Resep membuat lontong bungkus plastik

Lontong adalah bubur nasi yang dipadatkan, biasanya dibungkus daun pisang. Bahan dasar lontong adalah beras yang dicuci bersih. Sebenarnya di Surabaya tidak susah sih untuk mencari daun pisang sebagai pembungkus lontong, tapi ya itu musti pagi-pagi sekali beli dipasarnya. Kalo siang dikit dah kalah sama bakul-bakul...ludesss. Jadi saya cari sederhananya saja, bungkus pakai kantong plastik.

Pembuatan lontong ini susah-susah gampang lho. Pointnya hanya di penambahan air sesering mungkin. Duh saya udah motret step-step pembuatan lontong saya tapi entah ke pencet atau saya lupa ngefolderin, jadinya cuma sisa satu foto doang. Padahal saya dah niatin moto per step karena mau juga dibikin postingan resep di blog ini. Semoga penjelasan saya cukup dimengerti yak meski hanya dengan satu foto hasil akhirnya saja.

Resep membuat lontong bungkus plastik ala saya:
- Cuci beras dengan bersih , kalau perlu rendam kurleb 2 jam setelah dicuci.
- Siapkan kantong plastik yang ukuran kecil (1/4 kg), karena menurut pengalaman saya kantong yang besar justru menyusahkan kita sendiri karena rawan pecah karena terlalu besar ukurannya.
- Pilih plastik merk biasa saja, jangan pilih yang tebal yang ada tulisannya"tahan santan". Entah kenapa kemarin saya pakai merk itu pecah beberapa kali. Saya ganti plastik yang sama masih pecah lagi. jadi kesimpulan saya, sepertinya plastik jenis itu tidak cocok kalau ada pemanasan diatas api.
- Lanjutkan dengan isi 1/3 atau 1/4 bagian kantong plastik dengan beras yang sudah direndam tadi, dan tali ujung plastiknya dengan karet atau sekedar di simpul mati saja.
- Siapkan Panci besar dan cukup leluasa dengan panjang lontongnya, isi dengan air.
- Tidak usah menunggu panas, langsung masukkan kantong-kantong plastik yang sudah diisi beras tadi,sambil ditusuk-tusuk sedikit  plastiknya agar air bisa masuk.
- Rebus selama kurleb 3-4 jam, sambil sesekali tambahkan air hingga diatas plastik-plastik lontong tadi.
- Untuk memasak selama 4 jam, kemarin saya bisa menuangkan air hampir 5-6 kali, sekitar 4-5 Liter.
- Biasanya pemasakan pertama lontong akan berubah jadi nasi dan kopong plastiknya, itu tandanya perlu ditambahkan air. Nah nanti setelah ditambahkan air, yang berbentuk nasi tadi akan lembut menjadi bubur, dan proses pendinginan lah yang akan memadatkan si lontong.
- Intinya selama masak lontong per 30 menit harus dikontrol, dan dibuka tutup pancinya dan cek airnya.
- Setelah lontong matang, tiriskan di tampah dan angin-anginkan. Sebaiknya pemakaiannya baru dilakukan besoknya agar lontong memadat dan gampang diiris.
- Selamat mencoba

image by me

Fyi, waktu itu saya bikin lontongnya hari ini siang gitu, lalu saya baru pakai esok harinya dan hasilnya padat dan suwer deh tidak basi kok. Selamat mencoba ya!

0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>