Cerita umroh 1 : Sekilas pengalaman umroh 2013

Umroh adalah ibadah haji kecil dengan mengunjungi tempat-tempat suci dan bersejarah islam di tanah halal (Madinah) dan tanah haram (Makkah) biasanya diikuti ritual niat ihram, thawaf dan sai dan tahalul (memotong rambut). Selanjutnya tentang perbedaan umroh nanti saya tulis dipostingan saya selanjutnya.

Alhamdulillah saya dan keluarga ber-10 orang bisa melaksanakan ibadah haji kecil (umroh) selama 16 hari. Dan alhamdulillah juga saya sehat selama berangkat hingga pulang kembali ke Indonesia :), Alhamdulillah barokallah :). Saya seumur hidup tidak pernah menyangka akan pergi ke tanah suci meski sekadar untuk umroh, semua karena berkah dari Allah melalui mertua saya yang telah memberangkatkan kami semua anak, menantu dan cucunya, thanks ya Maaa.....*meski saya telah menggosipkannya disini* xixiiixixixixi.

Persiapan kami cukup mepet, kami mendaftar umroh pada akhir bulan februari dan berangkat umroh dipertengahan maret, untungnya kami telah mengurus paspor terlebih dulu diawal januari yang lalu, cara mengurus paspor tanpa calo bisa diklik postingan ini :-D. Untuk saya dan beberapa kakak2 yang belum mempunyai pengalaman pergi umroh memang sangat kendandapan (red: tergesa-gesa) persiapannya, terutama soal manasik dan beberapa bekal yang dibawa saat umroh. Apalagi kami tidak pernah punya koleksi baju muslim/gamis sama sekali heheheheheh #payah.

Kami sekelurga umroh dengan bergabung dengan travel agent suatu pesantren di kota jember. Alasannya karena kami ingin bimbingan lebih saat berumroh nanti. Kami tidak ingin seperti sekadar travelling, tapi benar-benar ibadah.

image by me
Kami memang mengikuti program umroh plus jadi fasilitas yang kami dapatkan disana juga Alhamdulillah like at home. Hotel kami baik di Madinah maupun di Makkah sangat dekat dengan masjid terbesar di kota tersebut, yakni Masjid Nabawi di Madinah dan masjid Al Haram di Makkah. Kami tinggal jalan kaki saja tiap akan melaksanakan shalat jamaah 5 waktu ke masjid, karena memang hotelnya tepat di depan masjid :-D asikkk banget yaaa....

Pengalaman saya selama umroh sangat terkagum-kagum, disana semua area suci, tiap saat jalanan, parkiran, pelataran dicuci dengan air jadi kapan saja bisa digunakan untuk shalat, beda banget dengan Indonesia yaaaa :p. Dan disana tidak ada yang dipersulit dalam melakukan ibadah, tinggal pake baju lengkap dan berkerudung bisa langsung sholat, tidak seperti di Indonesia yang tiap shalat harus memakai mukena/rukuh. Mungkin karena Indonesia masyarakatnya tidak semua memakai baju gamis dan berkerudung seperti di tanah arab. Disana orang mau bisa jalan, tidak bisa jalan, lumpuh, tidak kuat berdiri semua tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat 5 waktu, itu yang bikin saya amazed banget.

Jadi karena itu pemandangan di masjid disana sangat berbeda dengan masjid di Indonesia.  Di Makkah dan Madinah saat waktu shalat banyak kita jumpai lelaki perempuan bergamis, khusus perempuan kebanyakan mereka bergamis panjang mulai kepala hingga mata kaki tidak terlihat plus bercadar. Banyak juga orang berukuran badan besar yang menjinjing kursi kemasjid untuk digunakan bershalat yang biasanha untuk mereka-mereka yang tidak kuat jongkok dan bersujud. Dan untuk yang sudah tidak kuat berjalan ataupun lumpuh, mereka juga memasukkan kursi roda kedalan masjid untuk bershalat. Amazingggggg......gak pernah ada alasan untuk tidak shalat, beda dengan di Indonesia,  sakit dikit udah gak mau shalat #ngaca ah ziziziziizizi.

