Belajar berkata : Tolong, Maaf, & Terima kasih

Dalam kehidupan sehari-hari, saya sangat dekat dengan 3 kata ini: Tolong, Maaf, & Terima kasih. Mungkin masih banyak kata perkataan halus lain yang belum saya pelajari lagi( mohon masukannya ya :) ). Tapi 3 kata ini saya sangat suka dan saya berusaha menginfluence orang lain untuk ikut menggunakan 3 kata ini dalam kehidupannya. Tidak ada ruginya koq sedikit 'menurunkan' ego diri (bukan harga diri lho) untuk belajar beretika santun. Selain orang jadi segan dengan kita, diri kita juga dianggap sopan dengan sesama,itu hal baik bukan ??.

Sebenarnya saya secara tidak langsung belajar hal baik tersebut diatas (menurut saya loh ya..) saat saya bekerja di sebuat divisi marketing beberapa tahun lalu. Bekerja dan berbuat apapun baiknya memang dituntut punya kesabaran. Namun saya baru menyadari hal tersebut saat bekerja sebagai marketing sebuah creditcard di bank swasta yang logonya serba biru ituh lho. Disitu saya harus belajar berkata Maaf...meskipun tidak sedang lebaran ato kita sedang punya masalah dengan seseorang, Tolong...yang meskipun kita tidak benenar-benar sedang ingin pertolongan, dan Terima kasih.... walaupun kita tidak sedang menerima apapun.

Tiga kata/hal tersebut lebih terasa lagi saat saya dan suami membuka usaha warnet dirumah. Pernah nih ada kejadian di warnet, salah seorang pengunjung kami mengajak anaknya trus tiba-tiba anaknya tersebut muntah tidak tahu kenapa sebabnya, hingga mengotori lantai warnet kami. Spontan bapak tersebut langsung minta maaf dan langsung mengepel lantai kami yang terkena muntahan tersebut. Saya merasa 'luluh lantak' dan gak sempat lagi untuk berniatan marah atas kejadian tersebut. Emosi saya teredam sebelum hal tersebut keluar.

Contoh kedua, saat ada seorang ibu guru yang menjumpai teman entah suaminya di warnet. begitu masuk si ibu mendadak saja menduduki rak sepatu kami yang hanya terbuat dari plastik, ya otomatis langsung reot dan patah rak tersebut. Dan si ibu langsung ngacir tanpa bilang ba bi bu bahkan kata maaf tidak keluar dari bibirnya. Otomatis memancing emosi saya, selain saya di rugikan material saya juga membuang energi saya untuk marah-marah dan emosi.

Jadi dari situ saya tahu kekuatan tiga kata : Tolong, Maaf & Terima kasih. Sungguh efeknya besar untuk kondisi 'kejiwaan' & emosi kita.So, tidak telat koq untuk memulai mengkoleksi & belajar kalimat² bijak dan santun seperti tiga kata diatas.

29 komentar:

  1. bener skali tiga kata ajaib itu hrs dikoleksi n sering2 digunakan .

    BalasHapus
  2. @Veny Bisa juga dijadikan penanda 'identitas' diri agar orang sopan juga sama kita :)

    BalasHapus
  3. kata kata itu terlihat sepele namun itu juga sangat penting supaya kita bisa dihargai orang :)

    BalasHapus
  4. @Lenny Iya sis, harus lebih ditekankan dalam hati, perbuatan & kebiasaan, supaya kita juga tetap bs dihargai 7 menghargai org lain :)

    BalasHapus
  5. Bener tuh tolong, maaf dan terima kasih. kalau orang baik, pasti sering mengucapkannya, tetapi sekitar tahun yang dulu tetangga saya ada yang kerampokan lho, trus di lemari kamarnya tempat barang berharganya di ambil ada tulisan pakai "cat" yang isinya , "makasih ya Ko, maaf saya sudah mengambil barang ko2. ....

