Cerita bisnis warnet (2)

Bisnis warnet itu setelah dijalani, cakupannya sangat banyak. Bukan sekedar bisnis jasa internet dan komputer. Tapi didalamnya kita sebagai pebisnis atau sekedar operator / penjaga warnet kurang lebih dibutuhkan skill ekstra yang mungkin tidak diharuskan untuk profesi tertentu. Sebagai pebisnis warnet kita memerlukan kemampuan berkomunikasi dan public service yang bagus. Karena warnet adalah bisnis jasa yang memperhitungkan pelayanan yang baik dan memuaskan, disamping ISP yang handal pula.


- Faham Komputer & Internet
Kita harus mempunyai keahlian tentang komputer & internet, kita juga harus tahu tentang dunia luar yang berbasis internet. Kita wajib tahu juga seluk beluk didalam pekerjaan kita agar mampu membantu memuaskan pelanggan. Kalau pengetahuan kita minim, maka pelayanan kita juga pasti gak bisa maxi. Minimal kita tahu msoffice dan browsing, sehingga kita bisa membantu pelanggan yang kesulitan atau membutuhkan bantuan.

- Sabar & Tabah
Seorang yang bergelut di bisnis warnet ini wajib punya jiwa penyabar, atau minimal mulai belajar bersabar. Karena bisnis jasa / pelayanan sangat memerlukan kesabaran, sabar jika minim pelanggan, sabar jika sepi, sabar jika di caci maki & dihina bina pelanggan, sabar juga untuk dibandingkan dengan warnet lain oleh pelanggan. Sabar juga melayani pelanggan yang gaptek total atau yang sok tau poll, sebisa mungkin kita terlihat lebih dibanding pelanggan kita deh biar mereka tidak rese' dan bisa menghargai kita. Pokoknya sabar aja deh , kalau enggak bisa spot jantung tiap saat.

- Bersaing Sehat
Tidak mungkin dan pasti ada omongan dari sana sini perihal warnet / tempat usaha kita dari pelanggan, tetangga atau orang lain. Tidak jarang warnet yang terletak di area sekolah, kampus atau tempat yang sifatnya berderet saling bersaing tidak sehat dan cenderung saling menjatuhkan. Hal tersebut sebaiknya kita hindari, karena yang rugi malah kita sendiri, selain di cap jelek juga pelanggan sekarang pintar - pintar.

- Realistis
Berfikir realistis tapi tetap bersaing sehat itu wajib. Jangan hanya karena melihat warnet / usaha tetangga kita lebih bagus fasilitasnya, kita langsung meng-copypaste-kan pada warnet kita. Kita harus realistis dengan kondisi budget kita, kalau kita tidak bisa memberi fasilitas yang sebagus mungkin, minimal kita masih bisa kembangkan kemampuan kita dibagian lain. Contohnya: pelayanan yang bersahabat, mampu mengenal pelanggan, minimal inget siapa saja pelanggan kita karena itu merupakan hal positif yang mampu menarik pelanggan untuk terus datang ke warnet kita.

- Pembukuan yang Rapi
Untuk urusan internal 'dapur' kita ini harus di atur dengan sangat disiplin dan rapi. Karena segala untung rugi sebuah usaha juga tergantung dari kerapihan pembukuan kita sendiri. Kita harus mampu mencatat pemasukan pengeluaran secara detail dan jujur, agar bisa tahu usaha / warnet kita ini maju, berkembang, bangkrut, rugi atau mengalami kebangkrutan. Tapi namanya usaha ada kembang kempisnya , ada sepi rame nya. Tidak beda dengan pangsa saham ( halah..ketinggian :D ), kadang kenaikan beberapa barang ikut juga dengan pendapatan warnet, karena orang juga mikir lagi buat lari ke warnet. Boro - boro ke warnet beli cabe aja harganya lebih mahal dari ngenet xixixixi.

