Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Kamis, 09 Agustus 2012

Resep Kue & Perhitungan biaya : Lidah kucing keju rainbow renyah

Resep kue kering lidah kucing ini sebenarnya sudah pernah saya buat 4-5 tahun yang lalu. Tapi saya kurang puas dengan hasilnya, sampai akhirnya saya menemukan resep kue lidah kucing keju di internet dengan sedikit modifikasi yang hasilnya sangat renyah dan enak, akhirnya berani saya share di blog ini resepnya.

image by me
Tahun ini kan lagi ngetrend warna warni rainbow, suami saya pun kena demam rainbow. Awalnya dia meminta saya membuat rainbow cake, tapi saya gak pandai membuat cake jadi saya batalkan. Saya memilih membuat kue kering lidah kucing keju rainbow dengan sedikit modifikasi.

Buat teman-teman yang belum puas dengan lidah kucing keju rainbow sebelumnya bisa mencoba resep ini, dan sudah saya coba di dapur saya dengan hasil yang sangat ruarrrr biasa renyahnya. Oh ya saya juga sertakan perhitungan biayanya,biar kita bisa bandingkan antara buat kue lidah kucing keju rainbow sendiri atau lebih simple beli jadi saja ^_^.

Bahan Lidah kucing keju rainbow:

- 125 gr Mentega/Blueband (Rp. 2500)
- 125 gr Roombutter (Rp. 3000)
- 75 cc Putih telur (dari 2 butir telur Rp. 3000)
- 140 gr Gula halus ( Rp. 2000)
- 150 gr Keju cheddar kraft (Rp. 12.000)
- 225 gr Terigu Kunci biru(Rp. 1600)
- 60 gr Maizena (Rp. 800)
- ½ sdt Emplex (Rp. 600) << Bahan perenyah kue bentuknya tepung (seperti gula halus)
- Pewarna makanan 3-5 tetes(hijau,pink,oranye,biru,ungu, merah) @Rp.1800 = Rp. 12.600
- Plastik segitiga untuk adonan (Rp.2000)>> jumlah sesuai warna bisa 5-6 buah

Cara Membuat Lidah kucing keju rainbow:
- Kocok mentega, roombutter dan gula halus hingga mengembang benar, kira-kira 10 menit
- Masukkan emplex, kocok lagi
- Masukkan putih telur, teruskan mengocok hingga rata
- Masukkan keju parut, aduk agak lama hingga hancur dan rata
- Masukkan tepung terigu, kocok perlahan selama 1 menit hingga rata
- Setelah selesai memixer semua bahan, bagi menjadi 6 bagian
- Lalu beri warna masing-masing bagian 5-6 tetes / sesuai selera
- Kemudian masukkan ke plastik segitiga masing-masing bagian adonan yang sudah diberi warna

image by me

- Siapkan loyang khusus lidah kucing yang ada cekungannya, tidak perlu dioles mentega
- Semprotkan selang seling masing masing adonan warna tersebut (sesuai selera)
- Lalu panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dulu
- Oven selama 15 - 20 menit dengan api sedang
- Setelah tercium harum, cek dan pastikan matang lalu angkat
- Angin-anginkan sebentar lalu tiriskan lalu masukan toples

Saya membuat dengan resep ini bisa jadi 8 loyang kecil (kira-kira 1 loyang = 18 buah cetakan) lidah kucing keju rainbow. Silakan mencoba yaa

Note:
Untuk wilayah Surabaya, bisa mencari bahan-bahan kue secara lengkap dan sesuai kebutuhan di Toko Delapan Jl.pucang anom timur no. 8 Surabaya ya, disitu murah dan bisa beli uk.minimal juga.

12 komentar:

  1. kayaknya gak menarik mbak, kalau kue lidah kucing dibuat seperti itu, kesannya kjelek,

    BalasHapus
  2. Baru tau ada kue lidah meong... :D
    Yg sering dengar adalah lidah buaya dan lidah mertua

    BalasHapus
  3. aku lebih suka yang warnanya alami mba, tapi kalo mau kirim tester lidah kucing rainbownya akan kuterima dengan senang hati hihihi

    BalasHapus
  4. Hmmm, kemarin adikku juga beli lidah kucing rainbow, tapi aku gak boleh nyicipi dong gara2 mau dibawa ke Jogja @.@
    Warnanya cuma tiga tapi trus lebih soft warnanya...
    Jadi penasaran mbak rasanya piye hehe :D

    BalasHapus
  5. @Rahmi Aziza hahahhaha lebih cepet kalo buat sendiri mbak xixixi #ngeles

    @Tebak Ini Siapa warna sih tergantung kreasi sdr mbak...rasanya kemremes kalo di resepku ini karena ada emplex nya

    BalasHapus
  6. kemarin baru pesen lidah kucing rainbow. Enak,renyah, anak2 suka karena warnanya menarik. Jadi pengen buat sendiri... resepnya akan saya coba besok, thanks.

    BalasHapus
  7. memangnya bisa lepas dr loyangnya kalo loyangnya tidak di oles margarine? lalu apa maksudnya setelah diangin anginkan di tiriskan?

    BalasHapus
  8. @Reca Ence warna bisa kreasi sendiri kok, coba deh sist :)

    @pengobatan alami diabetes melitus sama-sama, semoga bermanfaat

    @Anonymoussilakan, semoga sukses yaaaa

    @Anonymous bisa lepas kok, karena ini kan kue kering dan banyak kandungan mentega didalamnya jadi tidak membuat lengket.

    diangin2kan dan ditiriskan maksudnya, setelah kue kering, keluarkan loyan dari oven tapi jangan langsung diambil kuenya, tapi diangin2kan sebentar. lalu setelah itu baru dikeluarin dari loyang tapi jangan dimasukkan langsung ke toples karena kadang masih panas dan bikin kue pecah karena belum mengeras. semoga mengerti penjelasan saya ya

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>