Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Sabtu, 05 Oktober 2013

Rotary cutter dan Cutting mat

Rotary cutter atau pisau berputar ini biasanya dipake para penghobi papercraft namun sekarang sudah beralih ke jahit menjahit. Awalnya sih saya penasaran sama cutting mat ini karena tiap googling tutorial menjahit dan felt terutama yang dari artikel luar negeri, selalu pakai alas bergaris yang disebut cutting mat.

Penasaran banget apa sih gunanya dan manfaatnya untuk para penjahit ini?? Tapi setelah banyak googling dan baca beberapa artikel ini, saya menyimpulkan kalau penjahit quilting lah yang sering mempergunakan alat ini karena memang quilting biasanya membutuhkan potongan-potongan kecil yang preposisi untuk hasil yang rapih.

Tapi tetep saja meski saya bukan penggemar jahit quilting (karena tidak bisa dan tidak telaten) akhirnya saya tetep juga latah pengen punya, biar kenal dan gak gaptek xixixiixix. Akhirnya saya cari di toko Gramedia Surabaya dan dapetlah kedua alat ini rotary cutter merk Olfa yang harganya sangat muahaaaaal buat saya Rp. 350.000,- untuk ukuran 60mm dan cutting mat merk SDI Rp. 60.000,- ukuran A4 fyuhhh!!.

image by me

Setelah saya coba sendiri ternyata alat ini memang banyak manfaatnya, salah satunya membantu mempercepat pemotongan kain, tentunya untuk ukuran kecil. Biasanya kan kalau kita ingin memotong kain dengan preposisi harus diukur benar, digaris baru di gunting. Nah alat ini meniadakan semua step tadi, jadi kita cukup menaruh lembaran kain di cutting mat maksimal 2 tumpuk, tinggal mengepaskan garisnya dengan cutting mat bisa langsung kita potong dengan rotary cutter dan bresssssss.......langsung terpotong dengan preposisi. Menghemat waktu kannn yaaa jadinya :).
image by me

Rotary cutter ini penggunaannya memang seharusnya menggunakan cutting mat agar pisaunya tidak mudah tumpul (inget lho harganya mahal) xixiixix. Dan rotary cutter ini rata-rata dilengkapi pengunci untuk menghindari penggunaaan yang tidak disengaja dan mampu melukai bagian tubuh, yah karena tajamnya si pisau ini. Jadi hati-hati yah menggunakannya.

Ada satu lagi sebenarnya alat yang mendukung pekerjaan ini yakni penggaris omnigrid, salah satu merk penggaris ber grid (bergaris2 skala) yang biasanya ukurannya lebih lebar dari penggaris biasa. tapi saya belum nemu nih sampai sekarang toko tempat membeli penggaris tersebut, sepertinya harus beli online :(. #sibukhunting :)

7 komentar:

  1. aku jik rung paham bentuk "pisau" nya seperti apa.

    BalasHapus
  2. dimana beli rotary cutternya? dan berapa harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong dibaca ulang postingan diatas, sudah saya jelaskan sejelas2nya mbak :)

      Hapus
  3. Beli penggarisnya di mana yaa..? Kalo cutter n mat nya sudah ada

    BalasHapus
  4. Kalo ada yg tahu penggaris Omnigrid nya di mana ya

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>