- Disiplin Maintenance
Maintenance disini tidak hanya berhubungan dengan komputer saja, tapi untuk seluruh periperal yang ada didalam warnet. Menyangkut meja, kursi, webcam, headset, monitor dan seluruh bagian komputer. Minimal menjaga kebersihan demi terciptanya kenyamanan pelanggan. Minimal tiap hari kesemuanya itu harus dicek, dibersihkan dan dilihat kerusakannya (bila ada). Untuk CPU, biasanya saya ( suami saya sih) membongkarnya minimal 1 minggu sekali untuk mengecek hardware di dalamnya dan juga kebersihannya. Juga mengecek software (program lunak) didalamnya setiap ada keluhan pelanggan, atau berkala setiap 2 hari sekali.

- Upgrading
Perihal elektronik khususnya dalam bisnis warnet adalah komputer, hendaknya di lakukan penggantian / peng-upgrade-an secara berkala. Apalagi elektronik kita yang make' banyak orang jadi kemungkinan usia 'hidupnya' lebih cepat rusak di banding elektronik yang kita pake sendirian. So, upgrade disini adalah lebih dari sekedar maintenance, tapi harus mengganti barang, hardware, software yang dirasa sudah tidak layak pakai, tidak stabil lagi, atau bahkan sudah kuno dan tidak compatibel dengan beberapa program (software) yang kita install didalam komputer kita.

- Snack & Softdrink
Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan dalam warnet. Kalau ingin pelanggan betah di warnet kita, yah sediakan 'kebutuhan' mereka selama di warnet. Kalau kita punya nyali besar, bisa buka usaha makanan sekalian huehuehue. Kalau warnet kita memperbolehkan seseorang untuk merokok, maka jual lah rokok juga sekalian pulsa kalau punya modal cukup dan punya konsentrasi yang bagus.

Semoga sedikit sharing saya perihal bisnis warnet ini berguna untuk kita semua yang akan, sedang, memulai, merencanakan, menjalankan bisnis warnet. Bisa ditambahkan untuk usulan yang dirasa perlu ditambahkan.

14 komentar:

  1. engkok lek aku berminat buka warnet, tak private nang awakmu an :D
    btw opo'o warnet'e dulurmu sing ndek situbondo tutup...?

    BalasHapus
  2. @manusia bodoh hehehe private opo? kalah pinter aq...warnet tutup mgkn krn skrg wonge lg di sby

    BalasHapus
  3. @manusia bodoh

    pinter mbujuk'i :D, an gawe opo iki kok enek replyne....??wah kalah canggih aku saiki

    BalasHapus
  4. @oeoes hahahah reply kuwi buat nyepetin mbales komen tnp nulis id lg :), tp g iso koyok wp thread yg bs lgsg reply di bwh komen.

    BalasHapus
  5. Sabar? ga salah? perasaan jeung anna ngomel2in pelanggannya mulu hihihihii *ngikik sambil ngacir

    BalasHapus
  6. @mila: ituh kan ngomel dlm hati *halah*...xixixix

    BalasHapus
  7. berguna nih buat yang mau buka warnet. saya sih belum tau mau buka usaha apa :p
    ohya, salam kenal dulu ^^

    BalasHapus
  8. @Ra-kun lari-laRIAN: salam kenal juga, di bookmark aja, kali aja tar pengen buka usaha warnet :)

    BalasHapus
  9. soal software-nya begemana bu? ori atau copy?

    BalasHapus
  10. @Masdab:hehehe sementara hanya OS nya yang ori *pake windows sih*

    BalasHapus
  11. saya sangat mengapresiasi teman2 yang mau membuka usaha warnet, jeng anna. saat awal ngeblog, saya suka berjam-jam nongkrong di warnet sampai hafal banget dg petugasnya.

    BalasHapus
  12. sabar, usaha, pantang menyerah. Huaaa.. kapan ya aku bs punya usaha warnet. hehe
    Makasih infonya y mba..

    BalasHapus
  13. Ingin banget membantu perkembangan Bisnis sampingankekasih saya yang juga warnet...tapi saya juga gak ngerti...apa iya melingkupi yg disebutin Mbak ya....

    Saya sednag ikutan mikir untuk kemasan lain agar bisnis warnetnya berkembang...

    BalasHapus
  14. @sawali tuhusetya:wah kalo ada pelanggan kayak pak Sawali bisa cepet balik modal nih hahahaha

    @Inda Bunda Farrel:sama² Bun ^__^

    @Hani:bisnis warnet skrg menjamur mas, wajib banyak inovasi biar gak gulung tiker dan kalah saing

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>