Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Selasa, 10 Mei 2011

Plus minus kerja

Mari kita menuliskan tentang plus minus kerja sebelum memulai kerja. Kerja adalah kegiatan yang menghasilkan uang apapun bentuk dan jenis pekerjaannya. Kerja tidak harus di asosiasikan dengan pagi² keluar rumah pulang sore dan awal bulan di bayar. Karena saat ini banyak jenis pekerjaan yang tidak mengharuskan seseorang harus keluar rumah dan pergi pagi pulang sore. Nah oleh karena itu kita wajib sudah mulai memikirkan tentang plus minus kerja, hari gini getoo looohhh....

Ibu rumah tangga juga punya ‘pekerjaan’ lho, malah unlimited time :D *dan seharusnya juga unlimited gaji* hehhee. Ibu rumah tangga bahkan punya multiple job, bisa jadi koki, designer interior, cleaning service, manager buat suami & anak²nya, accounting, dll, apalagi kalo di tambah sang ibu bekerja di luar, hmmm……bisa di sebut superwoman bin wonderwoman.*LOL* :D

Yapz, we talk about “Plus Minus Kerja“. Yang akan saya share adalah tentang plus minus kerja di luar & di rumah. Let’s make a list before we choosing an option. Lah kenapa juga saya kurang kerjaan banget buat topik gak penting gini…??. Hmm…well…saya tuh sedang berkontra dengan diri sendiri & sedang ‘memberontak’ pada suami saya karena mengharuskan saya dirumah terus. Tapi setelah membuat list tentang plus minus kerja ini saya jadi tahu apa tujuan dan kemauan saya. ;) *blushing*

Pertama, plus minus kerja di rumah yang terkadang di pandang sebelah mata *banghead*. Disini saya mencontohkan pekerjaan yang bisa di lakukan dirumah seperti membuka usaha sendiri, online store, online marketing,blogging for money dll, pokoknya sesuatu yang menghasilkan uang di rumah.

Sisi Plus:
- Bisa dekat dengan anggota keluarga karena minimnya keluar rumah
- Menghemat uang transport
- Terhindar dari kemacetan
- Stressless karena kondisi & beban pekerjaan
- Waktunya lebih fleksibel

Sisi Minus :
- Kurang sosialisasi, kalo benar² hanya melulu di rumah
- Cenderung menjadi pribadi yang individual
- Ketinggalan ‘trend’ (beda loh up to date lewat internet dengan sosialisasi dari temen)
- Punya sedikit teman & relasi (secara visual)
- Kurang ramah dengan orang karena minimnya sosialisasi

Kedua, plus minus kerja di luar / di kantor yang sering di pandang wow meski posisi manager tapi gaji ‘kuli’. Anggap saja kita lagi sedang membicarakan tentang gambaran pekerjaan kantoran yang ada dalam angan² kita. Kerja di sebuah kantor ternama dengan posisi paling di incar. Duduk di belakang meja dalam ruangan ber-AC, di sertai komputer dan dengan seragam yang necis serta dengan bidang pekerjaan yang berhubungan dengan client² dari kalangan high class yang suka pake high hells :D *LOL*

Sisi Plus:
- Di KTP ada tulisan pekerjaan (tidak kosong)
- Mempunyai relasi & teman lebih banyak karena efek pekerjaan
- Lebih sering mendapat ‘angin’ segar di luar rumah
- Gaul abiss, trendy dan up to date *meski tidak selalu*
- Lebih ramah karena pekerjaan & relasi
- Bisa show off ke orang & temen tentang pekerjaan kita
- Tiap bulan ada gaji tetap *mungkin juga tiap minggu, tiap hari* :P
- Punya jenjang karir *tergantung pekerjaannya juga sih ;*
- Meningkatkan status sosial kita
- Meningkatkan kepercayaan orang ke kita *bisa jadi* :D