Disana gak selalu harus pake sajadah, karena semua tempat dimasjid suci, baik di dalam maupun di pelataran masjid, bahkan di mall yang menghadap ke masjid Al Haram pun bisa digunakan untuk shalat berjamaah. Oh ya disana itu tiap hotel saling terhubung pintunya dan semua ruangan luar dalam maupun kamar difasilitasi dengan speaker/pengeras suara yang terhubung dengan masjid Al Haram dan kita masih bisa shalat berjamaah di kamar jika mau karena kita masih bisa mendengar suara imam dengan jelas.

Ahhhhh hidup disana enak, saya kerasan tinggal disana meski suhunya 35 - 45º tiap harinya, tapi tidak terasa panas apalagi berkeringat lhoooo. Karena disana juga anginnya lumayan kenceng, belum lagi di lingkungan masjid dipasang kipas, AC dan blower dimana-mana, pokoknya kita disana tuh dimanjain banget deh fasilitasnya.

Disana, mall maupun toko-toko akan tutup sementara saat waktu shalat kurang setengah jam sebelum adzan dan itu terjadi sepanjang shalat 5 waktu. Asikkkk yaaa....sambi kerja sambi tetap ibadah berjamaah. Disana juga orang berebut tempat dan shaf shalat, mereka menyesak-sesakkan barisan tidak seperti di Indonesia yaaaa....yang kadang waktu shalat Ied harus ada yang mengatur dan gak mau kalau dipepet :-D. Disana harus 1-2 jam sebelum waktu shalat jika ingin shalat didalam masjid dan dapet tempat, yang belum tentu juga dapet tempat di shaf terdepan. Karena disana banyak yang tidak pulang setelah shalat karena ingin beritikaf di masjid. Boookk disini shalat tarawih aja cepet-cepetan karena udah ditunggu sinetron hahhaahahah.

Jadi umroh saya kemarin itu berangkat dari Indonesia tanggal 18 Maret nyampek Madinah tanggal 19 Maret dan saya di sana selama 5 hari lalu pindah ke Makkah tanggal 23 maret kira-kira 8 hari disana dan tanggal 1 April kami balik pulang ke Indonesia, sempet bermalam transit di Jakarta dan tanggal 2 April baru flight ke Surabaya dan sampain di rumah dengan sehat wal afiat dan tidak sakit.....Alhamdulillah.

Cerita saya tentang pengalaman umroh akan saya lanjut di postingan selanjutnya ya.

11 komentar:

  1. Masya Allah pengalaman yang tidak terlupakan ya. Ditunggu ceriuta selanjutnya

    BalasHapus
  2. subhanallah, semoga saya bisa umroh juga....

    BalasHapus
  3. adduh kapan ya saya bisa umroh :) terkagum kagum dengan cerita jeng anna :)

    BalasHapus
  4. seru ya kalo umroh dibayari. Bersyukur punya keluarga kaya :D

    BalasHapus
  5. subhanallah..nikmatnya bisa pergi umrah...moga nular deh rezekinya..hehehe...

    BalasHapus
  6. @Lidya - Mama Cal-Vin udah berlanjut ke cerita 2 dan 3 mbak heheheh

    @Joogja Circles Aminnnnn.....semoga menyusul yahhh

    @papapz ayookkkkk ikutan....masa sampe terkagum-kagum sih *kibas2 jilbab* hehheheh

    @ndop Alhamdulillah ya mas :)


    @Muslimedica Bersyukur saya sudah pernah bertemu ka'bah :)

    @aprie Amiiiinnnnn....moga bisa balik lagi kesana heheheh

    BalasHapus
  7. mudah2an saya bisa segera ke tanah suci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin...turut mendoakan semoga kita semua bisa kembali ke Tanah suci lagi.

      Hapus
  8. wah alhamdulillah ya pengalaman umrohnya seru banget :)
    mudah-mudahan bisa (kembali) ke sana. Aamin YRA

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>