Resep sate enak manis dan lezat

Sate ayam, sapi dan kambing sebenarnya saya tidak begitu suka karena ya itu judulnya cemilan bukan makanan, tidak mengenyangkan jadi jarang banget jajan ixixixi. Saya lebih suka penyetan-penyetan ikan gitu deh....lebih ngabisin nasi banget. Tapi beberapa waktu yang lalu jadi suka banget sama sate lho saya. Itu berawal ketika idul adha,di rumah mertua dapat pembagian daging dan karena terlalu banyak, jadi dibagi kerumah kami juga.

Saking banyaknya, itu daging bingung mau dimasak apa lagi. Sampai akhirnya dibikin sate saja tiap hari. Nah karena tiap hari ini jadinya seperti bereksperiment bikin resep. Oh kalo begini gak enak ,kalo dibeginiin kok enak yah. Akhirnya saya pede deh bikin resep sate daging disini hasil trial error dengan suami. Saya yang potong dan masukin ke tusuk sate dan suami yang membakarnya, jadi ini project kolaborasi gitu deh :).

image by me

Resep membuat sate enak manis dan lezat:
1. Daging jangan sampai terkena air (jangan dicuci), karena kalau terkena air daging untuk sate bisa jadi agak bau dan amis
2. Kalau membuat sate harus ada gajih, karena gajih diperlukan untuk melumeri daging saat di bakar, jadi semacam jadi pelumas yang bisa membantu mematangkan daging gitu deh. Kalau tidak pakai gajih, sate jadi keset dan kadang tidak terlalu empuk.
3. Potong daging searah serat, karena kalo serat melintang akan mengunci daging jadinya saat dibakar antar serat jadi mengikat dan hasilnya ngaret/keras saat dimakan. Jadi saat memotong sebaiknya searah serat (jangan melawan serat) dan memanjang tipis-tipis saja.
4. Susun daging dalam tusuk sate dengan urutan daging-gajih-daging, atau kalo ditambah hati ya silakan, asal gajih berada ditengah agar saat dibakar bisa lumer ke daging bagian bawah dan atas.
5. Setelah daging selesai disusun, tambahkan kecap asin sedikit aja, kalo kebanyakan asli gak wheeenaaaakkk...kira-kira sesendok, nah ini saya pake kecap Raja Rasa. Trus juga tambahkan kecap manis seperlunya, kalo saya sih suka banyak, kira-kira 4 sdm atau sesuai selera, untuk kecap manis saya setia dengan kecap Bango karena kental dan manis.
6. Setelah selesai dilumerin kecap, siap dibakar, bakar setengah matang lalu olesin kecap yang nyisa di piring sebelumnya lalu panggang kembali hingga matang
7. Matang bisa langsung dimakan tanpa ditambah seasoning lagi sudah enak, kalo mau ya di tambah irisan cabe dan bawang juga kecap. Tapi begini saja menurut saya sudah enak dan manis dagingnya dan gak keras meski udah dalam keadaan dingin memakannya.

Tips membuat sate enak manis dan lezat:
- Pakai arang batok ya biar cepet jadi baranya dan asepnya bagus, ditempat saya satu kresek sekitar 1kg harganya Rp. 5000,-
- Cemplungin seiris gajih kedalam bara arang untuk membuat asap dan aroma harum daging
- Kalo nusukin daging ujungnya sisakan ya, jangan tertutup daging biar saat memanggangnya dagingnya gak jatuh kedalam pemanggang

Selamat mencoba :)

0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>