Belajar Tertib Lalu Lintas yuk!!

Belajar tertib lalu lintas yuk!! Saya sering gemas melihat pemandangan lalu lintas dijalan. Meski saya bukan seorang pengendara, tapi saya berusaha membagi sedikit info yang saya pahami tentang lalu lintas. Sebagai seorang pemakai jalan (meski hanya boncengers), saya pun dikit-dikit tahulah 'adab' orang mengedarai kendaraan bermotor dan dijalan. Tapi saya pun sering kok mengendarai kendaraan tiap hari minggu, tapi kendaraan saya sepeda pedal angin hehehe...tapi tetep kan ya bisa dianggap sebagai pemakai jalan dan kendaraan.

Perilaku yang sering mengganggu saya dijalan dan kemungkinan mengganggu pengendara lain diantaranya:

- Pengendara yang kurang memahami fungsi kaca spion dan Lampu sign
Hal ini sering banget bikin saya gemes....terutama pengendara perempuan. Entahlah makhluk seperti saya (perempuan) ini didesign lemot atau gimana yah, kalo mau pindah jalur, belok, nikung dll suka makbenduduk ujug-ujug tanpa pemberitahuan. Sebaiknya nih saran saya yang cuma sebagai boncengers, mbok ya tiap pergerakkan dan perpindahan jalur/lajur lihat spion dulu lalu menyalakan lampu sign(sein). Jadi pengendara lain di belakang/disebelahnya ini tidak gendandapan harus mengerem mendadak yang kalo tidak menguasai kendaraanya kan bisa terjadi kecelakaan.

- Mengedarai dengan zig-zag
Model begini biasanya seringnya sih dilakukan oleh pengendara motor (kalo saya kan boncengers motor heheheh),entahlah karena merasa 'bodynya' slim jadi sipengendara motor ini kadang suka jalurnya sak enak-enaknya (yoo penak!!). Ke kiri kekanan, merangsek di kemacetan,zig-zag dari satu jalur mobil diantara mobil lainnya, sungguh tak tertebak ini maunya di track yang mana. Macam nonton moto GP di sirkuit dah. Padahal kalau anda tahu, yang dibelakang anda ini suka deg-deg serr kalo sudah kena pengendara zig zag, nti kalau kecelakaan katanya yang salah belakangnya padahal kan pengendara ini yang tidak tertib berlalu lintas.Whoiiii belajar nyetir dulu sana!!

- Menyalip dari sebelah kiri
Saya enggak tahu yah tata tertib tepatnya bagaimana, hanya saja untuk yang satu ini saya tulis dari pengalaman pribadi saja. Fyi yah pengendara semua!! Menyalip dari sebelah kiri itu buat saya perbuatan haram (saking keselnya saya)...karena kenapa?? karena semua pengendara ada kecenderungan bergerak disebelah kiri dan jika diklakson dari belakang juga kecenderungannya melipir kesebelah kiri. Lha trus kenapa kalau anda sudah tahu trus tetep keukeuh menyalip dari kiri???? Mau cari mati??. Mungkin  karena kecenderungan itulah, saya suka baca tatip lalin saat dijalan Tol seperti: dilarang mendahului dari bahu jalan, kecepatan lajur kiri dibawah 60km/jam, artinya kan untuk kecepatan tinggi (diatas 60km/jam) diharuskan di lajur kanan toh ya. Artinya juga dilarang menyalip dari sebelah kiri toh ya.

- Mendahului saat ada/pas tikungan
Hoeeeee.....meski yah kita sering lewat jalan tersebut, anggep aja udah apal deh, tapi sebaiknya saat ada tikungan mbokya jangan mendahului/menyalip macam mau kebelet eek ajah buru-buru. Itu ya biasanya tikungan itu kan jalannya agak melingkar (tidak lurus), nah sebagai pengendara dibelakangnya kan tidak tahu jangkauan jalan biasanya kalau di posisi jalan nikung (setengah melingkar), nah begitu kok masih saja nekat mendahului kendaraan didepannya sih! Beda kalau jalan lurus, biasanya kita masih bisa lihat jangkauan didepan kendaraan didepan kita. Nah kalau kurang mengetahui tanda lalu lintas yang krusial bisa lihat di postingan saya, KLIK DISINI.

