Resep seblak enak

Seblak merupakan jajanan berbahan dasar kerupuk aci basah khas sunda. Dua bulan terakhir ini saya suka banget nyemil seblak. Awalnya sih dapat info dari tayangan tv trus di kok jadi penasaran sama seblak. Akhirnya mencoba beli seblak secara online di seblak mommy, pesan 8 cups seblak cuma cukup untuk 4 hari. Ongkirnya mahal pulak kan yah kalo online dengan makanan ringan begitu.

Akhirnya baca ingredient yang terdapat pada kemasan seblak sambil dapat info dari teman perihal bumbu seblak ini. Dan mulailah saya bikin sendiri ini seblak dengan bermacam variasi dan kombinasi bahan. Dan saya pun sekarang tiap ke pasar selalu beli kerupuk mentah sebagai bahan dasar seblak. Dibanding beli seblak secara instan lebih hemat bikin sendiri dan bisa mengontrol tingkat kepedasan sendiri.

Saking seringnya bikin seblak yang hampir tiap hari dan saya sering publish di socmed, jadinya banyak yang kepo pingin tau lebih tentang seblak. Jujur saja rasa seblak ini sangat enggak biasa, karena rasa kencurnya lebih dominan. Dan mindset yang tertanam, kencur = jamu, jadi kadang banyak yang tidak suka sensasi rasa kencurnya saat pertama kali merasakan.

Seblakpun saya pikir tastenya agak anti mainstream dan hanyak lidah-lidah nggeragas anti mainstream kayak saya gini mungkin yang bisa sampe ketagihan. Soale saya kadang sehari bisa bikin 2 kali seblak dan selalu saya publish di socmed dengan berbagai macam komentar. Mulai komentar rasanya aneh, rasa jamu, hingga komen meminta resep membuat seblak enak.

Jika teman-teman ingin tau rasa seblak ada kok instannya di kemasan cup gitu, tinggal kasih air mendidih masukin bumbu langsung makan, kayak makan p*p mie. Nah kalo mau seblak buatan sendiri dan dengan porsi suka-suka sendiri lebih baik bikin dengan resep saya ini. Aslinya sih seblak tuh hanya kerupuk basah yang dibumbuin, tapi ini bahannya sudah saya modifikasi dengan banyak tambahan sesuai selera saya. Silakan disimak resep seblak enak berikut ini, semoga bermanfaat.

image by me
Keterangan gambar dan resep seblak enak:
1. Bahan seblak enak : kerupuk mentah, kekian udang, sosis sapi.
2. Bumbu seblak enak : bawang merah, bawang putih, cabe kecil, kencur dam garam.
3. Uleg semua bumbu seblak.
4. Didihkan air dalam panci.
5. Rebus semua bahan seblak di nomor 1.
6. Tumis (gongso) bumbu yang sudah dihaluskan di nomor 3.
7. Setelah bumbu agak kering (tapi tidak gosong), masukkan sedikit air sampai bumbu mendidih.
8. Masukan bahan yang sudah direbus di nomor 5 tadi dan aduk hingga rata.
9. Setelah sudah merata, angkat lalu sajikan. Seblak siap langsung dimakan ^_^.

Selamat mencoba resep seblak enak ala saya yah teman-teman, lumayan buat nemenin nonton drama korea lho heheheh.

2 komentar:

  1. hmmmm..... bisa bikin di rumah dan bisa didesain sedemikian rupa resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mencoba dan berkreasi yah....tambahin topping keju atau daging kayaknya bisa hehehehhe.

      Hapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>