Sisi Minus:
- Karena kesibukan pekerjaan bisa mengurangi quality time dengan keluarga terutama anak² yang masih membutuhkan banyak perhatian lebih
- Tidak mempunyai waktu yang fleksibel
- Tidak mempunya hubungan yang cukup baik dengan tetangga sekitar karena jarang sosialisasi dengan tetangga di rumah
- Kehidupannya seperti mobil, keluar masuk rumah dan menyusuri jalanan tiap hari untuk menuju kantor
- Menyiapkan budget khusus untuk transportasi dan biaya makan selama di kantor
- Tidak jarang jadi kormod (korban mode) karena terlalu menjadi orang yang ter-up to date

Diatas adalah check list menurut versi saya sendiri hehehe…..Nah setelah bikin check list seperti ini, anda, kalian, temen² bisa memilih pekerjaan yang cocok untuk diri kita ( jangan lari ke dukun ato SMS ke nomer yang sering diiklankan yah…. :D ). Jaman sekarang harus memikirkan ‘untung rugi’ dan plus minus serta resiko dan tanggung jawab terhadap apa yang akan kita lakukan. Jadi orang yang sedikit ribet dengan perhitungan tidak mengapa demi mempersiapkan langkah dan masa depan kita. Dari pada nyesel di belakang hayoo…… :D

43 komentar:

  1. berkunjung ke blog yang keren ini
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    BalasHapus
  2. kalo gw lebih suka ama wanita yang bekerja. karna rasanya jadi lebih banyak wawasan dan lebih gesit. hmm itu pendapat pribadi

    BalasHapus
  3. jadi gimana? pilih yang mana? kayanya imbang plus minusnya :D

    BalasHapus
  4. salah satu dampak kerja di dalam rumah memang menjadi kurang bersosialisasi, tapi saya rasa tidak juga. dengan memanagemen waktu secara detail bisa mengurangi dampak itu.
    Misalnya kapan waktu ibu-ibu tetangga kumpul atau ngerumpi, saya rasa rutinitas itu juga berjadwal secara tidak langsung.
    kegiatan tanpa jadwal tapi kisaran waktunya di waktu yang sama, dan itu contoh saja.

    Oh ya mbak anna, saya baru saja menambahkan blog mbak anna di list Blogroll saya dengan title Jeng Anna Dofollow, harapan saya agar pengunjung saya juga pada mampir kesini karena tahu blog ini dofollow

    BalasHapus
  5. itu masih dibedakan lagi, wanita sudah menikah atau belum, sudah punya anak atau belum, dirumah ada pembantu atau tidak.
    hehe...
    banyak yang mesti di ulas.
    kerja di rumah atau di kantor, tetep salut!

    BalasHapus
  6. woman for me can both work from home and also outside but she still has to consider, what is her main job...

    BalasHapus
  7. kalo saya belum berkeluarga mbak masih tahap perncanaan...
    jd blm kepikir plus minusnya.,.

    BalasHapus
  8. @Imtikhan: terima kasih udah di follow :)

    @Bayu Hidayat: sebagian bisa berpendapat begitu bro, kesannya lbh cekatan

    @dee: saya lagi bingung juga tapi dirumah jauh lebih banyak menguntungkannya hehhee

    @selfishyayun: terima kasih atas linkbacknya mas, saya pasang balik ya.

    Kalo saya pribadi sih kurang suka maen ke rumah tetangga, krn pasti deh menebar gosip ria jadinya hehehe

    @daily tips:iya, inih yang saya gambarkan masih secara umum belum sampai mikir detailnya, thanks koreksinya bro :)

    @Ahmad: She should be choosing , family is everything !

