Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Kamis, 25 Agustus 2016

Video tutorial teknik balik selimutan pada tas agar rapi

Tips jahit saya kali ini tentang tutorial teknik balik pada tas dengan teknik selimutan/covered agar tas rapi luar dalam. Tutorial saya kali ini dalam bentuk video untuk memudahkan teman-teman dalam mempelajarinya. Karena saya tidak bisa mengungkapkan dengan kalimat untuk memperjelas tutorial teknik balik ini.

Teknik balik model selimutan ini sebenernya sudah banyak di pakai oleh teman-teman penjahit tas yang sudah expert dibidangnya, namun saya berusaha membuat videonya ala saya dengan beberapa tips tambahan untuk menyempurnakan.

Contoh beberapa teknik balik selimutan pada tas:

image by me

Jika merasa teknik menjahit ini merupakan ide dari anda yang mempunyai, saya minta ijin berimprovisasi. Karena saya enggak tau siapa penemu awalnya. Saat saya membuat tutorial ini berdasar kebutuhan saya karena ingin bagian dalaman tas saya rapi, banyak yang berkomentar oh seperti tekniknya si ini si itu si anu tapi tidak satupun yang disebut teman-teman 'menjawil' saya untuk mengakuinya.

Padahal saya pun belum pernah melihat tutorial ini sebelumnya. Mohon maaf jika pada akhirnya tutorial ini sudah pernah ada yang mengembangkannya. Mungkin anda cuma kurang banyak publikasi untuk membagikan ilmunya saja. Jika ada yang tersinggung silahkan kontak saya ya. Beneran deh saya gak tau siapa awal penemunya. Saya buat secara experimental di ruang jahit saya sangat lama. Dan pengembangannya banyak sekali untuk teknik selimutan ini. Video ini hanya salah satunya yang saya bagi.

Silahkan disimak ya teman-teman video tutorial teknik selimutan pada tas agar rapi versi simple dari saya ini. Kedepannya saya akan publish lagi video teknik selimutan dengan lebih bagus (semoga).

 

Pengaplikasian tutorial teknik balik selimutan:
- Teknik balik selimutan ini bisa di pakai pada tas yang memakai jahitan Gusset ( bagian risleting atas, bagian sisi, bagian alas dijahit keliling menjadi satu)
- Teknik balik selimutan ini bisa dipakai pada tas yang bagian alasnya berupa potongan
- Teknik balik selimutan ini bisa dipakai pada tas yang bagian sisinya berupa potongan
- Teknik balik selimutan ini pada dasarnya bisa diaplikasikan pada semua model tas asal ada potongan minimal 3 pola potongan.

Penjelasan Video:
- Jahit terlebih dahulu gusset, kemudian lanjutkan menjahit outer (bagian luar) tas kemudian ambil bagian inner (bagian dalaman) tas untuk 'menyelimuti'.
- Semat dengan jarum pentul terlebih dahulu bagian innernya sebelum dijahit.
- Setelah di semat pentul, INI POINT pentingnya, jahitlah bagian yang diselimuti ini dengan menindas jahitan pertama saat menjahit outer tas tadi. Bisa aja sih dijahit dari bagian inner tapi kadang jadinya rawan tidak simetris.

Demikianlah video tutorial teknik balik selimutan pada tas agar rapi ala saya. Jika masih bingung dan ada pertanyaan silahkan diulang-ulang melihat videonya. Karena dibutuhkan sedikit penalaran untuk memahami tutorialnya hehhe. Jika masih bingung juga silahkan kontak saya. InsyaAlloh akan saya publish video yang lebih jelas lagi dilain kesempatan. Selamat belajar teman-teman!!

0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>