- Mengendarai sambil merokok
Paling suebeeel kalau ada yang memegang rokok saat berkendara, karena saya pernah kecipratan abu rokok ke mata, sejak saat itu saya strict banget ke suami kalo berkendara tolong jangan merokok, penumpangnya ini yang susah dan terganggu. Pun juga terhadap pengendara lain saya sebisa mungkin tidak bersebelahan maupun di belakangnya pas. Meski sudah memakai helm SNI berpenutup muka tetep aja bisa kecipratan abu rokok kalo angin sedang kencang dijalan. Dan percaya atau tidak merokok sambil berkendara bisa mengurangi konsentrasi berkendara, baik sambil berkendara motor maupun mobil. Harusnya merokok sambil berkendara hukumnya sama kayak berkendara sambil memegang handphone. Sama-sama melakukan kegiatan lain selain berkendara dijalan.

- Mengendarai sambil memegang/menyelipkan handphone dalam helm

image by Google

Meski anda mengaku profesional,expert, dan terbiasa dengan hal ini,tapi orang dibelakang anda ini sangat terganggu. Mungkin yang terbiasa melakukan hal ini  tidak sadar kalo sudah disambi berhandphone ria, alur mengedaranya jadi zigzag dan kurang konsentrasi. Ini membahayakan sekali untuk kita semua, apalagi kalau tidak mendengar bunyi klakson dari belakang. Sering saya lihat orang yang sibuk dengan handphone, terutama yang nge-text (sms,bbm,wa dll) sering sekali nyosop-nyosop kalo sudah mengerem mendadak, motor (dan mobil) tidak terkuasai dan berhenti mendadak tanpa jangkauan. Sudah banyak contohnya kok kejadian gara-gara asik berhandphone saat berkendara. Pliss.....handphone dan kendaraan anda keluaran terbaru dengan fitur serba canggih, kenapa anda sebagai pemiliknya kok terbelakang yah dalam berlalu lintas. Tolong perilaku berkendaranya disesuaikan dengan level sosial anda yah, jangan kayak orang tidak berpendidikan (lalu lintas) gitu. Saking gemesnya saya!! Tersinggung??Silakan...biar ada dan kita semua berubah dalam tertib lalu lintas dijalan.

- Gerakan cabe-cabean, terong-terongan dan bahkan balado
Buat saya istilah-istilah diatas untuk penyebutan semua pengendara motor yang lebih dari 2 orang, dilakukan cewek / cowok bahkan keluarga besar. Intinya melampaui kapasitas aman kendaraan itu sangat berbahaya di jalan, karena saat duduk jadi tidak nyaman dan cenderung bisa terjadi kecelakaan. Karena yah saya kadang sebagai penumpang pun ikut mengontrol pergerakan motor, kadang kalau kaget karena ada yang menyalip dari kiri saya suka mendadak kaget dan itu kadang mempengaruhi pengendara di depan. Nah bayangkan kalo penumpang motornya lebih dari 3,4,5...kalo semuanya kagetan kayak saya bisa jadi apa dijalan. Sering koko saya lihat anak SMU yang begitu, sudah ngebut yang penumpang belakangnya tidak bisa mengimbangi badan dengan gaya berkendara pengendaranya, jadinya yang lihat seperti orang lagi kocar kacir takut jatuh, berbahaya kan yang seperti itu.

Tulisan ini akan selalu saya update saat saya ada ganjalan penting dihati seputar tertib lalu lintas dijalan yang saya alami sendiri SEBAGAI PENUMPANG MOTOR yak hehehhe. Yuk saling mengingatkan dan saling berbagi info tentang belajar tata tertib berlalu lintas biar hidup kita lebih panjang dan selalu bisa menikmati perjalanan.


0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>