    tuh pasti orang sopan kepepet yang maling ya. hehehe

    salam kenal buat Jeng Anna

    BalasHapus
  6. @Oktady - My Visual Note huwahahahha...pencuri sopan apa ngece yah...tapi ada sisi baik dr sisi terjeleknya dia ya...ya ya maling yg sangat sopan... ^__^

    BalasHapus
  7. Setuju jenk Anna, 3 kata yang sederhana namun punya efek luar biasa dan harus dibiasakan mulai dari skrg

    BalasHapus
  8. @Nina Herman so pasti jeng, anak² kita juga wajib tau sejak mereka kecil agar terbiasa santun dengan sesama...betul begitu bukan :)

    BalasHapus
  9. sya sering menggunakan maaf dan terima ksih :D

    BalasHapus
  10. wah bener2 kata yang ajaib, meskipun dihatinya nggak ikhlas ngomong 3 kata itu, pun sudah memberikan dampak positif, apalagi kalo pake kata2 itu ikhlas... wooowww... heehehe
    oya lam kenal yaaa jeng... :-)

    BalasHapus
  11. @cerita dewasa: Awali dengan kebiasaan sesudah itu baru belajar keikhlasan hati :), Salam kenal jugaaa

    BalasHapus
  12. salam sahabat
    salam kenal jeng hehehe blognya bagus dan artikelnya memberikan pencerahan tersndiri bagi saya terima kaasih yach sekalian saya follow

    BalasHapus
  13. @Dhana/戴安娜: terima kasih sudah mengunjungi balik blog saya, semoga tulisannya menginspirasi ya :)

    BalasHapus
  14. iihhh bener banget... 3 katai itu penting sekali loh....
    saya aja paling sebel kalau si yayang ga pake kata tolong kalo nyuruh sesuatu...

    BalasHapus
  15. @bebek: Saya juga sebel sama orang yang mau minta tolong tapi gak pake kata 'tolong', serasa nyuruh pembokatnya xixiix

    BalasHapus
  16. Kata yang sederhana tapi dahsyat efeknya (tapi sering terlupakan)

    BalasHapus
  17. @Irawan: Hayukkk mulai belajar mengingatnya dalam kebiasaan sehari² yah bro ;)

    BalasHapus
  18. iya bener banget. itu 3 kata yang emang rada sulit diucapkan. makasih telah berbagi:)

    BalasHapus
  19. yup, wlopun trlihat sederhana
    3 kata itu memiliki makna yg sangat mendalam

    BalasHapus
  20. 3 kata sederhana mengandung makna yang dalam :)

    BalasHapus
  21. Tiga kata bijak yang harus sering kita gunakan sehari-hari.

    BalasHapus
  22. @Nova Miladyarti: Masa sih sulit diucapkan???...

    @aciid !!!!!!: maknanya dalam dan berarti ketulusan pula..thanks for coming sob :)

    @Organikaceh: harus mulai dibiasakan yah sob ;)

    BalasHapus
  23. tiga kata itulah yang selama ini telah hilang dalam kepribadian dan karakter bangsa kita. meski hanya sebuah ungkapan verbal, tiga kata ini memiliki efek sosial yang luar biasa dalam membangun pergaulan sosial yang harmonis.

    BalasHapus
  24. bener deh jeng,, 3 kata itu sangat mujarab.. klo ingin sesuatu emang kita perlu memberi kata tolong deh yak!

    BalasHapus
  25. @sawali tuhusetya: saya suka 3 kata sederhana ini pak, menyejukkan hati :)

    @niee:betul..betul...terdengar lebih sopan dan beretika kan mbak ;)

    BalasHapus
  26. Bener2 kata yang ajaib. ohya mba, yang lebih baik yang mana nih: yang meminta maaf atau yang memberi maaf?

    Ohya, tahu gak kalian bisa mendapatkan pacar di internet lho... liat di sini untuk info lebih detail http://arkan-indo.blogspot.com/2011/04/jomblo-dapatkan-calon-pacarmu-di-sini.html ^^

    BalasHapus
  27. @Arkan Azis Kusuma: menurut saya memberi maaf sebelum seseorg meminta maaf sama kita jauh lebih mulia :)

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>