Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Rabu, 16 Januari 2013

Sawang sinawang

Sawang sinawang adalah sikap yang menunjukkan sesuatu hanya tampak luar/secara visual, dan merupakan ungkapan dalam bahasa jawa. Umumnya orang mempunyai sifat ini baik yang terlihat atau tidak dan biasanya hanya berupa hipotesa pendapat sendiri. Karena biasanya mereka belum tahu akan pasti dan kejadian sebenarnya akan sesuatu yang mereka komentari. Sumbernya hanya berdasar penglihatan sekilas dan apa yang mereka percayai. Biasanya juga dipengaruhi oleh faktor kesenjangan sosial nasional dimasyarakat #halah.

Nah, hal-hal semacam ini menurut saya terlalu prematur untuk dipakai menilai pribadi seseorang. Lebih baik kumpulkan sumber yang benar baru deh kita berkomentar. Saya itu kadang sebel gitu yah dengan orang yang seakan pengen saya bilang "seenak jidatnya aja ngomentarin orang", saat mereka berkomentar akan hal yang tidak pernah mereka ketahui dari saya sendiri sebagai sumber yang mereka sedang gosipkan.

Saya ini bukan orang yang komunikatif tapi kenapa gitu yah gak sedikit orang yang berkomentar miring, tanpa pernah saya berkomunikasi dengan yang bersangkutan. Gilaaaaakkkk.....ini orang apa paranormal orang yang gak normal wekekekekke. Tapi buat hal tertentu yang tentunya  berdampak positif buat sayapun kadang saya tidak sreg jika hal tersebut bukan statement yang keluar dari mulut saya.

Saya tidak tahan 'sanjungan' daripada 'hinaan', kalau dihina bina orang saya tidak pernah ambil pusing dengan bercekcok mulut, saya memilih menghindari yang bersangkutan. Buat saya tidak penting meladeni orang yang hanya akan merusak mood kita, menguras  tenaga, terlalu sayang dengan diri saya dong ya. Nah kalau menghadapi sanjungan itu lebih susah lagi, karena kadang terlalu hiperbola. Dasar manusia....banyak maunya yaaa.

Apalagi sejak di dunia ini muncul yang namanya infotainment, banyak orang yang tidak berkompeten berkomentar tanpa tahu permasalahan sebenarnya #halah...kejauhan analoginya yah, emangnya saya seleb??? xixixiiixi.  Memang yah banyak orang yang kena demam sawang sinawang sejalan dengan keadaan kesenjangan sosial masyarakat yang ada di Indonesia ini. Semoga kamu tidak ya.....


3 komentar:

  1. judge the book by its cover gitu ya?

    BalasHapus
  2. Hidup itu memang sawang sinawang. Kadang kita melihat orang lain tampak nyaman tanpa beban, padahal semua itu belum tentu.

    BalasHapus
  3. @aprie Semacam itu tapi kurang tepat deh kayaknya pepatahe xixixiixi :P

    @marsudiyanto Rumput tetangga selalu lebi asssoyyy ya pak :)

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>