    @belajar ngeblog: mikirin plus minus kerja kan gak perlu nunggu berkeluarga mas, kan ini juga bisa jadi pilihan pribadi kita saja cmiiw

    BalasHapus
  9. yeah segala sesuatu selalu ada plus dan minusnya, tapi di balik semuanya pasti ada hikma na ^^

    BalasHapus
  10. tapi kalau saya lebih senang perempuan yang bekerja, agak mandiri begitu :)

    BalasHapus
  11. Saya dan istri sepakat, 1 bekerja diluar, 1 bekerja di rumah...

    untungnya tempat kerja saya dekat rumah, tiap istirahat siang bisa pulang ke rumah dan jam 4 lebih 5 menit dah sampai rumah.

    saya sendiri kadang ngiri ama istri, enaknya di rumah... bisa nyante-nyante, ga harus berangkat jam 8 pagi. everyday is sunday...

    tapi istri saya mungkin berpikir, enaknya kerja di luar...

    namanya orang ga pernah puas...

    BalasHapus
  12. Kalau saya sudah komitmen dari awal, saya kerja diluar, istri kerja dirumah Mbak...
    Dan hasilnya ya seperti sekarang ini...
    Anak sulung saya dah kerja, yang bungsu segera selesai kuliah...
    Rumah terjaga...
    Dulu, misalnya anak sakit atau dirumah ada tukang, saya aman nyaman ditempat kerja karena dirumah ada istri.
    Pagi mau berangkat, istri mengantar sampai gerbang, pulang kerja istri menyambut dengan masakannya sendiri...
    Tapi ini versi saya.
    Orang lain versinya lain lagi dan hasilnya juga makin lain...

    BalasHapus
  13. Mmg hrs memilih antara karier & keluarga. Terkadang susah u/ membagi waktu.:)

    BalasHapus
  14. bener banget nih, emang tiap pekerjaan ada enak dan nggak enaknya. meskipun ibu rumah tangga, tetep bisa bikin sambilan koq asal mau... yaa balik lagi ke keputusan masing-masing sih.

    tapi bukankah pekerjaan terbaik bagi wanita adalah menjadi ibu?. hemm entahlah, dikembalikan ke pilihan pribadi..

    BalasHapus
  15. kerja saya jadi dosen, dan waktunya fleksibel, jadi masih merasa nyaman2 aja :)

    BalasHapus
  16. @Pitshu:ya ya ya

    @Ra-kun lari-laRIAN:sebagian org bs berasumsi gitu koq

    @Irawan:saat ini saya juga merasa begitu, tapi yang saya lihat enaknya kerja diluar *selalu dapet 'angin' segar* hehehhee

    @marsudiyanto:tipe keluarga ideal ya pak, intinya suami tetap menjaga keleluasaan istri aja sih pak mnurut saya, biarpun dirumah terus tp kalo istri gak merasa terkekang ya smua akan berjalan baik, kalo sebaliknya yg ada 'pemberontakan²' kecil macam saya nih :D

    @Amy:loh bukan di kondisikan begitu koq sob, hal ini bisa terjadi pada pria / wanita, bukan hanya wanita saja koq

    @Gaphe:intinya keikhlasan,toleransi dan pengertian ya dari masing² pihak

    @Fenty Fahminnansih: baru tau saya kalo mbak fenty ibu dosen :D

    BalasHapus
  17. Pendidikan dasar akhlak anak ada di dalam keluarga dan yang paling berperan membentuknya adalah ibu. Ambil sisi positifnya saja, kerja di rumah sambil mendidik anak akan lebih mulia karena anak adalah aset masa depan keluarga dan generasi penerus bangsa.

    BalasHapus
  18. Masih bingung milih yg mana, abisnya belum punya pekerjaan ampe sekarang :(

    BalasHapus
  19. lebih milih dikerjain istri di dalam rumah... #eh

    BalasHapus
  20. masalah repotnya kerja sih sepertinya bisa diatasi, yang jadi masalah apakah perhatian anak cukup kalo suami istri semuanya bekerja...

