Kudu dan Gudu

image by me
Kudu dan Gudu!. Pernah gak sih dari kita terutama yang orang Jawa mengucapkan 2 kata ini (Kudu dan gudu) yang hampir sama terdengarnya. Kalo saya sih baru tahu kata 'Gudu' dari temen BBM saya.....tentunya orang Jawa di Surabaya. Pertama terdengar aneh dan gak familiar.

Kata 'Kudu' dan 'Gudu' mempunyai arti yang berbeda. Kudu mempunyai arti harus, wajib. Kalo Gudu artinya pengen, akan. Saya tidak tahu 2 kata ini sebenarnya bahasa Jawa, bahasa Indonesia atau bahasa mana. Yang pasti kalo lagi BBM, enak banget pake kata ini huaahahahhahha.

Contoh dikalimat:
- Saya KUDU pergi sekarang ya => saya harus pergi sekarang (eyd)
- Aku GUDU nyeburin kamu ke got deh => aku pengen nyeburin kamu ke got deh (eyd)

Ahhhh posting saya kayake kurang penting ya....hehehehh

12 komentar:

  1. sama kek bahasa sunda dan jawa, ATOS, di jawa artisnya "keras", di sunda artinya "sudah" wakakakak :)

    BalasHapus
  2. baru tahu ane itu artinya, haha lucu juga

    BalasHapus
  3. Gudu, nggon basa jawaku ra enek ki Jeng. Lagi krungu iki.

    BalasHapus
  4. @Pitshu kalo atos-atos di Jawa artinya juga bisa hati-hati huehuhue

    @automation awale aneh juga..ampe sekarang tak pikir2 ya tetep aneh huahuahua

    @Eko Prih H kayake ini mesti bahasa jawa gaul deh yaaa...di kamus apapun gak ada

    BalasHapus
  5. Like it! baru tahu juga ada kata Gudu. Nambah perbendaharaan kosakata. hehehe...

    BalasHapus
  6. Saya sendiri hanya menggunakan kata "kudu" baik untuk harus maupun pengin...
    Beberapa wilayah didaerah Weleri Kendal aneh lagi, banyak kata dalam Bhs Jawa yang dialeknya berubah "mantep.
    Misalnya kreteg jadi kredeg, Maghrib jadi Mbahrib, Ngaup (berteduh) berubah jadi "Ngahup".
    Saya sering meledek temen saya atau murid saya yg dari daerah situ dengan pura2 cerita gini:
    "Wingi bar Mbahrib aku kudanan terus ngahup ning ngisor kredeg...

    BalasHapus
  7. huakakaka.....akhirnya mampir jugak akyu ke blogmu mbak. Soale aku wes jarang di FB. paling mung nyetatus, biar eksis
    Eh aku baru sekali ini tau ada kata "Gudu" ....
    yo wes aku gudu syuting kie (ket tahun gajah og mempitnahnya dadi artis ae)

    BalasHapus
  8. iyo aku juga baru sekali denger GUDU.. wow..

    jangan2 kuwi modifikasi bahasa jawa ala suroboyo aja deh.. hehe..

    kayak kata LAPO khan sebenarnya kata aslinya NYANGOPO, ngopo, jadi LAPO... hahaha..

    trus piye, berubah menjadi YO'OPO

    trus enek opo berubah menjadi OPO'O

    *opiniku pribadi*

    BalasHapus
  9. @azwar ehhhh jangan di tambahkan ke kamus besar lho ya..hueheuheue

    @marsudiyantowaduhh pakk...kok malah ribet dlm pengucapannya yak menurut saya huahahha cmiiw

    @Elsenovi hahhahah penyakit akut ngartis moloooo

    @aprie saya jugaaaaaakkkkkk

    @ndop hahahhaha begitu deh bahasa jawa model gangster Surabaya kali ya...xixiix...cuma disini bahasa jadi aneh2...gawlll gelakkkkk

    BalasHapus
  10. Gudu?? baru denger sekali... kirain kudu itu sama2 digunakan sama orang yg pake bhs jawa

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>