kalo perjalanan ditemenin suami, kalo selain sama suami saya gak berani tidur, ndak tenang :),

Berikut ada sedikit tutorial menjahit bantal leher buat temen-temen yang akan dan rutin melakukan perjalanan jauh,barangkali ingin mencoba menjahit bantal leher sendiri daripada beli. Bisa juga ditambahkan aplikasi felt jika mau :).

image by me
Keterangan gambar menjahit bantal leher:
1. Buat pola diatas kertas dengan ukuran lingkar atas 10cm dan lingkar bawah 20cm, posisi kertas dilipat 2 ya lalu gunting. Bentuk lingkaran bisa didapat dengan cara memakai pensil yang diikat benang lalu pas diporosnya benang diletakkan sambil tangan satunya memutar pensil sesuai dengan titik ukuran yang telah ditentukan sebelumnya. Karena kalau memakai jarum jangka, diameter sekian tidak bisa, terlalu besar lingkarannya.

2. Setelah jadi step 1 diatas, tambahkan kertas dimasing-masing ujung sekitar 10cm, karena saya menginginkan bentuk bantaknya bulat agak memanjang kedepan, jadi enak dibuat sandaran samping lebih panjang.

3. Setelah selesai kedua step diatas, jika dibuka jadinya seperti gambar ini, setengah lingkaran dengan ujung memanjang.

4. Letakkan pola bantal leher dengan posisi terllipat diatas kain yang juga terlipat dua, posisikan lipatan kertas sesuai dengan lipatan kain agar tidak terpotong, jangan lupa sematkan jarum pentul. Disini saya menggunakan 2 motif kain berbeda, dan dalam menggunting saya menumpuk 2 kain tersebut dengan posisi terlipat 2 dan dengan pola kertas diatasnya baru saya gunting bersamaan *menghemat waktu dan jelas presisinya :).

5. Jangan lupa tambahkan kampuh sekitar 2cm untuk jahitan.

6. Setelah digunting jadinya lebih lebar 2 cm dari pola, karena memang kampuh dipersiapkan agar ukuran yang diinginkan sesuai dengan pola yang kita buat dikertas tadi.

7. Setelah 2 kain dibuka, seperti inilah jadinya, kain ini kita buat 1 untuk sisi atas dan 1 lainnya untuk sisi bawah, jadi bentuknya setengah lingkaran gitu.

8. Sebelum di jahit sebaiknya disetrika dahulu agar mapan dan tidak ada kusutan kain. Sebenernya sih lebih pas sebelum gunting kain sih setrikanya, cuma saya lupa hehehehhe.

9. Setelah disetrika lalu dijahit sekelilingnya, sisakan satu sisi untuk memasukkan dakron. Disini saya membutuhkan sekitar 3ons dakron untuk mengisi bantal leher ini, karena saya suka yang padat. Dan setelah diisi dakron, jahit sisi yang masih terbuka tadi, dan jika mau tambahkan tali seperti yang saya buat diatas, karena saya ingin bantal leher ini saat dipakai tidak melorot2 karena tidur yang kadang miring-miring jika dilakukan sambil duduk.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, jika kurang jelas bisa menghubungi saya ya :).

4 komentar:

  1. Owalah, baru tau apa itu dakron setelah googling bentar barusan hahaa..

    bener juga ya, nek nggawe bantal leher ngono kuwi lekukan leher kita iso empuk. Dadi tambah nyaman bubuke..

    BalasHapus
  2. mba...itu yg ijo2 namanya apa? itu bt ngukur2 kan? belinya dimana? di toko alat jahitkah?
    Maksudnya luar lingkar atas yg 10 cm itu yg buat lingkar yg bagian dalam di leher ya? trus yg lingkar atas yg 20 cm itu yg bagian luar kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul begitu mbak maksud saya heheheh. itu namanya cutting mat mbak Han, belinya di toko buku di bagian stationary, cari merk SDI lebih murah tapi paling bagus Olfa mbak.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>