    BalasHapus
  21. @HALAMAN PUTIH:emmm saya memang kurang memikirkan dr sisi itu sih sob, masih dominan ego nya hehehe, thanks sarannya :)

    @chici:huwahaha..ya mulai dipirkan saja, kali saja suatu saat nanti mengalami seperti saya :D

    @Pojok Pradna: di uleg? hahahhaha

    @uraeka:ya kalo itu sih dilematis tinggal komitmen berdua kayaknya

    @zee: apalagi kalo kerja sendirinya tetap di lokasi rumah ya...hehehhee

    BalasHapus
  22. iyah sih klo dipikir2,emang ad plus minusnya.yah bgitulah hdup gk melulu bagus kan?hehe klo aq scara pribadi sih lbih suka kerja dluar rumah, yah itung2 sosialisasi n jg bs mngetahui scara nyata lingkungan y trjdi dskitar kt.sprti kata pepatah bahwa hidup adlh seni at nyeni.jd krn seni brarti banyak ragam n anekanya.heehe ngomong ap sih aq ini?hehe maf yak jeng.salam kenal.jingga :D

    BalasHapus
  23. @jinggalestari: Saya juga pengennya kerja diluar mbak, tapi blum dpt ijinnya neh

    BalasHapus
  24. hehe...listnya banyak benernya mbak....salam kenal...

    BalasHapus
  25. dan semoga kita semua dapet pekerjaan sesuai impian kita.:D

    BalasHapus
  26. Klo aku ya mbak sukanya tetep kerja di luar tapi yang nyante,, klo lagi capek bisa ijin, yg gak kejar target tapi penghasilan ttp mempuni, hahaha

    BalasHapus
  27. @niee: ndak suka tantangan ya mbak?? hhehehehe

    BalasHapus
  28. alangkah bahagianya seorang suami ketika istrinya bisa bekerja tanpa keluar rumah. bisa lebih dekat dengan keluarga.

    BalasHapus
  29. @sawali tuhusetya:hmmmmm jadi begitu ya mnurut pak Sawali....uhhh beratttt nih buat saya pak heheh:D

    @Noeel-Loebis: :P

    BalasHapus
  30. Setuju..
    pekerjaan emang ada segi positif dan negatif..
    tapi itu kembali kekita,mau nikmatin atau jadikan beban

    BalasHapus
  31. Ibu Rumah Tangga mah multi tasking ya Mbak....he he hhe

    BalasHapus
  32. baru tau kalo kerja ada segi minusnya he..he..

    BalasHapus
  33. @I-one: saat ini lebih baik dinikmati aja deh hehehe :)

    @pendarbintang:multitasking dan unlimited time :P

    @Riska mbem:kayaknya gak hanya kerja deh mbak, tp semua kegiatan sll ada plus minusnya :)

    BalasHapus
  34. Yang penting duitnya halal, jabanin aja :D

    BalasHapus
  35. setiap apa yang kita kerjakan pasti kadang ada dampaknya, entah positiv atau negatif, tapi namanya orang, cuma bisa melakukan apa yang terbaik, hehehe

    BalasHapus
  36. Gimana caranya ga kerja tapi bisa punya duit banyak.. :D

    BalasHapus
  37. kapan ya mboke rangga mau dirumah?

    BalasHapus
  38. enaknya sih "suami istri" kerja dirumah, jadi dua-duanya kerja online bisnis aja.

    jadi punya banyak waktu, apalagi kalo punya anak

    kita bisa nganter anak kapanpun, memberikan perhatian, mendidik secara optimal. :D

    yang lebih penting lagi bisa punya banyak waktu untuk kegiatan pergi2 seperti second honeymoon :D

    BalasHapus
  39. @Mari Berkomunitas Di Faceblog tunggu warisan bokap ajeee xixiixix *just kidding*

    @soewoeng saat dirimu juga balik kampung hahahhahaha

    @Kawasan Industri Indonesia saya setujuh sekaleeee ituuhhhhh

    BalasHapus
  40. nah memang setiap jenis pekerjaan ada sisi plus dan minus nya gan, yang penting intinya jalani semua dengan ikhlas dan tanpa beban

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>