Cara memasang lampu pada mesin jahit (gabung dengan dinamo)

Lampu untuk mesin jahit merupakan hal penting dalam jahit menjahit. Karena tidak semua mesin jahit sudah dilengkapi penerangan jarak dekat. Kalau mesin jahit portable biasanya sudah ada fitur lampu yang langsung menyorot ke arah jarum dengan teduh tanpa silau di mata.

Selain itu ada beberapa mesin jahit industri yang juga kadang udah include lampu (tapi tidak semua). Biasanya mesin jahit konvensional itu tidak terinstal lampu dan juga mesin highspeed typical yang saya punya juga tidak ada lampunya. Selama ini sih saya pakai lampu belajar yang saya rapiain di leher kepala mesin jahit. Tapi kurang fleksibel karena besinya lurus dan kadang terlalu panas ke badan juga ke mata.

Akhirnya nekat juga deh beli lampu mesin jahit tempel (ada magnetnya) dengan lampu led yang lebih teduh dimata dan pastinya hemat daya (sekitar 0,5 watt untuk 20 lampu led). Saya beli via tokopedia, cari aja banyak kok yang jual lampu mesin jahit disana. Lampu yang saya beli merk Puruis 20 led dengan harga Rp.80.000,- yang penampakannya seperti dibawah ini.


Sempet mikir ini kenapa ada ring besi di ujung kabelnya yak?lalu mau dicolokin kemana yak?. Googling cara memasang lampu pada mesin jahit di internet pun tidak nemu tutorialnya, pun sama di youtube juga gak nemu. Akhirnya sama suami meraba-raba sendiri deh. ini pasti dipasang di ON -OFF (saklar) nya mesin jahit deh. Akhirnya melototin dah bagian saklar...buka pelototin coba pasang, langsung nyala.

Ealaaaah ........tibake gitu doang...makanya kok gak ada yang pada bikin tutorial cara memasang lampu pada mesin jahit yak?apalagi yang langsung digabung sama daya dari dinamo mesin jahit. Tapi untuk pemula kayak saya mungkin pernah ngalamin serupa kayak saya tadi heheheeh. Boook...perempuan gitu loh..gak ahli utak atik perlistrikan ....dimaklumin saja...wajar ajaa heheheh #pembelaan.

Buat teman-teman yang pernah ngalamin kebingungan kayak saya perihal memasang lampu pada mesin jahit bisa intip nih step by stepnya lewat gambar dibawah ini. Selamat menyimak!!











Catatan:
Apabila kabel daya mesin jahit sudah menancap pada steker, tanpa menekan tombol ON pada mesin jahit, lampu ini sudah bisa nyala jika saklar lampu ditekan. Selamat mencoba!

4 komentar:

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>